Peluang Usaha Di Wonogiri

oleh
Artikel bisnis kali ini akan sedikit mengulas tentang peluang usaha di sebuah wilayah sebelah selatan Kota Surakarta, yaitu Kabupaten Wonogiri. Wonogiri terkenal dengan dataran tinggi, tanah yang tandus, kekurangan air, kering dan berbatu. Wow, ngeri juga ya bayangkan jika anda hidup di Wonogiri, dan anda harus berjuang untuk tetap bertahan hidup dengan kondisi geografis yang seperti itu.

Namun, kenapa banyak perantau di Jakarta yang hidupnya sukses kebanyakan dari Wonogiri ? Nah, ini bisa kita korelasikan bahwa daerah yang di anggap “tidak” potensial dan gersang bisa menciptakan manusia – manusia yang ulet, gigih, bertekad, pekerja keras sehingga dimanapun mereka berada mereka akan survive dan berhasil. Lalu kenapa sebagian orang banyak merantau ke luar Wonogiri, apakah di Wonogiri tidak ada peluang usaha yang menjanjikan ?

Peluang usaha itu merupakan suatu kesempatan bagi orang yang jeli memanfaatkan potensi yang ada untuk dijadikan upaya bisnis dan menghasilkan keuntungan bagi orang tersebut. Banyak yang bisa dijadikan sebuah peluang usaha, faktor kreativitas, kecerdikan, ilmu dan pengalaman menjadikan seseorang mampu dan peka terhadap segala hal disekitarnya yang kemudian dijadikan sebuah peluang usaha.

Saya mencoba analisis mengenai potensi yang ada di Wonogiri. Dan peluang apa saja yang bisa dijadikan peluang usaha bagi anda yang akan menciptakan sebuah usaha di Wonogiri. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi orang mencari peluang bisnis.

Wonogiri mempunyai 25 Kecamatan. Luas wilayahnya pun merupakan wilayah kabupaten terluas nomor dua se Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Wonogiri mempunyai history yang cukup unik dan menarik. Keberadaan pemimpin negeri ini, sudah pernah dekat dengan Wonogiri. Sebut saja Presiden Soeharto. Masa kecilnya dulu pernah menetap di Wonogiri, dan bertemu dengan Ibu Tien yang sama – sama bersekolah di Wonogiri. Kemudian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sering datang ke Wonogiri saat beliau remaja dulu, untuk bertanding Volley Ball di Wonogiri.

Kemudian Jenderal Sudirman, memilih rute Wonogiri pada masa perjuangannya. Ada lagi menurut sejarah terciptanya kraton mangkunegaran surakarta. Bahwa Pangeran Samber Nyawa mengasingkan diri ke Wonogiri, tepatnya di desa Nglaroh Selogiri dan membentuk pasukan serta pusat pemerintahan. Akhirnya beliau menjadi Raja Mangkunegara pertama.

Nah, kembali pada peluang bisnis di Wonogiri. Wonogiri saat ini sudah menjadi daerah yang banyak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan dunia internasional pun pernah tau Wonogiri, sebab selain di Wonogiri terdapat Waduk Terbesar se Asia Tenggara yaitu waduk gajah mungkur, Wonogiri juga mempunyai tempat untuk Paralayang. Bucek Depp pernah dan sering datang ke Wonogiri.

Baca : Alasan Bucek Depp  Ke Wonogiri

Peluang Usaha Di Wonogiri

Potensi yang ada di Wonogiri bisa dijadikan sebuah peluang usaha, diantaranya :

1. Wonogiri Kaya Akan Singkong Atau Gaplek
Wonogiri ini adalah penghasil gaplek yang besar, lahan yang cukup luas dan ditanami pohon singkong sehingga menghasilkan gaplek. Ini menjadikan wonogiri dengan sebutan Kota Gaplek. Dari bahan baku singkong ini, kita bisa manfaatkan sebagai peluang usaha. Dari sini anda bisa membuat makanan berbahan dasar singkong. Mencontoh dari usaha tela – tela, maka ini bisa juga jadi referensi bagi anda yang akan membuka bisnis makanan ringan/ snack.

2. Wonogiri Kaya Akan Potensi Mete

Kalau kita ke Wonogiri maka akan banyak anda jumpai pohon mete tiap pinggir jalan. Dan wonogiri merupakan penghasil mete yang terbaik di antara daerah lainnya, sebab tanah nya cocok untuk pertumbuhan pohon jambu monyet. Nah, peluang usaha dari segi potensi ini adalah anda bisa memanfaatkan buah jambu monyet untuk dijadikan keripik buah. Yang biasa kita temukan adalah keripik buah nangka, mangga, salak, rambutan, anggur. Dan sepertinya sepengetahuan saya belum ada keripik buah jambu monyet ini.

Peluang Usaha Di Wonogiri

3. Banyak Tempat Wisata Di Wonogiri

Di Wonogiri banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yang sangat terkenal adalah waduk gajah mungkur. Ini merupakan waduk yang terbesar se asia tenggara. Selain itu, pemandangan waduk yang indah bisa menginspirasi anda dalam membuka peluang usaha. Salah satunya adalah usaha merchandising. Produksi kaos untuk oleh – oleh bagi pelancong, atau bagi para perantau yang akan pulang kampung saat lebaran. Tema merchandise bisa anda kolaborasikan dengan makna tempat, wisata, religi, sejarah wonogiri, kharakter masyarakat wonogiri, atau hal – hal unik lainnya yang menyangkut tentang wonogiri.

4. Tempat Penitipan Anak

Mungkin ini bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi anda, kenapa ? Sebab saat ini wonogiri menjadi trensetter bagi orang luar wonogiri dalam mencari pekerjaan ke woogiri. Sehingga, banyak yang sudah berkeluarga dan bekerja di wonogiri. Misalkan warga surakarta, sukoharjo, sragen, karanganyar dan lainnya. Mereka bisa menitipkan anak di jasa penitipan anak yang bisa anda ciptakan.

5. Peluang Bisnis Batik Salah Satu Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Wonogiri mempunyai beberapa pengusaha batik, kurang lebih ada 10 an pengusaha batik. Namun, dari sekian pengusaha batik tersebut belum sepenuhnya dikenal di masyarakat di luar wonogiri. Tempat yang terkenal dalam sentra batik adalah di Kecamatan Tirtomoyo. Kemudian muncul pengrajin batik baru di Sidoharjo. Ciri khas batik di wonogiri adalah motif pecah. Dalam teknis pembuatan motifnya, malam di remek sehingga terpencar di kain mori. Dari situ muncullah ciri khas batik wonogiren.  Anda bisa mencoba belajar untuk membuat batik dengan ciri khas anda sendiri. Seperti hal nya batik kreatif Proboparon. Batik Proboparon merupakan salah satu batik kreatif. Motif nya merupakan limited edition. Anda bisa mencari di mesin pencari google dengan mengetik kata “Proboparon” maka akan anda temukan UMKM batik kreatif tersebut.

Baca : 4 Alasan Orang Tertarik Untuk Berbisnis

Demikian sekilas peluang usaha di Wonogiri yang bisa anda pelajari. Sebenarnya masih banyak lagi hal lainnya yang belum kami kupas. Insyaallah, artikel – artikel selanjutnya akan kami ulas kembali mengenai peluang usaha di Wonogiri. Semoga bermanfaat !

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *