Kenapa Seorang Anak Mirip Dengan Orang Tuanya?

oleh
kenapa anak mirip orang tua

Mempunyai anak adalah sesuatu yang sangat diidam – idamkan. Mereka adalah generasi penerus dari kita sebagai orang tua. Anak saya bertanya, papa..kenapa aku mirip sama mama papa? Nah, pertanyaan sederhana ini mungkin juga sering anda dapatkan dari buah hati anda. Yuk, coba kita jawab bersama ya. Kalau ada kurangnya, mohon berkenan untuk menambahkannya di kolom komentar di bawah artikel ini.

Saya mempunyai anak laki – laki, yang pasti ganteng. Kalau anak perempuan kan cantik. Dia saat ini berumur 9 tahun dan naik kelas 4 Sekolah Dasar. Alhamdulillah, anak tersebut cerdas. Dan ini mungkin juga karena keturunan, karena saya dulu selalu juara kelas..hehe..ciyuz

Dia ganteng seperti saya, yakin. Banyak orang bilang begitu lho. Nah, ketika bertemu orang lain, mereka pun bilang..”kamu kok mirip banget sama papa kamu?”. Saya sih senyumin aja. Tapi, terkadang mamanya sering sewot. Sedikit gak terima kalau dikatakan mirip sama papa.

Memang, sekilas mirip sama saya. Ini karena dia laki – laki sehingga ketika orang melihat dari kacamata gendernya. Sehingga, cenderung menyamakan dengan ayahnya. Bukan mamanya. Si anak pun akhirnya bertanya, adik ini mirip siapa ya pa?

anak mirip orang tuanya
sumber : pixabay

Kenapa seorang anak mirip dengan orang tuanya. Sebab bayi lahir merupakan hasil kombinasi gen antara kedua orang tua. Dari sel – sel gen itu, diantaranya menentukan bentuk wajah atau warna matanya. Sehingga, kita ( anak ) mempunyai bentuk wajah seperti ayahnya dan mata seperti ibunya. Bisa jadi pula sebaliknya.

Hal ini dari segi bentuk fisik. Selain bentuk fisik, kemiripan seorang anak dengan orang tuanya juga bisa dari sifatnya. Anak laki – laki saya ini mirip sekali sama saya. Jika sedang marah, seolah dia punya kekuatan supranatural dan bisa menghancurkan apa saja mirip seperti di film superhero itu.

Saya pun kadang sampai tertawa dalam hati. Saya tidak berani atau cenderung mengendalikan diri untuk diam, ketika melihat anak saya itu marah. Kenapa coba? Ya, karena dalam hati saya berkata,” kok mirip saya waktu kecil dulu ya..hehe”.

Masih banyak lagi sifat anak tersebut yang cenderung mirip sama papa dan mamanya. Jadi, kenapa anak mirip dengan orang tuanya, jawabnya adalah karena persilangan gen di tubuh si anak yang di turunkan oleh kedua orang tuanya.

Secara ilmiahnya kurang lebih seperti itu. Tapi, kita juga harus ingat bahwa segala kuasa atas sesuatu di dunia ini hanyalah karena Tuhan YME. DIA yang memberikan kehidupan. Atas seijin-Nya lah sesuatu itu terbentuk dan ada.

Oke deeeh..itu dulu ya artikelnya. Semoga bermanfaat bagi ayah ibu, papa mama yang membacanya. Mungkin anda menemukan artikel ini karena juga di tanya sama sang buah hati anda. Salam buat buah hati anda ya..

Jika jawabannya kurang lengkap, kiranya berkenan menambahkan di kolom komentar. Bebas merdeka asal demi perkembangan ilmu pengetahuan…

Baca Juga : Kenapa Anak Takut Di Sunat ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *