Kenapa Mudik Selalu Macet ?

oleh
mudik dan kemacetan

Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua.

Transportasi yang digunakan antara lain : pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia dan Bangladesh ( wikipedia )

Saat mudik jalanan banyak yang macet, hal ini dikarenakan hampir semua orang pulang kampung (kebanyakan). Para perantauan merayakan hari raya idul fitri di kampung halamannya. Mereka banyak yang pulang dengan membawa kendaraan pribadi. Banyaknya orang yang mempunyai kendaraan pribadi akan tetapi kondisi jalan raya di Indonesia yang kurang memadai membuat jalanan menjadi macet.

Kemacetan saat mudik setiap tahunnya selalu ada. Walau demikian, untuk mengurangi kemacetan itu pemerintah berupaya semaksimal mungkin. Salah satunya adalah menambah ruas jalan yang dilalui dengan jalan tol. Pembangunan jalan tol ini diharapkan mampu mengurangi kemacetan saat mudik tiba.

Ini fenomena yang terjadi di Indonesia. Rutinitas para perantau pulang kampung berbondong Рbondong dalam waktu yang bersamaan saat libur idul fitri menyebabkan kemacetan jalan. Beban yang paling berat yang dihadapi dalam mudik adalah penyediaan sistem transportasinya karena secara bersamaan jumlah masyarakat menggunakan angkutan umum atau kendaraan melalui jaringan jalan yang ada sehingga sering mengakibatkan penumpang/pemakai perjalanan menghadapi kemacetan, penundaan perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *