KENAPA BUAH KESEMEK ADA BEDAKNYA

oleh
buah kesemek

Hai Nda…Hari ini aku ikut bunda ke pasar. Suasana ramai dan sesak penuh orang. Bunda sedang mencari buah jeruk untuk hidangan arisan keluarga besok pagi. Sambil menunggu bunda memilih buah, tak sengaja aku melihat buah aneh yang berwarna hijau kekuningan dan penuh dengan bedak putih bertabur diatasnya. Iiih.. kok buah kayak gitu dijual sich?

Aku tanya ke bunda, dan bunda malah membeli buahnya. Sekilonya cukup murah dibandingkan harga jeruk. Wah..enak gak ya Nda? Sampai di rumah bunda mencuci buah tadi trus dikupas. Warna daging buahnya bagus lho Nda, warna orange segar tanpa biji, ragu-ragu juga sich mau makan…tapi kata bunda enak. Bener Nda.. enak banget, segar dan manis.

Nah..sambil makan buahnya bunda cerita bahwa nama buah itu adalah buah kesemek, ada pula yang menyebutnya dengan sebutan buah genit, he he…lucu ya Nda. Disebut genit karena pakai bedak. Tapi kalau di negara Inggris buah ini namanya Oriental Persimmon, di Vietnam dikenal dengan nama Hong dan di Cina dinamakan Shi.

Munculnya “bedak” pada buah kesemek

kenapa buah kesemek ada bedaknya

Trus aku tanya ke bunda kok buahnya bisa ada bedaknya? bunda cerita bahwa buah kesemek sebenarnya ada dua jenis, yang satu sepat dan yang satu tidak sepat. Yang tumbuh di Indonesia adalah jenis buah yang sepat. Nach..untuk menghilangkan rasa sepat pada buah kesemek dilakukan perendaman terlebih dahulu di larutan air kapur selama minimal 24 jam. Dari larutan air kapur inilah yang meninggalkan bercak-bercak putih pada kulit buah kesemek. Ooo… ternyata bedak di buah kesemek bukan asli dari pohonnya, tapi karena larutan air kapur. Oleh karena itu harus dicuci yang bersih dulu sebelum dimakan.

Oiya Nda..asal buah ini sebenernya datang dari Daratan Cina. Nama latinnya Diospyros Kaki Thunb. Buah kesemek segar kaya akan serat, mineral dan vitamin. Kandungan serat buah kesemek jauh lebih tinggi dibanding buah apel. Dalam setiap 100 gram kesemek terdapat 3,6 gram serat, sedangkan dalam apel hanya 2,4 gram. Kandungan karbohidrat dalam Kesemek mencapai 19 gram, karbohidrat tersebut terdiri dari 3,6 gram serat dan sekitar 13 gram gula. Vitamin utama yang terdapat dalam buah Kesemek antara lain Vitamin A, B6, C dan K. Manfaatnya bisa untuk menurunkan kolesterol, hipertensi, jantung, diabetes melitus, batuk dan asma. Buah ini dapat memberi kenyang lebih lama, jadi bisa buat diet Nda. Selamat menikmati buah genit.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *