Kenapa Ikan Merupakan Hewan Vertebrata

oleh
kenapa ikan vertebrata

Ketika kita mengamati cacing dan katak, akan ada perbedaan di antara hewan tersebut. Cacing adalah merupakan hewan tingkat rendah. Hewan tersebut tidak mempunyai tulang belakang. Cacing ini masuk ke dalam kategori hewan Avertebrata. Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang.

Katak mempunyai tulang belakang, maka katak adalah hewan Vertebrata. Hewan Vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang. Ketika kita makan ikan, kita akan melihat adanya tulang belakang pada ikan tersebut. Yang biasanya kita sebut dengan duri Ikan.

Ikan disebut sebagai hewan Vertebrata karena mempunyai tulang belakang. Ciri lain hewan vertebrata adalah biasanya mempunyai ukuran lebih besar dari avertebrata.

Hewan vertebrata juga lebih pintar, memiliki sistem syaraf yang lebih canggih dibandingkan dengan avertebrata. Namun, tentunya kepandaian hewan tidak sama dengan manusia. Misal ikan lele kepandaiannya tidak sepadan dengan kamu. Nah, jika perbandingannya adalah sesama hewan misal anemon laut, maka lele lebih pandai.

Kelebihan hewan avertebrata lainnya adalah hewan tersebut mempunyai otot dan tulang. Otot berfungsi membuat hewan vertebrata bergerak, dan tulang berfungsi untuk membentuk tubuh lebih kuat.

Yang masuk dalam hewan vertebrata antara lain adalah Ikan ( pisces ), Amphibi, Reptil, Aves ( burung ) dan Mamalia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *