KENAPA DONOR DARAH MEMBUAT KITA SEHAT

oleh
kenapa donor darah

Haloow Nda…pernah dengar kata donor darah? Pasti sering dong ya..di sekolah-sekolah kita sering melihat ada kegiatan dengan nama Doras, alias Donor Darah Siswa. Waah…masih status pelajar dah berani donor darah ya? Apa sich donor darah itu, kok mereka tidak takut ya darahnya diambil? Nach…ini nich penjelasannya. Para pelajar yang mendonorkan darah atau disebut juga dengan Relawan donor darah tahu bahwa dengan donor darah akan menyebabkan tubuh menjadi lebih sehat.

Koq bisa ya darah diambil malah jadi sehat? Itu uniknya Nda… ternyata sel darah merah dalam tubuh kita itu aktif hanya selama 120 hari. Artinya sel darah merah dalam kurun waktu 4 bulan akan mati Nda..Nach kalo kita rutin donor darah 3 bulan sekali maka darah dalam tubuh kita akan digantikan dengan darah baru. Sehingga tubuh akan semakin terasa segar dan produktifitasnya pun jadi meningkat.

Sehat Dengan Donor Darah

Wah..asyik ya Nda untuk sehat saja mudah..tapi ada syaratnya. Menjadi relawan donor darah harus berusia 17- 60 tahun khusus usia 17 tahun harus mendapat izin tertulis dari orangtua.

Donor Darah Itu Baik

Memiliki berat badan minimal 45 kg, suhu tubuh 36,6 – 37,50 C dan tekanan darah normal yaitu tekanan darah atas (sistole) antara 110 – 160 mmHg dan tekanan darah bawah (diastole) antara 70 – 100 mmHg. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/menit dengan kadar Hemoglobin perempuan minimal 12 gram sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram.

Dengan donor, menjaga kesehatan tubuh kita

Selain sehat Nda, banyak manfaat yang kita peroleh apabila kita mendonorkan darah kita, antara lain kita bisa check up gratis Nda…kita bisa tahu tekanan darah kita, kadar Hemoglobin dan dapat dideteksi beberapa penyakit antara lain Hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis dan HIV. Oiya Nda… relawan donor darah juga cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung karena dengan donor darah dapat menstabilkan kadar zat besi dalam darah sehingga bisa mengurangi terjadinya oksidasi kolesterol. Dan jangan khawatir Nda… darah yang diambil hanya 350 cc kita tidak perlu takut akan kehabisan darah. Yuck ikutan donor darah!

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

One thought on “KENAPA DONOR DARAH MEMBUAT KITA SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *