Kenapa Kita Sering Merasa Lelah Dan Mengantuk ?

oleh
kenapa sering lelah
sumber : pixabay.com

Kenapa Kita Sering Merasa Lelah Dan Mengantuk ? Suatu hari saya terlambat masuk kantor. Dan ketika itu di tanya sama pimpinan saya. Kenapa wajahmu mengantuk terus ? Saya pun bilang bahwa tadi malam nonton bola sampai pagi. Maklum, saya suka lihat bola walau gak bisa bermain bola. Hehe. Atasan saya pun berkata jika selama ini melihat serta memperhatikan saya. Dia bilang bahwa saya terlihat mengantuk dan lelah setiap hari.

Padahal menurutnya, aktivitas serta rutinitas kerjaan kantor tidak terlalu berat. Tidak setiap hari ada lemburan. Memang akhir – akhir ini gejala tubuh saya sering terasa letih dan lelah. Dan hal itu juga diimbangi oleh rasa kantuk dengan sering menguap. Jika tak tertahankan lagi, biasanya saya pulang sejenak dan tidur pada waktu jam makan siang. Saya memang suka begadang di depan laptop. Menulis blog, menawarkan produk yang saya jual, atau sekedar browsing. Selain itu, jika ada acara sepakbola tidak jarang saya nonton juga sampai selesai.

Saat online, biasanya saya menghabiskan minimal 3 gelas kopi. Belum lagi kepulan asap rokok yang selalu menemani aktivitas online saya.

Rasanya saya baru bisa berpikir serta mendapatkan ide dengan seperti itu. Mungkin minum kopi ini adalah kecanduan saya.

Begitu pula kecanduan online. Wajar jika di siang hari, tubuh terasa lelah dan letih serta sering mengantuk karena malamnya saya kurang tidur.

***

Apabila anda merasa letih dan lelah sesungguhnya itu merupakan suatu hal yang wajar. Pasca beraktivitas seharian, wajar jika kemudian tubuh menjadi lelah.

Kelelahan tersebut akibat aktivitas yang meningkat. Untuk itu kita perlu beristirahat. Akan tetapi, jika lelah atau rasa letih terjadi terus menerus, atau datang saat kita tidak melakukan aktivitas berat, tentu harus diwaspadai.

Terkadang kelelahan itu kemudian diiringin dengan rasa mengantuk. Dan saat beraktivitas pun kita sering menguap.

Hal ini bisa menghambat aktivitas kita. Apalagi jika hal itu terjadi secara terus menerus hampir setiap hari.

Pekerjaan pun bisa terganggu dengan hal ini. Kenapa kita sering merasa lelah ? Barangkali hal – hal berikut bisa sedikit memberikan gambaran atau jawaban.

  1. Anda kurang tidur

Kurang tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan dan konsentrasi Anda. Tidur yang disarankan adalah 7-8 jam sehari pada waktu malam. Nah, saya ini tidak memenuhi syarat itu. Jadi, saya jangan dijadikan contoh. Karena itu tidak baik.

Bagi mereka yang kekurangan jam tidur sebaiknya hindari kafein beberapa jam sebelum tidur. Hendaknya jadikan aktivitas tidur sebagai prioritas untuk mengembalikan tenaga. Yang saya lakukan itu tidak baik, saya paham akan hal itu. Bisa menjadi gambaran untuk anda ya, jika susah tidur maka kurangi asupan kafein misalnya dengan mengurangi minum kopi.

  1. Sering mengalami sleep apnea.

Saya kalau tidur itu ngorok. Sampai – sampai istri saya jadi terganggu. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitas napas dan terjadi berulang-ulang.

Sleep apnea juga berkaitan dengan berbagai penyakit, seperti hipertensi, gangguan jantung, diabetes, dan stroke. Sleep apnea terjadi akibat penyempitan saluran napas selama tidur. Mendengkur bisa menjadi gejala dari sleep apnea, yaitu keadaan  seseorang mengalami henti bernapas beberapa kali saat tidur.

Apnea ini adalah disebabkan saluran pernafasan anda tersekat ketika tidur. Menyebabkan anda berdengkur dan kemudiannya tidak bernafas. Selepas itu secara tiba-tiba anda terbangun sesak nafas.

Saya mengalami hal ini. Jadi sebaiknya sekali lagi, ini bukan contoh yang baik. Tentunya anda bisa mengambil keputusan sendiri ya.

  1. Jarang sarapan atau makan

Hal ini juga sering saya alami sendiri. Kalau pagi saya agak terlambat sarapan. Makan yang terlalu sedikit menyebabkan tubuh kelelahan, tetapi menyantap makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Diet yang tidak seimbang boleh menyebabkan paras glukosa berkurang dan membawa kepada rasa letih.

Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan kebiasaan olahraga secara rutin, supaya tubuh melepaskan endorfin secara berkala, sehingga tubuh bisa menyesuaikan diri dengan aktivitas anda sehari-hari.

Dampaknya tubuh akan terlihat fit, fresh dan bertenaga. Saya jarang olahraga. Biasanya olahraga “malam”, dan itu membuat energi banyak terkuras.

Tubuh manusia menggunakan banyak energi untuk memproses karbohidrat. Inilah yang membuat tubuh terasa lemas dan lelah. Oleh karena itu, ganti asupan karbohidrat di pagi hari dengan makanan berserat, misalnya buah-buahan, supaya tubuh tidak bekerja terlalu keras untuk mengolahnya.

  1. Anda mengalami anemia

Mengeluarkan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ. Karena saya laki – laki, maka saya tidak mengalami yang namanya menstruasi.

Masalah ini biasa menimpa wanita yang memiliki periode menstruasi yang berat. Anemia bisa diatasi dengan pola konsumsi kaya besi, konsumsi daging merah, sayura berdaun, dan suplemen jika kekurangan zat besi kronis. Tidak jarang penderita anemia terlihat pucat serta melemah daya konsentrasinya.

Biasanya kondisi anemia ini terjadi akibat pendarahan dalam jumlah yang besar seperti menstruasi berlebihan, BAB hitam dan muntah darah.

  1. Mungkin anda Depresi atau Stress

Anda mungkin berpikir depresi hanyalah gangguan emosi. Namun, ternyata hal ini juga berhubungan dengan gejala fisik. Bila merasa lelah disertai sedih, kehilangan selera makan, dan tidak bisa menimati hal yang menyenangkan, kemungkinan depresi sedang mengintai.

Badan kita akan mudah lemah dan tak bertenaga dengan tekanan yang perlu ditanggung oleh otak dan badan kita. Manusia tentu memiliki masalah, dan masalah itulah yang akan membuat hidup mengalami stress.

Tergantung bagaiman diri Anda menyikapinya, stress yang berlebih akan menyebabkan otak Anda menggunakan banyak energi sehingga akan banyak melepaskan adrenalin. Coba rasakan saja, jika anda stress. Pasti melelahkan.

  1. Kebanyakan Ngopi

Saya sering melakukan ini. Bisa dalam sehari kalau dihitung 5-6 gelas kopi saya minum. Namun, tidak habis segelas. Paling – paling separo gelas saja.

Jadi saya boros kopi. Kopi mengandung kafein. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

Konsumsi kafein dan gula bisa menyebabkan seseorang merasa lebih lelah karena gula darah yang berfluktuasi drastis. Untuk keseimbangan gula darah yang lebih baik, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur, buah, dan sumber protein yang rendah lemak.

7. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Nah, ini terbukti pada diri saya. Saya pernah mengalamainya. Suatu hari boyok atau pinggang saya sakit amat sangat. Dan saat di kantor saya ijin atasan untuk ke dokter. Dokter bilang saya terkena ISK. Ini disebabkan saya kurang minum air putih.

Dan mungkin juga karena keseimbangan antara kopi dan air putih pun tidak sinkron. Mestinya saya juga minum banyak air putih. Dalam beberapa kasus, kelelahan mungkin satu-satunya tanda Anda terkena ISK.

Anda dapat melakukan tes urine untuk memastikan ISK. Pergilah ke dokter, jika mengalami sakit pinggang yang amat sangat sehingga rasanya sampai ke kaki. Nyeri dan sakit.

8. Diabetes

Jika mengalami pandangan kabur, sering buang air seni, dan merasa lelah sebaiknya segera tes darah. Ini mungkin gejala diabetes. Tapi sepertinya ini tidak terjadi pada saya. Namun jika terjadi pad anda, sebaiknya segera budayakan pola hidup sehat. Olahraga yang teratur dan tidur teratur.

9. Dehidrasi

Kelelahan bisa jadi tanda Anda terkena dehidrasi. Meskipun Anda bekerja di luar atau berkutat di atas meja, tubuh tetap membutuhkan air untuk bekerja dengan baik dan tetap tenang. Badan yang senantiasa berpeluh dan banyak nutrisi hilang bersamanya.

Dengan kondisi ini, tekanan darah akan turun dan menyebabkan darah menjadi lebih pekat. Akibatnya, kinerja jantung yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh juga menjadi terganggu.

10. Penyakit Jantung

Ketika Anda merasa kelelahan akibat kegiatan rutin, seperti membersihkan rumah atau menyiangi halaman, bisa jadi itu pertanda jantung tidak bekerja dengan baik.

Disarankan bagi mereka yang sering merasa kelelahan untuk lebih dulu mengevaluasi dan membenahi tiga hal paling mendasar, yaitu pola tidur, makan, dan olahraga.

Karena terkadang membenahi hal sederhana dapat memperbaiki semua masalah.

Ini berdasarkan pengalaman saya. Saya sadar pola hidup saya tidak sehat. Saya kurang tidur, jarang berolahraga, terlalu banyak konsumsi kafein, sering depresi dan sakit nyeri di dada. Apakah itu salah satu ciri penyakit jantung, katanya sih begitu. Semoga saja saya tidak mengalaminya.

Uraian ini, sebagai informasi saja. Jika ada yang ingin menambahkan mengenai kenapa tubuh kita mudah lelah. Silahkan beri komentar, supaya kita sama – sama tau ilmunya dan menerapkan hal yang baik tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *