Kenapa Anak Sulit Di Atur

oleh
anak sulit di atur
sumber : pixabay

Halo orang tua, bagaimana kabar nya hari ini. Kali ini saya akan membahas mengenai sebuah pertanyaan kenapa anak sulit di atur. Dunia ini semakin tua, sebagaimana kita juga sebagai orang tua pun akan semakin menua. Dan akhirnya kembali ke pada-Nya. Lalu, apakah kita sudah mempersiapkan sebaik mungkin. Termasuk memberikan bekal pendidikan yang baik untuk buah hati kita ?

Kesibukan bisa menjadi bumerang bagi sebuah keluarga. Manakala kita tidak segera menyadari bahwa hidup ini bukan saja mencari keduniawian. Ketika kita sibuk mencari harta, bekerja siang malam adakalanya satu hal akan tertinggal. Yaitu kasih sayang kepada anak – anak kita. Kenapa ? Karena bisa jadi dengan sibuknya kita mencari harta untuk kebutuhan, waktu kita habis. Pergi pagi pulang petang, sampai di rumah capek dan butuh istirahat.

Apalagi bagi yang terbiasa dan secara tidak sadar hidupnya tersandera oleh gadget. Coba, perhatikan sekeliling kita. Kita melihat banyak yang dekat serasa menjadi jauh. Manakala kebersamaan yang seharusnya diisi dengan canda tawa bersama anak – anak, kita malah tersenyum tertawa dengan benda mati yang disebut dengan handphone. Ya gak?

Jika ini dibiarkan, menjadi sebuah kecanduan yang sulit untuk diubah. Mau tidur yang diingat hape, bangun tidur yang dicari pertama kali juga hape. Ada apa sih dengan hape ?

Sedangkan, anak kita pun kita biarkan menikmati dunianya sebebas mungkin dengan dunia hape. Nah ! Sadari dari sekarang ya, ingat, waktu tidak bisa kembali. Jangan dihabiskan untuk sekedar menikmati dunia maya yang sama sekali akan menghabiskan waktu kita untuk bersama dengan buah hati.

Kembali ke pertanyaan, kenapa anak sulit di atur ? Maka coba kita kembalikan pada diri kita sendiri. Kita tanya hati nurani kita yang paling dalam. Sudahkah kita berikan perhatian serta kasih sayang pada mereka.

Jangan kalah dengan kondisi saat ini. Pengaruh gadget dan tekhnologi digital saat ini luar biasa. Pasti anda suatu ketika merindukan kebersamaan seperti saat masih kecil dulu kan ?

Memang, era saat ini kita dimudahkan untuk berkomunikasi. Dengan itu, kita harus bijaksana dan memahami kondisi serta kemanfaatannya. Berikan banyak waktu untuk dekat dengan anak.

Anak sulit di atur bisa karena perhatian orang tua yang kurang. Perhatian bukan diartikan bahwa segala permintaannya harus kita penuhi. Namun, kedekatan emosional yang harus kita dapatkan dari mereka.

Selain itu, pendidikan dalam keluarga sangat penting. Upayakan untuk beribadah bersama sejak dini. Berika pemahaman yang baik dan boleh dilakukan maupun yang tidak boleh sebagaimana norma adat dan agama.

Anak sulit diatur juga bisa karena pengaruh lingkungan. Namun, jika kita sendiri sudah bisa dekat dengan mereka, memberikan perhatian lebih pada mereka. Maka, mereka tidak akan lari untuk mencari perhatian lain.

Bisa jadi lingkungan dijadikan anak sebagai tempat pelarian. Sebab, teman – temannya lebih bisa diajak bicara. Lebih care dan menyenangkan.

So, buat keluarga kita menyenangkan. Untuk kita sendiri dan juga anak kita. Jika anak sudah bosan di rumah, wah ini yang menjadi celah mereka sulit di atur.

Pengaruh lingkungan sangatlah besar. Ketika anak mendapatkan apa yang diinginkan di luar sana, dan juga kurangnya pengawasan dari kita sebagai orang tua maka mereka akan terbiasa untuk mengelak. Mereka ingin ruang lain diluar keluarga mendapatkan perhatian misal dari teman dan lingkungannya.

Banyak faktor kenapa anak sulit di atur. Namun, awal mula adalah bagaimana kita sebagai orang tua harus bersikap bijaksana.

Perhatikan dan dekatkan diri kita kepada anak – anak kita. Berikan rasa nyaman ketika bersama kita. Dan ajari untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. So, Mulailah dari diri kita sendiri!

Baca Juga : Kenapa Seorang Anak Mirip Orang Tuanya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *