Menyikapi Website Yang Terkena Suspend Iklan Adsense

oleh
Menyikapi WebsiteTerkena Suspend

Menyikapi Website Yang Terkena Suspend Iklan Adsense. Kali ini saya membahas bagaimana menyikapi website kita pasca terkena suspend oleh Google Adsense. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya beberapa waktu yang lalu. Saat itu, tiba – tiba saya menerima email dari adsense-noreplay yang menjelaskan bahwa iklan adsense di website di non aktifkan selama 30 hari. Bagaimana rasanya membaca email itu ? Kaget sih iya, namun karena saya tidak melakukan hal – hal seperti yang di jelaskan oleh adsense tersebut, maka saya pun menyikapinya dengan tenang.

Barangkali banyak di antara publisher pernah mengalami hal sama. Suatu ketika menerima pemberitahuan suspend iklan adsense. Biasanya, kita akan bingung bagaimana bisa terjadi dan kenapa. Akhirnya, kita browsing sana sini untuk mendapatkan jawabannya. Jika ini terjadi pada anda, maka satu hal yang bisa dilakukan hanyalah menunggu. Menunggu masa suspend iklan adsense 30 hari selesai. Sambil menunggu, perbaiki saja website anda barangkali ada yang kurang sempurna.

Ketika saya terkena gelombang suspend iklan adsense, yang saya lakukan adalah sebagai berikut ini :

1.Tetap menulis postingan di website ketika terkena suspend iklan adsense

Kembali pada tujuan kita membuat sebuah blog atau website. Disini, selain untuk mendapatkan penghasilan dari periklanan khususnya adsense saya memang berniat menjadikan blog atau website sebagai catatan online. Kegiatan – kegiatan bahkan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan dalam keseharian, saya coba tuliskan ulang dengan ide serta modifikasi yang mudah saya ingat. Harapannya adalah ketika suatu hari nanti saya membutuhkan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, bisnis dan lainnya saya tinggal membuka blog atau web ini.

Oleh sebab itu, walaupun terkena suspend iklan adsense saya tetap terus menulis dan menulis saja. Semangat tetap menulis memang butuh energi, apalagi jika satu – satunya harapan anda ketika membuat blog atau website hanyalah untuk mendapatkan penghasilan dari adsense. Tentunya ini bisa menjadikan anda lemas dan tidak bersemangat.

Saran saya, walaupun saat ini anda terkena suspend iklan adsense, jangan panik dan tetaplah menulis informasi yang mungkin bermanfaat bagi pembaca. Biarkan saja mengalir dan kita hanya bisa menunggu saja. Efektifkan waktu anda selama masa menunggu pengaktifan dengan tetap kreatif memberikan ilmu atau info yang bermanfaat bagi banyak orang.

2. Memantau perkembangan traffic website ketika terkena suspend iklan adsense 

Saat menyikapi website yang terkena suspend iklan adsense, yang saya lakukan selanjutnya adalah memantau perkembangan traffic website. Saya menggunakan plugin Google Analytics, dimana fungsi plugin ini adalah memberikan data traffic website kita. Kita bisa memantau perkembangan pengunjung secara real time, hari ini, tujuh hari bahkan selama satu bulan.

Selain itu, saya juga memasang ekstensi alexa traffic rank di chrome laptop saya. Hal ini hanya untuk membantu melihat sejauh mana perkembangan traffic website. Paling tidak, kita bisa ayem jika pegunjung web tetap sama bahkan jika mengalami peningkatan signifikan. Dan jika mengalami penurunan, tentunya kita bisa segera melakukan langkah – langkah yang di perlukan.

3. Memperbaiki kesalahan – kesalahan perayapan situs melalui alat web master

Selanjutnya, ketika terkena suspend iklan adsense yang saya lakukan adalah memperbaiki crawl error atau kesalahan perayapan website melalu alat web master. Ternyata, banyak sekali kesalahan yang harus saya perbaiki. Satu per satu, saya ubah sesuaikan konten baik dari segi url maupun hilang link. Saya memasang plugin broken links serta redirection.

Plugin ini sangat membantu sekali bagi saya. Sebab, ketika ada link yang rusak maka kita bisa melihat dari pemberitahuan di broken links tersebut. Nah, ketika ada yang rusak bisa segera kita perbaiki sebagaimana mestinya. Kesalahan perayapan yang ada di webmaster bisa kita redirect dengan menggunakan plugin redirection. Setelah diperbaiki, dan saya lihat kembali halaman error atau halaman tidak di temukan pun semakin sedikit. Halaman tidak ditemukan biasanya berkode 404.

Dengan memperbaiki adanya kesalahan perayapan atau menyempurnakan artikel, tentunya akan sangat membantu anda agar website kita semakin baik. Jadikan waktu menunggu suspend iklan adsense sebagai waktu perbaikan. Bukan saja perbaikan dalam SEO namun juga isi artikel – artikelnya.

Tiga hal diatas merupakan hal pokok yang saya lakukan untuk menyikapi suspend iklan adsense. Suspend tidak berarti banned. Hal ini sangat berbeda. Bahkan, informasi yang diberikan oleh adsense mengenai alasan kenapa iklan adsense di suspend pun biasanya karena invalid klik.

contoh email pengaktifan iklan adsense yang di suspend

Manakala terkena suspend iklan adsense saya hanya bisa menunggu selama 30 hari sejak penangguhan tersebut. Dan akhirnya masa 30 hari terlewati, adsense mengaktifkan kembali iklan di website saya sehari setelah tanggal yang ditetapkan selama masa non aktif.

Tak perlu lakukan apapun di dashboard adsense anda. Sebab, menurut saya apa yang kita lakukan misalnya perubahan ataupun banding tidak ada gunanya. Lakukan saja seperti yang saya lakukan dalam menyikapi website yang terkena suspend iklan adsense. Saya yakin, jika website memang dipandang bermanfaat maka saat masa suspend berkahir, adsense akan aktif kembali.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.