Trend Mainan Baru Ini Disebut Dengan Fidget Spinner

oleh
infomawan fidget spinner

Fidget Spinner adalah mainan baru terkini yang sedang trend. Keberadaannya sebenarnya sudah cukup lama, namun di Indonesia rupanya baru – baru ini menjadi viral sehingga banyak yang memainkan fidget spinner tersebut. Inilah Trend Mainan Baru yang Disebut Dengan Fidget Spinner.

Mainan ini pun cukup banyak ragamnya dan keren – keren. Awalnya, kami hanya ingin sekedar beli cascade handphone di sebuah toko asesoris HP. Ketika melihatnya, kami pun tertarik untuk membelinya.

Seperti apa mainan ini ? Penampakannya seperti yang kami beli di bawah ini :

Nah, keren kan ?

Cara memainkannya pun cukup mudah. Terserah kita, kita pegang dengan dua jari kemudian kita putar. Atau kita letakkan di meja lalu kita putar – putar. Gitu aja caranya.

Misalnya kita putar dengan dua jari kita seperti ini :

infomawan fidget spinner

Atau kita letakkan di meja dan kemudian kita putar sampai fidget spinner berhenti, lalu kita putar – putar lagi..haha…

cara memainkan fidget spinner

Simple ya ? Ya begitulah memainkan fidget spinner itu sangat mudah. Apa sih keunikannya ? Jadi begini, mainan ini sebenarnya sudah cukup populer di Amerika.

Mainan ini pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Dengan mainan ini, dia berharap bisa mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit kuku atau menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan.

Rachel Andrew ( Direktur Time Psycology) menyatakan bahwa mainan ini dipercaya mampu menjadi sebuah alat untuk membantu orang yang menderita gangguan psikologis.

Gangguan tersebut misalnya seperti kecemasan, susah fokus serta gangguan yang disebut dengan  Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Jika melihat modelnya, sebenarnya masa SMA dulu pun kami sudah sering memainkan hal ini. Ingat tidak ketika kita disekolah sambil belajar kemudian memutar – mutar buku ? Terkadang kita juga memutar pulpen kita ?

fidget spinner book

memutar buku
sumber : kaskus

So, dulu sering memainkan buku saat pelajaran di kelas atau pulpen. Entah kurang kerjaan atau memang karena asik. Bisa jadi pula mengisi waktu luang saja sambil pamer kepada teman – teman kita.

Fidget Spinner saat ini beraneka ragam bentuknya. Hal ini disebabkan banyak perusahaan yang kemudian berlomba mengembangkan mainan ini setelah hak paten yang dipunyai oleh Catherine A Hettinger telah kadaluarsa.

Arti dari mainan ini sendiri terdiri dari dua kata yaitu fidget yang bisa diterjemahkan sebagai gelisah atau cemas. Serta spinner yang berarti pemutar.

Harapannya, fidget spinner bisa sebagai mainan untuk mengurangi kebosanan atau kegelisahan.

Harga fidget spinner sendiri juga bermacam – macam, ada yang 50 ribu, 150 ribu bahkan sampe 9 jutaan lho. Wow!

Fidget spinner yang bagus tentunya adalah fidget spinner yang bisa berputar dalam jangka waktu yang cukup lama, misalkan sekitar 5 menit. Sedangkan fidget spinner yang kurang berkualitas biasanya kurang lebih 30 detik.

Selain itu, secara umum kualitasnya juga ditentukan oleh jenis bearing yang digunakan, konstruksi, bahan yang digunakan dan juga pemberatnya. Manakala pengaturan pemberat tidak maksimal maka fidget tidak akan bisa berputar dengan baik. Manakala posisi pemberat tidak benar, maka gerakan berputarnya jadi tidak beraturan.

Semoga bermanfaat ! Bagaimana pendapatmu ?

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *