Kenapa Air Panas Tidak Bisa Pecahkan Gelas Ketika DiBeri Sendok

oleh
Kenapa Air Panas Tidak Bisa Pecahkan Gelas Ketika DiBeri Sendok

Haloo ndaa… Artikel kali ini akan mengulas terkait dengan keseharian kita. Sebuah pertanyaan kenapa, yaitu kenapa air panas tidak bisa pecahkan gelas ketika diberi sendok. Pagi-pagi gini enaknya bikin kopi panas ditemani pisang goreng yang masih hangat. Sambil duduk baca koran…trus nyruput kopi…sruuup…sueger. tapi kok pagi ini ada yang janggal..biasanya kopi dah keluar jam segini..kok mamandaku belum bikin ya?

Saya coba nengok ke dapur ada apa gerangan? Ternyata juga masih belum ada dimanakah mamandaku? Ya..daripada menunggu iseng-iseng bikin sendiri aja. Tinggal manasi air di teko. Nyiapin gelas, kasih kopi dan gula dikit nunggu mendidih trus tuang aah gampang…

Setelah beberapa saat…ngiiing….tekoku bunyi, air dah mendidih..segera saya tuang ke gelas…tapi…Tek! Waduh…bunyi apa itu? Air mengalir dari dalam gelas..lho…gelasnya retak..waah karena kena air mendidih gelas jadi pecah ini..waduh gimana, mamanda pasti marah.

“Buat apa pa? Lho kok kopinya tumpah gitu? kasih sendok dulu to pa,biar gak pecah” kata mamanda sambil membersihkan tumpahan kopi akibat gelas pecah tadi.

Karena penasaran saya coba lagi ambil gelas dengan jenis yang sama, saya kasih gula dan kopi, trus saya taruh sendok perak didalamnya trus saya tuang dengan air mendidih.

Kenapa Air Panas Tidak Bisa Pecahkan Gelas Ketika DiBeri Sendok
Sumber : Pixabay

Sendok, Gelas Dan Air Mendidih

Dan benar saja…..gelas tidak pecah!. Waah…mamandaku memang ibu yang cerdas ya. Tapi ada apa gerangan dengan sendok, gelas dan air mendidih?

Nach setelah diamati, ternyata saya inget bahwa kaca merupakan penghantar panas yang buruk. Jadi pemanasan dari bagian dalam gelas ke bagian luar gelas membutuhkan waktu lebih lama.

Hal ini mengakibatkan pemanasan yang tidak merata pula pada tiap-tiap lapisan di gelas sehingga pemuaiannya pun ikut tidak merata. Inilah yang menimbulkan tegangan yang dapat mengakibatkan pecahnya kaca.

Nach…sementara itu sendok yang bahan dasarnya dari perak merupakan penghantar panas yang baik. Kemampuan menghantar panasnya mencapai 350 kali dari kaca.

Karena itu sendok perak akan menyerap panas pertama sekaligus dan menyalurkannya ke gagangnya. Hantaran panas dari sendok ini dapat mengurangi adanya tegangan dalam gelas.

Sehingga pemanasan dan pemuaian lapisan gelas menjadi merata. Jadi aman dech..gelas tetap utuh dan kopi panas siap dinikmati…sruup…suegerrr. Jadi Kenapa Air Panas Tidak Bisa Pecahkan Gelas Ketika DiBeri Sendok ?

Baca Juga : Kenapa Tubuh Kita Bisa Tersengat Listrik ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *