Kenapa Anak Butuh Kasih Sayang Orang Tua

oleh
kenapa kita harus belajar

Jumpa lagi dalam portal kenapanda. Kali ini saya akan membahas mengenai seputar anak. Pertanyaan, kenapa anak butuh kasih sayang orang tua ? Tentunya hal ini sudah wajar adanya. Bahwa kita sebagai orang tua wajib menyayangi keluarga. Apalagi sayang terhadap anak – anak kita.

Saya sendiri sangat sayang kepada anak saya. Walaupun baru punya satu anak, kasih sayang tentunya fokus tercurahkan manakala belum ada anak berikutnya. Anak saya laki – laki, dia ganteng seperti saya. Saat ini dia duduk di kelas 3 sekolah dasar.

Sebagai orang tua yang saat ini bekerja ( saya dan istri ), mencoba untuk selalu dekat dengan anak. Bagaimanapun, kasih sayang yang terukur akan memberikan dampak baik bagi tumbuh kembang kehidupan anak. Keyakinan ini menjadi satu semangat bagi saya, sebab dialah yang nantinya akan mewarisi serta meneruskan generasi genetika dari kami berdua.

Anak sangat membutuhkan kasih sayang orang tua. Sebab, mereka akan merasa bahagia mendapatkan perhatian dari kita.

Ketika anak kita perhatikan, tumbuh kembangnya setiap hari kita akan memahami dunia mereka.

Kita pun bisa memahami apa yang mereka butuhkan saat ini. Kita bisa memberikan pendidikan terbaik, arahan yang membangun untuk masa depan anak kita.

Apalagi di era sekarang ini. Saya yakin, bahwa anak zaman sekarang sudah terbiasa bermain gadget.

Era digitalisasi membawa pergeseran budaya. Ada kalanya kita membandingkan dunia anak saat ini dengan dunia anak kita masa kecil. Pasti sangat jauh berbeda.

Dulu, kita bermain dengan teman sebaya dan kebersamaan itu selalu terkenang.

Saat ini, anak yang cenderung terbiasa bermain gadget akan asik dengan dunianya sendiri. Bahkan, ketika kita ajak bicara pun terkadang tidak nyambung atau malas menjawab.

Nah, inilah peran kita sebagai orang tua.

Mereka butuh kasih sayang kita. Sebab jangan sampai keasikan dunianya tidak terukur, tidak terkontrol dan anak pun menjadi reaktif dengan situasi saat ini.

Pengaruh gadget bagi anak sangat besar, maka mereka perlu kita dampingi sebaikmungkin.

Anak butuh kasih sayang orang tuanya. Meskipun kita sebagai orang tua terkadang merasa “tidak punya” waktu untuk mereka. Hal ini bisa disebabkan karena kesibukan kita dalam bekerja, tuntutan pekerjaan.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda segera merenung sejenak. Mereka memang butuh makan, butuh uang untuk membiayai pendidikan. Butuh pakaian yang bagus, sepatu bagus dan juga biaya kesehatannya.

Kewajiban orang tua untuk mencari nafkah mencukupi segala kebutuhan keluarga. Sebagai ayah, saya berusaha semaksimal mungkin bisa mendampingi anak saya.

Saya mencoba berkomunikasi setiap hari. Bertanya mengenai pekerjaan sekolahnya. Tentang komunikasi anak terhadap teman dan gurunya.

Saya tidak mencoba memanjakannya, atau selalu memenuhi permintaannya. Ketika keinginannya tidak rasional dengan kondisi, saya beri nasehat dan pengertian sebaik mungkin.

Kebiasaan ini perlu kita terapkan.

Kenapa ? Sebab, dengan memberikan pengertian dengan baik maka mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik. Emosinya bisa terkendali secara dini.

Intinya, kenapa kita harus sayang kepada anak kita ? Jawabannya pasti, agar anak kita menjadi anak yang baik dan ke depannya mampu menghadapi dunia dengan segala kondisi yang ada.

Jangan biarkan perhatian kita untuk anak kita kurang.

Berikan yang terbaik untuk anak kita, demi masa depan mereka.

Baca Juga : Kenapa Anak Sulit Diatur ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *