Superman Dan Gatutkaca Dengan Kekuatan Super Hampir Sama

oleh
superman dan gatukaca

Akhir – akhir ini film layar lebar meyuguhkan cerita fiksi tentang keberadaan superhero yang terkenal di dunia. Seperti Power Rangers, Thor, Spiderman, Iron Man, Superman, Wonder Woman, The Avengers, Hulk, Tranformer, The Turtle, X- Men, Wolverine, dan masih banyak lagi film kartun masa kecil yang di angkat di layar lebar.

Bagi yang lahir pada masa dimana kartun tersebut mulai di tayangkan di televisi, hal ini merupakan hal yang menarik dan asik. Sebab, kita akan bernostalgia dengan alam masa lalu. Terlebih jika saat ini kita sudah punya buah hati, pasti akan bercerita bagaimana kisah superhero di film itu berperan.

Di jagad pewayangan sebenarnya kita juga punya banyak kisah superhero. Namun, sampai saat ini belum ada yang membuat kisah itu kemudian di angkat di layar lebar. Hal ini disebabkan, superhero seperti yang disebutkan di atas merupakan kisah superhero yang mendunia.

Cerita superhero tersebut di ambil dari komik – komik yang populer. Dari cerita komik tersebut, kemudian di jadikan suguhan film layar lebar dengan bintang film atau artis manca yang populer juga.

Mungkin bisa juga, suatu saat superhero jagad pewayangan kita nantinya bisa mendunia sebagaimana superhero tersebut. Dan dalam cerita – cerita legenda kita pun, di jagad pewayangan banyak pula tokoh yang punya kekuatan mirip dengan kekuatan superhero tenar itu.

Misalnya saja Superman. Superman adalah superhero yang berasal dari planet Krypton. Ketika planetnya hancur oleh keserakahan kekuasaan jenderal Zord, orang tua superman ini menstranmigrasikan atau mengungsikan ke Bumi.

Bumi sebagai tempat terpilih, dari yang dipelajari oleh orang tua Superman mereka yakin Kal el ini akan aman jika berada disana.

Setelah menjadi dewasa, Superman berbeda dengan manusia di Bumi. Dia punya kekuatan yang dahsyat. Dia mampu terbang tanpa sayap, matanya mengeluarkan sinar yang mampu meluluhlantakkan apa saja yang di sinarinya.

Selain itu, Superman kebal. Seolah, tubuhnya terbuat dari besi baja dan tak mampu terluka oleh apapun. Kelemahannya adalah ketika dia bertemu dengan batu Kryptonite.

Batu yang berasal dari Planetnya itu menjadikan kekuatan Superman hilang. Jika hal itu terjadi, maka Superman akan mempunyai sifat atau kekuatan sebagaimana manusia biasa. Dia akan terluka dan berdarah. Dia tidak mampu terbang lagi.

Superman Dan Gatutkaca

Dunia pewayangan kita ternyata juga punya kisah superhero yang kekuatannya mirip dengan Superman. Dia adalah Gatutkaca. Siapa Gatutkaca itu ?

Gatutkaca merupakan ksatria yang bertempat tinggal di Pringgandani. Dia putra dari Werkudara ( Bima ) dengan ibu bernama Dewi Arimbi.

Nama lain Gatutkaca adalah Bambang Tetuka, Kancanegara, Bimasuta, Krincing Wesi, Arimbiatmaja, Senaputra. Jika nama lain Superman adalah Kal El, Superboy, Clark Kent.

Gatutkaca bisa terbang. Tubuhnya pun kebal terhada senjata. Istilah dalam cerita pewayangan, Gatutkaca punya otot kawat dan balung ( tulang ) besi. Dia pun bisa tidur di atas awan.

Gatutkaca lincah saat berperang. Gatutkaca juga bisa mengeluarkan sinar yang bisa menyilaukan mata dan menghancurkan apa saja.

Dia punya Caping Basunada yang berfungsi sebagai pelindung sehingga dia terhindar dari panas dan hujan.

Saat perang Bharatayuda terjadi, pasukan Kurawa kocar – kacir. Sebab kekuatannya tidak tertandingi kecuali oleh Karna. Karna punya busur panah dimana kerangka busur itu menjadi satu di pusar Gatutkaca.

Saat peperangan, Gatutkaca menjadi Senapati. Atau panglima pasukannya. Ketika Kurawa hampir kalah, Karna di angkat menjadi Senapati pasukan Kurawa.

Panah Karna dilepaskan, dan panah itu pun mencari kerangkanya. Melesat kemana pun kerangak itu pergi.

Gatutkaca pun bersembunyi di balik awan. Namun, atas bantuan sukma Kalabendana ( paman Gatutkaca yag terbunuh atas ketidaksengajaan Gatutkaca ), panah itu di rasuki sukmanya dan memburu Gatutkaca.

Akhirnya, Gatutkaca meninggal karena panah ( Kunta ) itu masuk ke kerangka yang ada di tubuhnya.

Superman Dan Gatutkaca Dua Superhero Yang Cinta Damai

Kemiripan kisah dan tokoh superhero antara Superman dan Gatutkaca bisa menjadi pelajaran kita. Mereka berdua cinta damai, kecuali jika ada musuh yang akan mengganggu negara atau tempat tinggalnya.

Mereka pun berjuang habis – habisan jika tempat tinggalnya atau negaranya terganggu oleh musuh. Pengabdiannya tinggi.

Coba bayangkan saja, seandainya saat itu Superman mendarat di Planet Wayang dan dianggap oleh Gatutkaca sebagai musuh atau alien yang akan menghancurkan tempat tinggalnya. Tentunya mereka akan berperang.

Bayangkan siapa yang akan menang antara Superman dan Gatutkaca ? dengan kekuatan yang hampir sama dan kelemahan yang hampir sama pula. Kelemahan oleh benda mati yang melumpuhkan diri mereka.

Untung saja Superman ini mendarat di Planet Bumi bukan Planet Wayang. Jika itu terjadi, banyak superhero yang akan berperang mempertahankan tempat tinggal mereka, sebab superhero – superhero itu cenderung punya jiwa nasionalis yang sangat tinggi dalam mempertahankan bangsanya dan kekuatan mereka pun hampir sama. Baca : Kesamaan Thor Dan Werkudara Superhero Berjiwa Nasionalis Tinggi

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *