KENAPA LOGO PALANG MERAH INDONESIA DIKELILINGI KELOPAK BUNGA

oleh
logo pmi

Hallo Nda..Tahun ini kita sudah memasuki musim kemarau ya Nda… cuaca panas dan bencana kekeringan dah mulai merajalela di daerah daerah. Malah dah sering terjadi bencana kebakaran rumah maupun lahan yang membawa kerugian cukup besar. Ketersediaan air bersih menjadi satu hal penting bagi saudara-saudara kita yang ada di daerah kekeringan. Kasihan ya Nda..malah ada lho yang menjual hewan ternaknya untuk membeli satu tangki air bersih yang hanya bisa digunakan selama 3 bulan.

Nach bicara masalah bencana, kita sering melihat relawan kita membantu para korban bencana. Mereka ada yang memakai seragam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Palang Merah Indonesia (PMI). Yang seringkali bikin penasaran Nda..kok logo PMI di Indonesia beda ya dengan logo Palang Merah di luar negeri?

Arti Logo Palang Merah Indonesia

Coba perhatikan Nda..logo Palang Merah di Indonesia dikelilingi lima lengkung yang sama besar mirip kelopak bunga, sedangkan logo PMI di luar negeri tidak ada tanda kelopaknya. Ternyata memang benar Nda, kelopak itu adalah Kelopak Bunga Melati. Kelopak ini dipilih yang pasti ada artinya Nda…

Kita tahu Nda, Bunga Melati adalah bunga identitas Negara Republik Indonesia sehingga sangatlah tepat jika Bunga Melati menjadi dasar dari tanda Palang Merah yang merupakan lambang Organisasi Kemanusiaan PMI yang diakui oleh Pemerintah Indonesia.

Sedangkan Kelopak Bunga Melati yang terdiri dari lima lengkung, merupakan  perwakilan dari Dasar Negara kita yaitu Pancasila. Makna filosofisnya juga tinggi lho Nda… Kelopak ini punya makna kebersamaan, kolektifitas dan gotong royong. Selain itu juga dapat diartikan sebagai komitmen dan dedikasi PMI dalam memberikan bantuan bagi yang membutuhkan tanpa pamrih dengan semangat kenetralan dan kemandirian.

Cara pemakaiannya pun ada aturannya lho Nda…Kalau digunakan sebagai identitas cukup berukuran kecil saja Nda, dan kalo mau dipakai sebagai tanda Perlindungan maka dicetak lebih besar lagi.

Hanya saja hati-hati Nda penggunaan lambang PMI ada aturannya antara lain tidak boleh digunakan untuk suatu produk barang atau jasa dan tidak boleh memasang tanda PMI untuk organisasi yang tidak sejalan dengan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Adapun prinsip-prinsipnya antara lain Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.

Oke Nda..sepertinya kita dah cukup mengenal PMI yaaa..jangan lupa tanggal 17 September nanti adalah Ulang Tahun Palang Merah Indonesia yang ke-72. Ayo berbondong-bondong ke PMI untuk ikut Donor Darah..Setetes Darahmu Nda…Sangat Berarti Buat Orang Lain! (*)

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *