Kenapa Anda Khawatir Saat Memasuki Usia Pensiun?

oleh
kenapa takut usia pensiun

Pensiun bagi seorang pegawai itu pasti. Apalagi jika kita bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Aturan pensiun jelas. Di kutip dari wikipedia, Pensiun adalah seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri (pensiun muda). Seseorang yang pensiun biasanya hak atas dana pensiun atau pesangon. Jika mendapat pensiun, maka ia tetap dana pensiun sampai meninggal dunia. Aturan mengenai pensiun tertuang dalam Undang – Undang Nomor 11 Tahun 1969 tentang PENSIUN PEGAWAI DAN PENSIUN JANDA/DUDA PEGAWAI.

Pensiun pegawai dan pensiun janda/duda menurut Undang-undang ini diberikan sebagai jaminan hari tua dan sebagai penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas Pemerintah. Kebutuhan hidup tidak akan berhenti meskipun kita sudah tidak lagi produktif bekerja, untuk itu kita membutuhkan penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan di saat pensiun. Masa pensiun tidak bisa dihindari. Oleh siapapun, dalam pekerjaan apapun. Masa pensiun pasti tiba. Ketika usia sudah tua, produktivitas mereda.

Kita tetap wajib merencanakan hari tua. Misalkan bergabung dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau Dana Pensiun Pemberi Kerja. Persiapan masa pensiun/uang pensiun dengan pemilihan program pensiun yang tepat sesuai dengan kemampuan finansial,biaya dan waktu akan menghilangkan sedikit kekhawatiran serta ketakutan saat usia pensiun tiba.

Dalam UU No 11 Tahun 1969 dijelaskan mengenai pembiayaan pensiun. Bagi pegawai negeri/bekas pegawai negeri yang terakhir sebelum berhenti sebagai pegawai negeri atau meninggal dunia, berhak menerima gaji atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, menjelang pembentukan dan penyelenggaraan suatu Dana Pensiun yang akan diatur dengan Peraturan Pemerintah; dibiayai sepenuhnya oleh Negara.

Hidup akan berakhir. Ketika rambut penuh uban, daya ingat pun menurun. Daya tahan tubuh mulai mengendur, lalu cepat lelah. Itulah tanda-tanda usia pensiun tiba.

Masa pensiun terkadang menjadi momok bagi sebagian besar orang. Bahkan masa pensiun bisa menakutkan, menyeramkan. Karena banyak orang, tidak siap untuk memasuki masa pensiun.

Masa pensiun perlu direncanakan dengan matang karena dengan perencanaan yang baik maka Anda akan dapat melihat secara jelas setiap langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan yang akan dicapai

Masa pensiun merupakan masa-masa perubahan drastis yang dialami dalam kehidupan setiap orang. Biasanya, orang akan menghabiskan waktu selama 4 dekade dalam sebuah lingkungan pekerjaan.

Salah satu alasan umum yang menjadi pertimbangan seseorang memutuskan untuk tidak mengambil pensiun dini dikarenakan rasa takut akan tabungan mereka yang mungkin tidak dapat mencukupi kebutuhan gaya hidup mereka seperti pada masa mereka masih bekerja dan menghasilkan gaji bulanan.

Ketakutan akan kehilangan identitas merupakan alasan umum seseorang dalam menghadapi masa pensiun. Pada kenyataannya, masa pensiun dapat memberikan waktu kepada kita untuk dapat menggali lebih dalam mengenai berbagai kreativitas kita dari dalam diri yang belum muncul saat kita memiliki kesibukan pada masa-masa bekerja.

Pensiun akan mendatangkan keadaan yang membosankan karena mereka tidak bekerja dan memiliki banyak waktu kosong. Pensiun sebetulnya bukan berarti bahwa Anda harus berhenti melakukan pekerjaan atau aktivitas sepenuhnya. Beberapa orang memanfaatkan masa pensiun ini untuk melakukan berbagai kegiatan atau bisnis wirausaha.

persiapan pensiun

Masa pensiun itu bukanlah sebuah tempat , melainkan sebuah kondisi yang yang harus dipersiapkan, direncanakan dan diciptakan. Banyak orang takut pensiun. Karena selama ini tidak siap. Karena selama ini meremehkan masa pensiun. Terbuai oleh masa bekerja sehingga uang digunakan untuk gaya hidup, untuk konsumerisme.

Pensiun, tidak perlu takut. Bila kamu sudah mulai menyisihkan sebagian dana untuk masa pensiun. Bila kamu punya dana pensiun yang cukup dan memadai.

Pensiun bukanlah akhir dari masa hidup Anda, melainkan sebuah awal dari suatu kehidupan yang baru yang akan Anda masuki.

Sudahkah kita memikirkan dan merencanakan dengan jelas hal-hal yang perlu dipersiapkan pada masa menjelang pensiun dan hal-hal yang akan kita lakukan pada masa pensiun ?

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *