Pawai Budaya Di Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Ke 276 Meriah!

oleh
pawai budaya hari jadi wonogiri ke 276

Dalam rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Wonogiri ke 276 pada hari ini Minggu, 21 Mei 2017 dilaksanakan acara Pawai Budaya. Sejak pukul 08.00 WIB warga masyarakat sudah memadati jalan yang nantinya dilewati peserta pawai tersebut.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo beserta Forkopimda didampingi jajaran birokrasi lainnya mengawali Pawai dengan berjalan bersama dari Pendopo menuju panggung kehormatan.

Hal ini berbeda dari adat sebelumnya, dimana mobil – mobil pejabat yang disiapkan hanya mengikuti dari belakang saja.

Joko Sutopo mengajak Forkopimda dan jajaran pejabat setda Wonogiri untuk jalan kaki bersama.

Bukti bahwa Joko Sutopo di setiap kesempatan tidak ingin diistimewakan, merakyat dan membaur bersama warga Wonogiri.

Setelah rombongan Bupati di ikuti oleh mobil Publikasi Humas Wonogiri dan kemudian mobil patwal dari Polres Wonogiri.

mobil humas wonogiri

Setelahnya baru peserta yang berangkat dari alun – alun Giri Krida Bakti yaitu peserta tingkat pelajar TK dan SD di Wonogiri. Di depan panggung kehormatan di tampilkan display dari masing – masing peserta pawai.

Penampilan tersebut pun dinilai oleh tim Juri yang ditunjuk panitia. Dan waktu yang diberikan untuk display tersebut adalah 3 menit.

display peserta pawai budaya wonogiri

Terik panas matahari semaki menyengat, namun ribuan warga yang memadati acara tersebut setia sampai acara selesai menyaksikan jalannya pawai.

Agenda tahunan ini merupakan agenda dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke 276. Dengan semangat sesarengan mbangun wonogiri, Joko Sutopo sebagai Bupati Wonogiri berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Wonogiri.

pawai budaya hari jadi wonogiri ke 276

Dalam pawai ini pun dimeriahkan pula oleh tamu kehormatan dari Akademi Angkatan Udara ( AAU ) Jogjakarta.

Drumband “Gita Dirgantara”  Akademi Angkatan Udara menampilkan display yang memukau pengunjung. Salah satu siswa AAU yang berasal dari Wonogiri pun memberikan penghormatan kepada Bupati dan jajarannya.

Sebagai kehormatan pula, Bupati Wonogiri memberikan kacamatanya langsung pada siswa tersebut saat berjabat tangan.

drumband AAU dalam pawai hari jadi wonogiri

drumband AAU meriahkan pawai budaya hari jadi kabupaten wonogiri

drumband AAU meriahkan pawai budaya hari jadi kabupaten wonogiri

Selain itu, Polres Wonogiri juga menampilkan tari dan senam bersama dengan anak – anak SD. Dengan seragam polisi dan juga tari, mereka menampilkan display tari dan senam dengan apik.

Ini merupakan salah satu partisipasi kebersamaan jajaran Forkopimda di Kabupaten Wonogiri. Masyarakat di suguhkan beraneka ragam tampilan dalam rangka pelestarian budaya juga.

pawai budaya hari jadi wonogiri

Dari berbagai komunitas pun ikut memeriahkan pawai budaya ini. Ada peserta dari komunitas pecinta reptil wonogiri juga ikut. Mereka membawa dan memamerkan ular dengan ukuran kurang lebih 3 meter.

komunitas reptil wonogiri meriahkan pawai budaya hari jadi wonogiri

Lebih Meriah dari tahun sebelumnya

Pawai budaya tahun 2017 ini lebih meriah daripada tahun kemaren. Humas Kabupaten Wonogiri sebagai unit OPD yang mengampu kegiatan ini memberikan perubahan yang nyata. Dengan berbagai agenda mulai jalan sehat, perlombaan, Night Run, Napak Tilas, Kethoprak yang di hadiri dan di meriahkan salah satu Kabupaten di Jambi.

Ketika acara forum silaturahmi yang diadakan di Pendopo, salah satu Bupati dari Kabupaten di Propinsi Sumatera Barat pun turut hadir. Beliau adalah Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Dharmasraya.

bupati dharmasraya berkunjung dan silaturahmi ke wonogiri

Di acara Forum Silaturahmi, Sutan mengungkapkan, kondisi sosial masyarakat Dharmasraya hampir sama dengan Wonogiri. Bahkan sebagian masyarakatnya merupakan keturunan Wonogiri. “Ketika di sini, saling tukar pikiran kita bisa belajar dari Wonogiri ini. Misalnya pembangunan pertanian, pasar tradisional, dan lainnya,” ungkap bupati termuda di Indonesia ini.

Sutan Riska menyebut bahwa sudah banyak prestasi yang telah diraih Wonogiri. Baik di tingkat nasional maupun internasional. Ditambah semangat dan keuletan warga Wonogiri, dia yakin di usia yang menginjak 276 tahun ini, Wonogiri bakal lebih sukses.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *