Tahukah Anda Sebenarnya Candi Prambanan Itu Ada Dimana ?

oleh

Jalan – jalan kali ini mengunjungi sebuah tempat yang penuh misteri. Kami tergerak untuk melihat keindahan keajaiban dunia yang ada di jalan Solo – Jogja, yaitu Candi Prambanan. Candi ini berdiri megah dan salah satu kekayaan budaya milik bangsa Indonesia. Tentunya anda sudah mendengar tentang sejarah Candi Prambanan, barangkali juga pernah berkunjung ke tempat ini.

Di sini kita dapat melihat begitu megahnya Candi Prambanan. Kisah Loro Joggrang merupakan kisah yang melatarbelakangi terbentuknya candi tersebut. Konon menurut salah satu versi cerita pembuatan candi ini adalah perintah dari Putri Loro Jonggrang yang akan dipersunting oleh Pangeran Bandung Bondowoso anak dari Prabu Damar Moyo yang saat itu berusaha untuk merebut kekuasaan Prabu Boko.

Ketika melihat kecantikan Loro Jonggrang, Pangeran Bandung Bondowoso pun terkesima. Sehingga dia merasa jatuh hati untuk mempersuntingnya. Namun, Loro Jonggrang memberi syarat menurutnya cukup berat untuk dilaksanakan, yaitu membuat Candi dengan jumlah 1000 buah dalam waktu semalam saja. Selain itu Loro Jonggrang juga meminta membuat sebuah sumur yang disebut sumur Jalatunda.

Perkiraan sang putri ternyata meleset, sebab atas kesaktian Bandung Bondowoso ini permintaan membuat candi seribu buah dalam semalam pun hampir selesai. Hal ini karena bandung Bondowoso meminta bantuan kepada Jin, dan para Jin pun menyepakatinya. Mengetahui hal ini, akhirnya sang putri mensiasati agar supaya Bandung Bondowoso gagal memenuhi persyaratan yang telah dibuatnya. Saat waktu masih malam, dia mengumpulkan gadis – gadis penduduk keratonnya untuk membantu menggagalkan usaha pembangunan Candi tersebut.

candi prambanan yang megah

Para gadis itu diminta untuk membakar jerami serta menumbuk lesung, sehingga langit terlihat terang. Dan lesung itu membuat ayam terbangun kemudian berkokok bersautan. Para Jin yang membantu Bandung Bondowoso pun akhirnya meninggalkan pekerjaannya membangun candi karena mengira hari sudah pagi.

Akhirnya candi pun belum terselesaikan sesuai permintaan sang putri. Saat di hitung jumlah candi tersebut baru berjumlah 999 buah. Mengetahui hal ini disebabkan oleh kecurangan Loro Jonggrang maka Bandung Bondowoso pun sangat marah.  Akhirnya mengutuk putri menjadi pelengkap candi yang ke 1000.

Loro Jonggrang pun tiba – tiba berubah menjadi sebuah batu yang akhirnya genaplah 1000 candi yang disyaratkan oleh putri dari Prabu Boko tersebut. Tak hanya itu, Bandung Bondowoso pun juga mengutuk para gadis menjadi perawan tua dan selamanya tidak akan pernah bisa menikah.

CANDI PRAMBANAN ITU DI KLATEN ATAU JOGJA ?

Dari kisah cerita tersebut kita bisa mengambil hikmah, bahwa ketika kita sudah berjanji maka tepati sesuai dengan apa yang sudah kita katakan. Benar atau tidak, percaya atau tidak dengan kisah tersebut semua kembali pada anda. Namun begitulah konon ceritanya.

Nah, sebenarnya lokasi Candi Prambanan ini terletak dimana ?

Mungkin banyak yang mengetahui bahwa Prambanan itu ada di Yogyakarta. Karena dalam situs – situs wisata juga sering disebutkan destinasi wisata di Yogyakarta salah satunya adalah Candi Prambanan. Sampai saat ini pun mungkin kita juga tahu bahwa Prambanan merupakan salah satu potensi wisata di Yogyakarta.

Memang lokasi candi Prambanan cukup unik, sebab terletak di dua wilayah administrasi yang berbeda. Pintu masuk candi ini berada di wilayah administrasi Propinsi Jawa Tengah, yaitu di desa tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten. Sedangkan kompleks candi berada di wilayah administrasi Propinsi Yogyakarta, yaitu di Kecamatan Prambanan, Sleman.

 

prambanan terletak di dua wilayah administrasi antara Yogyakarta dan Jawa Tengah

Dalam berbagai promosi wisata baik dalam negeri maupun luar negeri, Candi Prambanan banyak dikenalkan sebagai aset wisata di Yogyakarta. Dan mungkin saja kita lebih mengenal bahwa Candi Prambanan berada di Yogya daripada di Klaten Jawa Tengah.

 

candi prambanan

Nah, jadi Candi Prambanan itu bukan saja ‘milik’ Yogyakarta, sebab lokasi Prambanan juga masuk dalam wilayah Klaten, Jawa Tengah. Yang belum berkunjung ke Prambanan silahkan datang ke sini. Ketika di sini anda bayangkan bagaimana dulu orang membuat bangunan dari batu semegah itu. Coba gimana caranya ?? Bisa jawab ??

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *