Kenapa Ada Anak Kembar ?

oleh
kenapa ada anak kembar
sumber media : wikipedia

Makhluk hidup berkembang biak dengan reproduksi melalui perkawinan. Bukan saja manusia akan tetapi juga pada hewan. Tuhan menciptakan dua jenis makhluk hidup dalam species yang sama. Tujuannya agar keduanya saling mencintai serta melakukan perkawinan sehingga akan terbentuk keturunan yaitu berupa anak – anaknya.

Kita pastinya sangat berharap mempunyai keturunan atau anak. Karena dia akan meneruskan cita – cita serta perjuangan orang tua, mendoakan orang tua ketika orang tuanya telah tiada. Hasil perkawinan belum tentu sesuai dengan apa yang kita harapkan, terkadang dalam jangka waktu cukup lama setelah pernikahan kita baru di karuniai anak. Dan ada pula yang tidak mempunyai keturunan.

Selain itu ada juga yang mempunyai anak kembar. Anak kembar adalah anak yang identik hampir sama, lahir dalam waktu hampir bersamaan dari orang tua atau ibu yang sama. Terjadinya anak kembar karena adanya sel telur lebih dari satu yang di buahi oleh spermatozoid atau satu sel telur yang di buahi kemudian terbagi menjadi dua atau lebih embrio di dalam rahim seorang ibu.

Terjadinya anak kembar dipengaruhi oleh beberapa faktor

Faktor yang mempengaruhi seorang ibu melahirkan anak kembar seringkali kita temukan karena faktor keturunan. Artinya seorang ibu atau ayah yang mempunyai garis keturunan anak kembar. Ini disebut dengan faktor genetik.

Selain faktor genetik, bagi wanita yang mempunyai berat badan lebih cenderung memungkinkan melahirkan anak kembar. Akan tetapi hal ini juga ada unsur genetik juga yang menyertainya. Ibaratnya wanita dengan berat badan lebih dari idealnya, cenderung mempunyai kesempatan melahirkan anak kembar yang di dukung oleh faktor genetik tadi.

Ada juga wanita yang berusia lebih dari 30 tahun cenderung bisa melahirkan anak kembar. Akan tetapi wanita yang hamil pada usia lebih dari 30 cukup rentan. Mengingat usia sudah cukup tua atau kurang produktif, serta kondisi fisik manusia semakin tua akan semakin lemah.

Untuk mendapatkan anak kembar bisa juga dengan pemanfaatan tekhnologi. Anak kembar bisa di hasilkan dengan program bayi tabung. Memang biaya untuk hal ini cukup banyak. Program bayi tabung mempunyai tujuan untuk menstimulasi terjadinya ovulasi dalam rahim, sehingga menghasilkan lebih dari satu embrio dalam rahim.

Apakah anak anda pernah bertanya kenapa ada anak kembar ? mungkin penjelasan sederhana ini bisa sedikit membantu menjawab pertanyaan anak anda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *