Presiden Joko Widodo Kukuhkan 2.014 Pamong Praja IPDN 2017

oleh
jokowi pengukuhan ipdn 2017

Selasa, 8 Agustus 2017 Presiden Republik Indonesia datang ke Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini pun memberikan semangat bagi para pamong praja IPDN angkatan 24 Tahun 2017. Sebanyak 2.014 alumni IPDN angkatan 24 dikukuhkan Presiden Republik Indonesia di lapangan Parade IPDN. IPDN merupakan salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Sampai saat ini, IPDN telah meluluskan ribuan alumni kader pemerintahan yang bertugas sebagai abdi negara dan masyarakat. Setiap tahunnya, acara pengukuhan ini diadakan untuk melepas para alumni atau lulusan IPDN bertugas secara nyata di masyarakat setelah mereka menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun.

Banyak alumni IPDN yang saat ini menduduki jabatan strategis di pemerintahan. Dari tingkat kelurahan sampai di Kementerian.Bahkan, banyak pula yang dipercaya oleh masyarakat menjadi pimpinan daerah seperti Bupati/Wakil Bupati. Alumni IPDN bukan kader birokrat biasa, mereka mendapatkan pendidikan mengenai pemerintahan serta pelayanan kepada masyarakat selama empat tahun.

Selain itu, pembekalan serta persiapan secara fisik pun memberikan performa yang berbeda dari kebanyakan ASN yang ada di Indonesia.Yang jelas nampak dari alumni IPDN adalah penampilan mereka yang menarik dan kental dengan kedisiplinan. Selain itu, mereka sudah terbiasa menghadapi berbagai tekanan yang membentuk kharakter diri yang handal, cepat menyesuaikan keadaan serta kemampuan mengatasi permasalahan.

Sudah menjadi tradisi bagi IPDN bahwa Presiden yang mengukuhkan para alumni tersebut. Tiga tahun belakangan ini, Presiden Jokowi selalu hadir memberikan pembekalan bagi mereka.

Kehadiran Bapak Presiden membawa arti dan semangat bagi para alumni IPDN. Dalam kesempatan itu pun, Jokowi memberikan nasehat agar alumni sekolah ini bisa bekerja dengan baik dalam pengabdian nyata kepada masyarakat. Jokowi mengingatkan bahwa saat ini, harapan masyarakat terhadap pemerintah yang baik semakin tinggi.

Kharakter masyarakat ke depan juga makin kritis. Oleh sebab itu, kiranya para alumni IPDN bisa bekerja dengan sebaik – baiknya, tidak alergi terhadap kritikan dari masyarakat atas pelayanan terhadap mereka.

Presiden yakin, bahwa kritik dan saran dari masyarakat adalah dalam rangka membangun serta memperbaiki kinerja pemerintahan. Harapan Presiden Jokowi, agar pamong praja muda IPDN siap menerima kritik apapun dari masyarakat dan menjadikannya sebagai bahan perbaikan, evaluasi dalam bertugas.

Pada kesempatan ini pun, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa sudah sepantasnyalah kita memberikan pelayanan yang baik dan adil kepada masyarakat. Beliau berpesan juga agar alumni IPDN semakin meningkatkan kualitas pelayanan, membuat inovasi – inovasi yang bagus serta terobosan yang bermanfaat nyata.

Jokowi mengingatkan bahwa dunia berubah cepat dan tangan-tangan pamong praja muda itulah yang akan memimpin adaptasi zaman. Jadilah perekat bangsa ini dimanapun berada.

Presiden Jokowi juga menyematkan penghargaan kepada dua praja lulusan terbaik, yakni penghargaan Kartika Pradnya (siswa S1) kepada Yegi Wirianto Pratama asal Sulawesi Tenggara dan penghargaan Kartika Astha Brata (siswa D4) kepada Rahmi Hayati asal Bengkulu.

Selamat bertugas para alumni IPDN, karya nyatamu ditunggu. Berikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *