Untuk Apa Membuat Sebuah BLOG ?

oleh
alasan membuat blog
sumber : www.pixabay.com

Untuk apa membuat sebuah blog? Kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai tujuan membuat blog berdasarkan apa yang saya alami. Intinya adalah sharing tentang apa yang sudah saya lakukan, barangkali bermanfaat untuk anda.

Ketika pertama kali mengenal dunia internet, saya pun belum langsung terjun ke dunia blogging. Lambat laun saya mengenal blog dan mencoba untuk membuat sebuah blog.  Kenapa saya membuat blog, sebab tujuan saya adalah memberikan ruang untuk menuangkan ide serta informasi serta sebagai catatan pribadi atas sesuatu yang berguna pada diri saya.

Saya berpikir blog merupakan sebuah sarana internet sebagai bentuk catatan pribadi, dan ini bisa kita jadikan sebuah buku online yang suatu saat kita pun bisa membukanya.

Banyak hal sebenarnya menyangkut tujuan membuat sebuah blog. Lain alasan saya, lain pula alasan anda. Cara membuat sebuah blog pun tidak terlalu sulit, sudah banyak artikel yang membahasnya. Silahkan baca dan ambil manfaat dari artikel tersebut.

Sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan anda untuk nge-blog. Alasan lain membuat sebuah blog bisa jadi sebagai wahana mencari uang atau penghasilan melalui internet. Ini juga salah satu tujuan saya pada awalnya, selain pengingat atau catatan pribadi juga sebagai tempat menyampaikan produk jualan yang saya kelola.

Untuk blog gratisan mudah di buat, dan google pun menyediakan untuk kita.

Dari segi manfaat marketing produk jualan kita, ketika kita bertemu kolega atau kawan kita bisa menyampaikan bahwa produk yang kita jual ada di sebuah media online yaitu blog.

Memang lebih keren lagi jika domain blog yang anda buat bukan gratisan, ini membutuhkan dana sebagai modal membuatnya. Kenapa saya bilang bahwa mencari uang di internet pun butuh modal, salah satunya adalah untuk membuat blog yang tidak gratis dengan domain seperti dot com, dot net, dan sebagainya.

Membuat sebuah blog bisa jadi untuk menunjukkan profesionalitas dalam usaha. Blog bisa saja menghasilkan banyak uang. Sebut saja Linda Ikeji, seorang wanita dari afrika yang kaya karena blognya. Blognya biasa saja, akan tetapi dia memberikan informasi yang cukup dicari dan bermanfaat bagi pembaca.

Nah, ini salah satu kepekaan dalam diri anda bagaimana melihat peluang di dunia internet. Lihatlah lingkungan sekitar anda, dan apa yang mereka butuhkan. Ceritakan dalam sebuah blog atau buatlah sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan mereka. Walau pun produk tersebut sekedar produk informasi, namun sangat penting bagi mereka. Sebab mereka butuh hal itu.

Alasan lain untuk apa membuat sebuah blog adalah sebagai tempat curhat.

Artinya apa yang anda alami anda tuangkan di blog. Anda mungkin malu jika curhat melalui media sosial lainnya, atau mungkin apa yang anda sampaikan bersifat informasi yang penting dalam diri anda.

Namun ingin menjadikan blog sebagai tempat pengingat apa yang anda tulis dari sebuah ide pikiran anda saat ini. Ketika anda mebuat sebuah blog, anda mungkin punya keinginan agar tulisan tersebut juga terindeks oleh mesin pencari. Hal ini penting bahwa blog yang sudah kita buat bisa terindeks di mesin pencari. Apalagi ketika tujuan kita nge-blog adalah mendapatkan penghasilan dari blog itu.

Maka hal yang wajib bagi anda untuk membuat blog anda jadi terkenal. Antara lain membangun jaringan dengan luas melalui sebuah komunitas blog, saling berbagi informasi, baik melalui media sosial atau lainnya. Jika tujuan utama dalam membuat sebuah blog adalah uang.

Anda perlu tahu dan banyak belajar tentang ilmu mencari uang melalui blog. Google pun sudah memberikan kesempatan untuk kita berpartisipasi mendapatkan penghasilan melalui blog. Yaitu salah satunya adalah google adsense. Penayang adesense akan diberikan pendapatan ketika mereka berhasil mendaftarkan blog ke adsense, dan ketika pengunjung meng klik iklan adsense kita pun akan memperoleh penghasilan dari blog tersebut.

Nah, itu beberapa alasan yang bisa saya sampaikan mengenai pertanyaan untuk apa membuat sebuah blog. Anda pun punya alasan sendiri dan bisa saja berbeda dengan apa yang saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *