Lulusan IPDN Bisa Jadi Danramil ?

oleh
lulusan ipdn jadi danramil

Wacana yang berkembang saat ini bahwa lulusan IPDN bisa jadi Danramil, apakah benar atau hanya isu belaka ? Seperti dikutip dalam pemberitaan mengenai wajib militer yang saat ini sedang gencar bisa jadi suatu saat lulusan IPDN akan menjadi Danramil.

Hal tersebut dikemukakan oleh Jenderal Gatot Nurmantyo, Panglima TNI. Dalam penjelasannya di Mabes TNI tanggal 16 Januari beliau mengatakan jika lulusan IPDN bisa menjadi Komandan Koramil, otomatis mereka bergabung dengan militer kita.

Tekhnisnya pun melalui pendaftaran secara umum, kemudian di angkat menjadi tentara juga. Mendagri menjelaskan, lulusan IPDN tidak akan bisa menjabat sebagai Komandan Koramil, karena dalam undang-undang (UU) TNI tidak ada aturannya bahwa sipil bisa mengisi jabatan di TNI.

Panglima TNI menjelaskan belum ada regulasi yang mengatur hal tersebut. Apakah dasar hukum undang – undang memperbolehkan lulusan IPDN bisa menempati jabatan di TNI, aturannya belum ada.

Bisa jadi suatu saat aturan untuk itu dibuat. Jika aturan itu dibuat, gak masalah. Yang pasti ada aturan jelas dan ditaati oleh semua pihak.

IPDN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Para lulusannya biasanya menjadi pejabat pemerintahan baik di daerah maupun di pusat. Awal berdiri, praja IPDN memang dibekali dengan latihan – latihan fisik ala militer.

Pendidikannya pun semi militer, hal ini untuk membentuk kharakter praja ( sebutan bagi mahasiswa mahasiswi IPDN ). Dan awal berdirinya, mereka pun di gojlok oleh tentara juga.

Saat melaksanakan pendidikan, para praja IPDN ini juga tinggal di asrama. Dan mereka mendapatkan pelajaran ala militer juga, walau prosentasenya tidak sebanding dengan teori kepemerintahan.

Tidak harus menjadi Danramil, aturan yang sudah jelas bahwa lulusan IPDN berkarier menjadi PNS di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Kariernya pun jelas, mulai dari tingkat Kelurahan dan naik ke jenjang lebih tinggi sesuai dengan peraturan perundangan.

Misalpun ada yang jadi Camat, toh nanti kita akan bergabung menjadi satu dengan beberapa matra lain dengan forum Forkopimcam. Dimana semua unsur saling bersinergi dan melengkapi. Di tingkat Kabupaten, saling bersinergi dalam forum Forkopimda.

Intinya, semua mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara. Itu sadja!

Baca Juga : Lulusan IPDN Di Rancang Berkarier Dari Tingkat Kecamatan

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *