Kesamaan Thor Dan Werkudara Superhero Berjiwa Nasionalisme Tinggi

oleh
thor dan werkudara

Bagi yang suka nonton film, sebentar lagi kita akan disuguhi oleh penampilan film buatan Marvel. Setelah sukses dalam Avenger nya, Marvel merilis film baru yang menceritakan kisah Thor.

Thor : Ragnarok, cuplikan trailernya menggambarkan sekilas bahwa akan terjadi kiamat di kampungnya Thor ( Asgard ). Dewa – Dewa sakti pun akan muncul dalam kisah ini.

Di film ini, palu Thor yang disebut Mjolnir pun dapat dihancurkan oleh Hela. Dan thor pun harus berhadapan dengan Hulk.

Marvel lagi – lagi mengemas sebuah film dengan sentuhan humornya. Terlihat di trailernya, ketika Thor melihat Hulk di arena Gladiator, sesaat penonton terdiam dan kaget saat thor melihat lawannya adalah hulk dan berkata “kita kenal satu sama lainnya”.

Namun, Hulk seolah tak kenal siapa Thor. Dimana saat itu pernah menjadi satu tim di Avenger di bumi.

Sekilas tentang thor, dia merupakan dewa legenda masyarakat Skandinavia. Thor merupakan dewa petir atau halilintar.

Martil atau palu nya sangat sulit dikalahkan apalagi tidak semua superhero mampu mengangkat palu thor atau Mjolnir ini.

Thor adalah anak Odin, pemimpin para dewa. Jika di Yunani, Odin adalah Zeusnya para dewa. Jika dalam dunia pewayangan, dia adalah Batara Guru.

Di dunia pewayangan kita, pun ada superhero yang kekuatannya sama dengan Thor ini. Dia adalah Werkudara. Nama lainnya adalah Bimasena, Bratasena, Haryasena, Bayusiwi, Jagal Abilawa, Kusumadilaga, Jayalaga dan Prabanconosiwi. Kediamannya di Jodipati atau Tunggul Pamenang.

Dalam dunia pewayangan, Werkudara pun sangat hebat dan kuat. Werkudara merupakan titisan Batara Bayu ( dewa angin ), sehingga jika berlari Werkudara selalu membawa suara angin.

Thor dan Werkudara sama – sama mempunyai senjata martil. Jika palu thor ini disebut dengan Mjolnir, maka Werkudara mempunyai palu yang disebut dengan Gada Rujakpala.

Dan jarang pula yang bisa mengangkat Gada Rujakpala nya Werkudara ini. Gada itu yang digunakan Werkudara untuk menumpas kejahatan Kurawa. Saat Kurawa akan merebut tahta singgasana bangsanya.

Dengan gada itu, dia membalaskan dendam keluarganya serta membunuh Duryudana. Dalam kisah perang Baratayudha, peperangan besar antara Pandawa ( sisi baik ) dan Kurawa ( sisi buruk ) terjadi.

Nah, dalam film Thor : Ragnarok, nanti pun terjadi peperangan besar dimana disebutkan terjadinya kiamat di Asgard. Thor berjuang mati – matian mempertahankan negaranya, Asgard. Walau kehancuran Asgard tak terelakkan lagi.

Thor pun menjadi tahanan, Mjolnir hancur oleh hela. Sehingga saat melawan hulk di arena gladiator dia menggunakan pedang.

Mungkin saja nanti palu thor kembali utuh, sebab dalam cuplikan trailer palu tersebut masih tersisa serpihan nya.

Thor dan Werkudara merupakan dewa dengan senjata palu. Dan mereka pun anti kejahatan. Werkudara punya watak ksatria yang adil. Thor pun demikian. Thor dan Werkudara mencintai saudara dan negaranya.

Walaupun Loki, adik Thor mengkhianatinya namun Thor tetap mencintainya.

Demikian pula dengan Werkudara. Keadilannya tak tertandingi, bahkan ketika gatutkaca ( anak Werkudara ) bersalah dia dihajar habis – habisan oleh Werkudara.

Thor dan  Werkudara memberikan ilmu pekerti yang barangkali bisa kita pelajari. Thor dan Werkudara sangat mencintai orang tuanya. Thor dan Werkudara berbakti kepada orang tuanya. Selain itu, keduanya pun sangat cinta terhadap saudaranya.

Thor dan Werkudara mempunyai jiwa ksatria, mereka punya jiwa nasionalisme tinggi dalam mempertahankan bangsa dan negaranya serta tanah tumpah darahnya sampai titik darah penghabisan. Bagaimana dengan kita ?

Lihat trailer film Thor : Ragnarok

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

2 thoughts on “Kesamaan Thor Dan Werkudara Superhero Berjiwa Nasionalisme Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *