Kenapa Kita Mempunyai Air Mata

oleh
kenapa kita mempunyai air mata

Mata adalah alat panca indera bagi manusia. Tuhan memberikan keindahan dunia yang bisa kita lihat dengan mata kita. Mata merupakan salah satu alat vital bagi kita. Sebab, mata sangat sensitif terhadap benda yang masuk ke dalamnya. Saat kita menangis, kita akan mengeluarkan air mata. Kenapa kita mempunyai air mata.

Mata mempunyai sistem kolam khusus, kolam itu disebut dengan air mata. Mata mempunyai kelenjar lakrimal. Nah, kelenjar inilah yang memproduksi air mata kita.

Kelenjar ini bekerja setiap kita mengedipkan mata kita. Ada cairan yang akan membasahi mata kamu. Cairan ini keluar dari saluran kecil yang ada di kelopak mata atas. Dan hal ini akan membantu kita membersihkan kuman, debu dan partikel atau benda asing yang masuk ke mata kamu.

Fungsi cairan ini adalah menjaga agar mata kamu tidak menjadi kering. Cairan ini keluar melalui saluran lakrimal atau saluran air mata. Jika kamu menarik sudut mata bagian bawah, maka kamu akan melihat saluran air mata tersebut.

Ketika air mata banyak keluar, ini adalah cara mata untuk melindungi diri. Contoh, ketika kamu mencolok mata kamu maka akan keluar cairan seperti ketika kamu menangis. Selain itu, misal kita berada di sekeliling orang yang merokok dan asapnya mengenai mata kita maka kamu akan merasa pedih dan mata mengeluarkan cairan seperti saat menangis.

Nah, saat kamu merasa kehilangan atau merasa sedih, takut atau berduka maka mata kita akan mengirim sinyal ke otak untuk membuatmu menangis. Akhirnya sinyal itu akan membuat kelenjar mata kamu lebih banyak mengeluarkan cairan air mata melalui saluran air mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *