Tips Bisnis Tanpa Modal Pasti Berhasil

oleh
bisnis tanpa modal

Bisnis menjadi idaman bagi sebagian banyak orang. Bahkan Bisnis bisa menjadi tuntutan bagi kehidupan kita manakala kebutuhan hidup semakin meningkat. Upaya menghasilkan uang untuk kesejahteraan diri serta keluarga menjadi hal mutlak dengan bisnis sebagai salah satu jalannya. Bahkan, Nabi Muhammad SAW pun mengajarkan bagaimana berbisnis dengan baik, nabi pun berbisnis, berusaha, berdagang. Dagang istilah kerennya berbisnis, berusaha mendapatkan hasil atau margin dari apa yang kita tawarkan ke orang lain. Bagaimana bisnis tanpa modal dan bisa menjadi berhasil. Kita bahas bersama.

Berbisnis Itu Sulit Di Awal

Jika saat ini kamu mempunyai sebuah usaha, walau usaha itu belum besar maka jangan berhenti begitu saja. Impikan bahwa apa yang kamu lakukan ini adalah sebuah proses yang benar, yang akan memberikan manfaat besar bukan saja untuk dirimu sendiri. Usaha yang kamu jalankan, secara individu tentunya tidak selalu berjalan mulus. Ada kendala yang merintangi perkembangan serta menghambat proses pendapatan yang akan kita peroleh.

Saat akan memulai usaha atau bisnis kadang kita bingung. Langkah awal apa yang mesti kita siapkan untuk memulainya. Dan kata kunci yang selalu terbersit disetiap benak pebisnis pemula adalah tentang modal. Ya, modal! Bagaimana kita akan memulai usaha jika tidak punya modal? Saya mau mendapatkan modal dari mana sedangkan saya saat ini tidak punya sesuatu yang pantas untuk itu. Pernahkah kamu berpikir demikian ? Jika pernah, sama seperti yang saya alami sebelum memulai bisnis.

Jangan takut kawan. Segala sesuatu dimulai dari hal kecil, semua akan berproses. Dari mengawali, mengembangkan hingga semakin besar. Salah satu upaya mendapatkan modal adalah dengan sistem down payment. Sistem ini merupakan strategi jitu untuk mengembangkan usaha anda, dengan modal DP dari orderan yang akan diproses hal ini bisa memberikan jalan keluar yang jitu.

Sebagai contoh seperti ini, kamu mempunyai usaha sablon kaos. Kamu bisa mendesain kaos – kaos yang akan dijual. Dan kamu pun bisa mewujudkan proses produksinya. Langkah awalnya adalah, membuat desain – desain unik yang diminati oleh pasar. Minat pasar adalah sebuah kata kunci, dimana kamu juga harus jeli melihat peluang. Jangan merasa sulit sebelum mencoba, jika kamu sudah merasa bahwa ini adalah hal yang sulit maka kamu tidak pantas jadi pebisnis.

Desain kaos tadi sebelumnya hanya berwujud vintage atau mockup. Ini yang pertama kamu tawarkan ke khalayak. Bagaimana caranya ? gampang sekali, saya yakin hari gini kamu sudah sangat familier dengan namanya media sosial. Tawarkan melalui itu, pakai facebook pribadi, pakai instagram, pakai path, pakai twitter, pakai blog dan sebagainya. Bahkan, banyak grup – grup whatsap yang kamu punya adalah “modal” yang sangat berharga sekali.

Sistem Pre Order

Jual desain terlebih dahulu, dan tawarkan dengan jeli dan jelas. Jangan ragu, keyakinan harus di mantapkan bahwa apa yang kamu tawarkan pasti laku! Ketika ada order dari penawaran tersebut, sistem DP kamu jalankan. Misalkan saja 50%. Nah, gampang sekali kan kamu mendapatkan modal? Inilah bisnis tanpa modal. Bahkan, dari vintage desain tadi kamu sudah bisa memperoleh atau membentuk keagenan.

Tawari agen dengan kepastian manajemen produksi. Maka, apa yang akan kamu lakukan terlebih dahulu sembari menjalankan sistem ini ? Ya, manajemen stok produksi harus dimantapkan. Sistem produksi akan membawa sejauh mana kemampuan kita dalam menyelesaikan orderan. Berapa kuantiti yang bisa kita produksi dengan kekuatan yang kita punyai saat ini. Kamu bisa berhitung dengan sarana dan prasarana yang ada, dan menghasilkan data untuk target – target penjualanmu.

Yang menjadi langkah awal memang dalam mencari modal untuk sarana prasarananya. Apa yang bisa kita lakukan ? Saran saya buang jauh pikiran untuk hutang di Bank. Jual aset yang kamu punya saat ini. Perlahan dengan proses gunakan untuk memaksimalkan sarana prasarana. Bagaimana jika tidak punya aset ? Kamu bisa mengawali usaha dengan menjadi reseller. Menjualkan produk orang lain. Ah, bos mudah saja bilang seperti itu. Gak gampang bos menjalaninya! Ya! Memang. Tapi kamu pasti bisa, wong saya juga demikian awalnya pun saat ini juga bisa. Kembali pada yang saya katakan tadi, jika belum dilakukan jangan bilang sulit. Paham ?!

Hasil dari sistem reseller dikumpulkan, untuk memutar kembali dan begitu seterusnya. Dan kamu juga harus menyiapkan database konsumen atau pelanggan. Buatlah konsumen atau pelanggan selalu datang saat ingin mencari produk yang kamu buat. Maka, kreatifitas mu di uji. Seberapa besar kemampuan dalam membuat sebuah produk yang unik. Produk yang diminati oleh banyak orang. Lakukan dan lakukan saja, trial error itu adalah hal yang biasa. Tanpa gagal, kamu tidak akan pernah tahu keberhasilan. Itu sadja!

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *