Lulusan IPDN Akan Jadi Apa ?

oleh
sumber : www.tempo.co.id

Lulusan IPDN sejak awal sudah di persiapkan untuk mengabdi dalam dunia pemerintahan. Sebagai salah satu pilar bangsa, pemersatu bangsa. Lulusa IPDN ini, akan ditempatkan di berbagai lembaga atau instansi baik pemerintahan pusat maupun daerah.

Awal lulus, mereka menjadi staf dalam dunia birokrasi. Ibarat kita menaikki anak tangga untuk menuju tingkat atas di mulai dari anak tangga paling bawah.

Prestasi dalam kerja merupakan itikad yang ditanamkan lulusan IPDN. Mereka di harapkan mampu mewarnai serta membawa perubahan dimana lulusan ini ditempatkan.

Pasca lulus, mereka merupakan PNS dengan golongan pangkat III/a. Saat ini, penempatan lulusan IPDN kembali ke daerah yang merekrutnya.

Walaupun awal karir adalah staf, ini bukan sesuatu yang aneh. Sebab, proses pembelajaran baik secara teori dan praktek akan dimulai dari sini.

Proses merupakan hal yang dilalui, baik proses kehidupan manusia maupun saat mereka sudah tiada nantinya.

Semua akan menjalani suatu proses.

Demikian pula dengan lulusan IPDN ini. Proses awal dari staf kemudian menduduki jabatan struktural sampai tingkat tertinggi baik di pemerintahan pusat maupun daerah.

pemimpin
via www.piaxabay.com

Tingkat pencapaian jenjang karir tergantung personalnya. Hal itu juga tak bisa lepas dari nasib baik yang telah di tentukan-Nya. Saat ini, banyak lulusan IPDN yang menjadi kepala daerah suatu wilayah tertentu.

Sebagai contoh, ada yang telah menjabat sebagai Gubernur. Karir Gubernur sebagai karir politik yang dicapai dalam proses pemilihan umum.

Kancah persaingan menjadi terbaik, membutuhkan citra kinerja baik personality dari masing – masing individu. Selain faktor lain tentunya yang menjadikan seseorang mencapai tingkat karir tertinggi.

Ada beberapa alumni IPDN yang saat ini sukses berkarier di pemerintahan ataupun karier politik. Misalnya saja menjadi gubernur atau pejabat di kementerian, Pemkot hingga Pemda.

Sebut saja yang pernah menjadi Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim misalnya, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek yang dulu pernah menjabat Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, Wakil Walikota Jakpus (Arifin), Wakil Dishub (Teguh Hendarwan).

IPDN sebagai lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang dibentuk untuk mempersiapkan kader pemerintah sudah memberikan pendidikan yang baik bagi para calon pelayanan masyarakat. Semoga para alumni bisa sukses berkarier di pemerintah.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *