Kenapa Kita Sulit Berhenti Merokok

oleh
kenapa sulit menghentikan rokok

Bagi yang sudah terlanjur kecanduan rokok pasti susah untuk menghentikannya. Hal ini banyak di alami oleh orang yang merokok. Kenapa kita sulit berhenti merokok ? Mari kita bahas

Rokok merupakan batang yang terbuat dari ramuan tembakau dengan cengkeh dan dikemas sedemikian rupa, mengandung zat nikotin ketika di bakar mengeluarkan asap yang khas baunya.

Bagi perokok, merokok merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Entah apakah itu benar – benar nikmat seperti apa yang dirasakan, yang pasti jika kita bukan perokok kita tidak akan bisa merasakannya.

Merokok sama halnya seperti kita suka minum kopi atau makan coklat. Atau saat kita suka berbelanja di mall. Ini merupakan pola kebiasaan yang sulit di hindari.

Kita suka belanja di mall, maka setiap weekend kita ingin terus untuk melakukan pembelanjaan walau sebenarnya apa yang kita belanjakan tidak tentu kita butuhkan.

Ada rasa senang dan bahagia saat merokok, hal ini dirasakan oleh pecandu rokok. Saat merokok katanya mereka bisa melepaskan penat dan pikiran sejenak.

Ketika galau, dan kemudian mereka merokok katanya hal ini bisa mengurangi tingkat kegalauan tersebut. Benarkah demikian ?

Orang sulit berhenti merokok bisa karena pola kebiasaan serta candu. Candu atau kecanduan merupakan hal yang sulit dilepaskan.

Candu rokok berasal dari zat nikotin yang ada di dalam rokok tersebut. Dia punya efek candu yang cukup besar. Maka bagi perokok akan sulit sekali menghentikan rokoknya.

Candu itu akan mengikat siapapun yang merokok. Saat orang merokok, nikotin akan masuk ke dalam paru – paru. Tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan.

Sebab zat tersebut akan mengalir dalam darah perokok. Seperti halnya oksigen yang mereka hirup setiap hari saat bernafas.

Nikotin yang ada dalam darah itu akhirnya akan diteruskan ke otak, lalu mengaktifkan hormon yang disebut dengan hormon dopamin untuk dilepaskan.

Dopamin adalah zat kimia yang membuat seseorang merasakan sensasi enak, nyaman dan tenang. Itulah yang membuat perokok sulit berhenti, karena ia kecanduan rasa enak dan nyaman tersebut. Ia lebih memilih merasakan perasaan senang sesaat daripada efek kesehatan jangka panjangnya.

Ketika pecandu rokok ingin berhenti merokok, ia akan mengalami gejala seperti sakit kepala, pusing, mual-mual, bergetar, batuk, mulut kering, pusing-pusing, lemah, sakit perut, lapar, insomnia bahkan frustasi. Oleh sebab itu, banyak perokok yang sulit berhenti karena menghindari gejala-gejala tersebut.

Baca Juga : Kenapa Air Panas Tidak Bisa Pecahkan Gelas Ketika Diberi Sendok ?

2 thoughts on “Kenapa Kita Sulit Berhenti Merokok

  1. Candu rokok berasal dari zat nikotin yang ada di dalam rokok tersebut. Dia punya efek candu yang cukup besar. Maka bagi perokok akan sulit sekali menghentikan rokoknya.

    Candu itu akan mengikat siapapun yang merokok. Saat orang merokok, nikotin akan masuk ke dalam paru – paru. Tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan.

    Sebab zat tersebut akan mengalir dalam darah perokok. Seperti halnya oksigen yang mereka hirup setiap hari saat bernafas.

  2. betul sekali mas nda, dan saya sangat sulit sekali meghentikan rokok..haha..hadoh, apalagi kalau sedang online sambil ngopi..biuh..susaaah..btw, thanks dah mampir di sini mas nda..saya kunbal ke meja365..joss!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *