Kenapa Sedekah Bisa Membuat Orang Menjadi Kaya

oleh
sedekah menjadi kaya

Pertanyaan itu barangkali sering kita baca dan lihat baik di media sosial atau dalam acara pengajian. Kenapa sedekah bisa membuat orang menjadi kaya. Kaya yang bagaimana ? Apakah benar demikian ?

Cerita di balik suksesnya seseorang setelah mereka melakukan sedekah pun cukup banyak. Kesaksian – kesaksian itu didasarkan pada pengalaman pribadi yang mereka dapatkan. Kisah itu bukan saja omong kosong belaka. Ketika seseorang mengisahkan dirinya dengan memberikan penjelasan akan hebatnya efek dari sedekah.  Sedekah adalah memberi secara ikhlas baik itu barang, uang atau kemampuan lain untuk membantu orang lain. Sedekah adalah perbuatan mulia. Sedekah itu berbagi.

Dalam ajaran atau keyakinan agama apapun pasti di ajarkan untuk selalu berbuat baik. Kita diwajibkan untuk tolong menolong dalam kebaikan. Salah satunya dengan bersedekah.

Sedekah adalah memberi, bukan menerima. Sedekah identik dengan memberikan harta kepada orang yang membutuhkan tanpa tendensi atau niatan pencitraan. 

Niat sedekah adalah untuk Tuhan. Berharap pahala dan kebaikan dari Tuhan. Sedekah adalah tindakan cari muka di depan Tuhan. 

Bagaimana sedekah bisa membuat orang menjadi kaya ? Coba saya ceritakan sedikit mengenai kisah seorang ibu rumah tangga yang hanya berjualan kerupuk khas Cilacap bisa mempunyai omzet jutaan.

Kisah Shendy, Awalnya Hidup Pas – Pasan Sering Sedekah Omzet Jualannya Jutaan

milad 5 SR

Cerita ini saya dapatkan dari seorang teman yang mendengar secara langsung. Waktu itu ada acara ulang tahun sebuah organisasi yaitu Sedekah Rombongan.  Sedekah Rombongan merupakan sebuah perkumpulan dimana visi nya unik, yaitu mencari muka di depan Tuhan.

Sedangkan misi dari Sedekah Rombongan ini adalah menyampaikan titipan langit tanpa sulit, tanpa rumit dan tanpa berbelit – belit. Keren kan?

Nah, suatu ketika “Shendy”, sedang sangat mengalami kesulitan. Dia mempunyai anak yang sedang mengalami sakit hidrochepalus.

Kemampuan ekonomi keluarga Ibu Shendy ini pas – pasan. Ketika anaknya di rawat di RSCM Jakarta, 8 bulan ibu muda itu tidur di selasar atau lantai RSCM. 

Tabungannya sudah habis untuk biaya makan dan transportasi dari Cilacap ke Jakarta. Kala itu, uangnya hanya tinggal 2 ribu rupiah saja. Dan saat uang tinggal segitu, dia belum makan.

Ibu ini merasakan hidup sangat sulit, dan dia harus prihatin dengan keadaan seperti itu. Saat kondisi tersebut, Shendy pun berdoa kepada Tuhannya, “Ya Allah uang saya tinggal dua ribu, hari ini hamba belum makan, tolonglah kami ya Allah..”

Dia memohon kepada Tuhannya, dia berkata ” Hanya kepada-Mu aku mengadu mohon pertolongan, Engkau Maha Mendengar dan Pengabul Doa Umat-Mu”

Tanpa di sangka, hari itu Tuhan mengirimkan seseorang yang tiba – tiba menghampirinya. Namanya Harji. Harji ini adalah salah satu kurir Sedekah Rombongan yang tinggal di Jakarta.

Harji mendapatkan informasi bahwa ada pasien di RSCM yang membutuhkan bantuan. Akhirnya bertemulah mereka berdua di RSCM. 

Shendy pun di tanya, “Apa yang ibu butuhkan saat ini ?”

Lalu, Shendy menjawab, “Uang saya tinggal dua ribu dan kami belum makan”.

Jika Kita Berdoa, Tuhan Pasti Akan Mengabulkannya

Hari itu juga, pertolongan Tuhan datang. Harji memberikan santunan dari Sedekah Rombongan untuk makan dan transportasi.

Beberapa hari kemudian, saat Harji yang rutin mendampingi pasien Sedekah Rombongan di RSCM. Shendy bertemu kembali dengannya. Harji memberikan lagi uang santunan sejumlah 500 ribu.

Saat itu, Shendy berdoa ” Ya Allah, saya malu jika menjadi beban terus terusan. Bagaimana cara supaya bapak itu tidak datang lagi dan memberikan uang untuk saya?”

sedekah menjadi kaya

Akhirnya, uang pemberian Harji sebesar 500 ribu itu digunakan sebagian untuk makan dan modal usaha. Shendy menggunakan uang itu, 100 ribu buat makan dan 400 ribu untuk membeli krupuk khas Cilacap.

Krupuk itu pun di jualnya di bundaran HI Jakarta. Walau berat, dia tak pernah mengeluh. Kemudian, ada rekan Shendy menyarankan untuk mempromosikan krupuk jualannya melalui media sosial. Tak di sangka jualannya laku keras.

Dia menjual krupuk melalui Facebook, sebab Shendy hanya punya FB saja. Pada bulan pertama, Shendy bisa menjual krupuk 4000 bungkus !!

Bulan berikutnya penjualan semakin banyak. Hingga saat ini, omzet per bulannya mencapai 35 juta rupiah. Shendy akhirnya bisa mencukupi kebutuhan hidupnya lebih baik. 

Tiap Bulan Sedekah Tak Kurang Dari 25 juta

Anehnya, dia kemudian rutin bersedekah setiap bulannya tidak kurang dari 25 juta ! Luar biasa. Saat rekannya bertanya, kenapa uangnya tidak di tabung saja ? Apa jawaban ibu muda ini ?

“Saya menabung untuk akhirat saja “. 

Saat kisah itu diceritakannya di hadapan Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa saat menutup acara Milad ke 5 Sedekah Rombongan di Jepara, Jawa Tengah. Sang Ibu menteri  pun terharu. 

Di hadapan 400 an peserta milad 5 Sedekah Rombongan, bersamaan pula dengan Peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia. Shendy bercerita sambil meneteskan air mata haru.

sedekah menjadi kaya

Begitu pula peserta Milad yang hadir saat itu. Tissu dan sapu tangan pun keluar. Untuk mengusap air mata mereka yang tak terbendung lagi.

Walau penghasilannya saat ini sudah cukup banyak, dia tetap sederhana. Dia menyedekahkan sebagian besar uang hasil jerih payahnya. Hidup secukupnya saja. Padahal, dari omzet itu Shendy menjadi kaya.

Kaya baginya bukanlah kaya harta, namun kaya akan manfaat bagi orang lain. Hal ini menggambarkan kepada kita tatkala tujuan hidup hanya sekedar mencari keuntunga maka itulah yang kita dapatkan.

Namun, jika tujuan tersebut untuk bisa bermanfaat seluas – luasnya untuk sesama. Di sanalah Tangan Tuhan akan hadir. Mari berbagi !

Simak juga : Kenapa Mukidi Menjadi Viral ?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *