Kenapa Kita Bisa Galau ? Cara Ini Bisa Mengatasi Kegalauan Kamu, cobalah !!

oleh

Kita sering mendengar istilah galau. Galau merupakan salah satu bentuk frustasi yang cenderung pada rasa gelisah tak menentu. Ini bisa dikarenakan banyak hal. Baik dari dalam diri kita sendiri maupun orang lain atau lingkungan sekitar. Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika mengalami hal ini ? Sebagian orang melakukan hal tertentu dalam menanggapi perasaan tak menentu yang di hadapinya. Tidak sedikit respon terhadap hal ini menimbulkan permasalahan baru yang seharusnya tidak perlu terjadi. Kita bisa belajar membatasi persoalan yang muncul dan kemudian menemukan solusi yang terbaik dalam mengatasinya.

Salah satu sikap diri yang bisa dilakukan adalah dengan menerima kenyataan yang terjadi. Menerima kenyataan merupakan sikap realistis dan logis. Sebab kejadian yang dihadapi saat ini sudah menjadi kewajiban kita melaluinya dengan sebaik mungkin. Tak perlu menyalahkan siapapun. Proses tersebut sedang kita alami.

Cara yang bisa kita coba lakukan adalah memahami apa yang sedang terjadi tersebut. Kenapa hal itu bisa terjadi pada diri kita. Dan apa yang mestinya kita lakukan. Jika anda mengalami sesuatu hal yang tidak bisa di terima oleh perasaan hati, ikutilah terlebih dahulu dengan proses yang baik. Jangan terlalu menjustifikasi sesuatu yang belum kita pastikan, bahwa hal itu tidak seharusnya kita alami.

Galau Bisa Di Alami Oleh Siapapun, Kapanpun dan Dimanapun

Mungkin yang menimpa kita merupakan sebuah cobaan karena doa kita untuk naik kelas. Artinya, kita memohon kepada-Nya hal yang baik, sesuatu yang lebih mengenai kehidupan duniawi. Misalkan sebuah kekayaan, keberhasilan serta kesuksesan. Sadari dari awal, konsekuensi sebuah upaya adalah proses yang kita alami saat itu. Bisa jadi masalah yang dihadapi sebagai bagian dari proses atas keinginan tersebut.

Artinya apa, bahwa masalah itu merupakan tahapan untuk kita sikapi dengan baik. Jangan mengambil bagian sikap yang tidak seharusnya dilakukan, yaitu dengan kegalauan atau frustasi berlebihan. Anggap saja ini merupakan prosesnya. Adilnya menyikapi hal itu adalah dengan menjalani dengan tingkat kedewasaan dan kesabaran.

Petakan permasalahan yang ada dalam beberapa ruang. Persempit kondisi itu dan cari solusinya. Ketika kita mengalami masalah dikarenakan faktor emosi yang cepat muncul dalam diri kita, maka upayakan anda bersikap lebih sabar.

Belajarlah merespon permasalahan dengan baik. Saat anda memahami bahwa anda mudah sekali marah, coba diam sejenak dan renungkan. Ketika suatu hari anda marah, lalu muncul masalah. Maka dipastikan anda belum bisa mengendalikan emosi dengan baik. Pengendalian emosi bisa membantu kesehatan tubuh anda. Sebab jika marah, anda merasa tekanan darah naik. Bisa jadi kelancaran oksigen yang mengalir dalam darah terganggu atau mengalami peningkatan aktivitas.

Efek Kegalauan Pada Kesehatan Tubuh Kita

Hal ini bisa menjadikan kepala kita pusing. Tubuh menjadi letih dan lesu. Akhirnya imun tubuh tak mampu menahan beban yang ada dalam pikiran kita. Apa yang terjadi kemudian ? Tiba – tiba kita menjadi sakit. Dengan sakit kita baru bisa istirahat, pikiran agak tenang dan tersadar ternyata puncak emosi yang belum bisa kita kendalikan dengan baik menyebabkan anda sakit. 

Kurangi pikiran atau perasaan yang membawa suasana melow. Saat anda menghadapi kekecewaan terhadap sesuatu, jangan di pikir mentah dan terlalu dalam. Jangan bawa perasaan, istilah kerennya “baper”. Hidup anda sangatlah berharga. Setiap nafas yang kita dapatkan merupakan anugerah Tuhan. Artinya, syukuri dengan mengendalikan diri dengan baik. Apapun yang kita lakukan sebaiknya merupakan hal positip yang berdampak baik bagi kehidupan kita saat ini.

Cara lain untuk menghadapi kegalauan adalah memanajemen waktu dengan baik. Kita bisa menghabiskan waktu berjam – jam hanya merenungi masalah itu. Apakah ini akan menjadikan lebih baik ? Tentu saja tidak. Sebab akan banyak waktu yang terbuang dengan sia – sia. Energi diri anda pun seolah cepat terkuras. Sehingga anda merasa cepat lelah.

Mengatasi Rasa Galau

Saat anda galau, coba pikirkan apakah anda sudah melakukan kepedulian pada lingkungan anda. Bentuk kepedulian bermacam – macam. Misalkan saja meletakkan gadget sejenak dan melihat sekitar dengan tulus. Rebahkan diri di lantai sejenak, biarkan energi menyebar dengan baik. Berpikirlah sepositif mungkin. Tenangkan pikiran anda, dan mulaila perlahan membantu pikiran menemukan solusi yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Kurangi rasa dendam terhadap sesuatu yang terjadi pada diri anda. Anggaplah hal yang membuat perasaan dendam itu sebagai penyemangat hidup. Hidup jangan tersia – siakan dengan membuang waktu hanya karena dendam. Toh orang yang kita anggap musuh, belum tentu memikirkan hal yang sama untuk diri kita.

Selain itu, ubahlah mindset yang ada dalam diri anda. Kebiasaan atau pola kurang baik harus segera anda hilangkan perlahan. Artinya pengendalian diri sebaik mungkin akan pola emosi yang ada pada diri kita. Saat sebelumnya kita melakukan hal kurang baik, imbas yang terjadi tidak lebih baik dari yang seharusnya kita alami jika kita mampu kendalikan diri.

Yang terakhir adalah penuhi rasa syukur kepada Tuhan. Berterimakasihlah atas apa yang anda dapatkan dalam hidup anda. Tuhan Maha Tahu apa yang terbaik buat anda. Terkadang DIA memberikan apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Renungkan, semoga ini bermanfaat untuk anda yang sedang galau.

Baca Juga : Kenapa Kapal Tidak Bisa Tenggelam ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *