Kawah Putih Ciwidey Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Di Bandung Yang Layak Anda Kunjungi

oleh
kawah putih
sumber : wikipedia

Saya ingin bercerita sedikit tentang tempat wisata di bandung yang bisa anda kunjungi saat liburan nanti. Barangkali lebaran kali ini anda dan keluarga mempunyai rencana untuk mengunjungi salah satu kota besar yang banyak mempunyai tempat wisata sekaligus kuliner yang bagus. Bandung adalah salah satu pilihan yang tepat untuk disinggahi. Rencananya kami akan kembali ke bandung ke tempat saudara kami yang tinggal di sana pada bulan September nanti.

Bandung merupakan kota yang mempunyai nilai histori tersendiri bagi saya. Kurang lebih selama empat tahun, saya menjalani pendidikan di kota ini. Tepatnya saat kuliah di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Banyak sekali kenangan yang saya peroleh di kota ini. Banyak pula teman yang sampai sekarang pun masih intens berkomunikasi, menanyakan kabar dan saling silaturahmi.

Karena kami dulu pernah menjalani pendidikan di sana, maka tahun ini pun akan ada rencana reuni khususnya sesama angkatan dan berlokasi di Bandung. Pastinya asik bertemu dengan kawan – kawan lama yang hampir 10 Tahun tidak pernah bersua seperti dulu. Nah, ada beberapa tempat wisata yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk anda saat berada di Kota ini. Saya akan mencoba memberikan gambaran mengenai hal itu, semoga bermanfaat tentunya.

Lokasi pertama yang akan saya ulas adalah Ciwidey.

Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang menyajikan pemandangan pegunungan. Udara di sana sangat sejuk sekali. Di Ciwidey ini terdapat kawah putih. Sewaktu kami melakukan praktek lapangan, kami beberapa kali mengunjungi tempat ini. 

Lokasi nya kurang lebih terletak sejauh 50 kilo meter dari Kota Bandung. Tepatnya ke arah selatan dari pusat kota tersebut. Kawah putih Ciwidey salah satu lokasi wisata yang terbentuk dari aktivitas vulkanik. Uniknya tempat ini karena air kawah yang selalu berubah warna.

Di sekitar wilayah ini pun banyak terdapat area perkebunan, utamanya adalah perkebunan teh. Suhu udara yang dingin dan sejuk, penduduk yang ramah akan membuat anda merasa betah dan nyaman tinggal di sini. Dulu kami melakukan praktek lapangan kurang lebih selama satu bulan lamanya. Dan banyak hal kita dapatkan, utamanya keramahan masyarakat setempat dalam menerima kegiatan kami.

Keindahan kawah putih pun menjadikan lokasi ini sering dikunjungi turis baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kawah ini aman untuk kita dekati, artinya kita tidak perlu kuatir dengan suhu panas di sekitarnya. Ini salah satu yang membuat banyak orang datang ke Ciwidey.

Untuk melakukan perjalanan dari pusat kota, anda membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Kawah putih Ciwidey terletak di Gunung Patuha dengan ketinggian kurang lebih sekitar 2400 meter di atas permukaan laut. Jika anda pergi ke Ciwidey maka gunakan baju hangat atau tebal misalkan sweater atau jaket berbulu. Hal ini untuk mengurangi rasa dingin yang menyentuh tubuh kita, sebab suhu di sekitar kawah mencapai 8 derajat sampai 22 derajat Celcius. Wow !

Loket di kawah putih di buka pada jam 07.00 WIB dan di tutup pukul 17.00 WIB.

Jika ada rencana pergi ke tempat ini, maka siapkan segala sesuatunya termasuk tiket masuk yang perlu anda bayar. Adapun harga tiket masuk ke kawah putih tahun kemaren ( 2015 ) per orangnya sebesar Rp. 18 ribu. Harga tersebut merupakan harga tiket untuk turis dari dalam negeri, untuk turis mancanegara yaitu sebesar Rp. 50 ribu rupiah per orang.

Biasanya di sana di sediakan kendaraan pengangkut wisatawan. Kendaraan ini sering disebut dengan mobil ontang anting. Dengan harga tiket PP dari bawah ke atas seharga Rp. 15 ribu rupiah.

Kendaraan ini yang akan mengantar kita dari lokasi parkir kendaraan pribadi di pintu gerbang sampai ke lokasi kawah di puncak yang berjarak sekitar 5 kilo meter. Kalau kami dulu saat mengunjungi tempat ini dengan berjalan kaki bersama teman – teman. Capek pun tak terasa, sembari sejenak istirahat menikmati indahnya pemandangan di gunung Patuha tersebut.

Kita bisa membawa kendaraan pribadi untuk sampai ke atas, akan tetapi tarif parkirnya lumayan mahal. Ini relatif tentunya, jika kita membawa mobil sendiri dengan tarif Rp. 150 ribu rupiah barangkali terasa mahal. Akan tetapi jika kita bareng – bareng dengan menggunakan kendaraan wisata, biaya tersebut bisa lebih ringan dengan iuran bersama. Ya kan ?

Bagaimana jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan angkutan umum yang ada di terminal Leuwi Panjang. Dan di sana banyak terdapat angkutan umum yang menuju ke Ciwidey. Sampai di terminal Ciwidey, anda bisa menggunakan angkot dengan jurusan situ patenggan kemudian turun di pintu gerbang Patuha. Di sinilah kendaraan yang dinamakan ontang anting tadi menanti anda untuk mengantar sampai di puncak kawah.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi sebenarnya cukup mudah rute yang dilalui.

Sekarang pun tersedia fasilitas Google Maps yang bisa anda fungsikan saat mencari lokasi ini. Kebetulan saudara saya bertempat tinggal di Cimahi. Jika anda berada di Cimahi rute menuju ke kawah putih yaitu dengan melalui Tol Purbaleunyi kemudian ke arah Pasteur.

Setelah itu keluar Baros – Cimahi ke Jalan Leuwigajah melewati Marga Asih lalu Patrol kemudian melewati stadiun Si Jalak Harupat ( stadio bola yang terkenal untuk pertandingan nasional ) kemudian ke arah pasir jambu dan sampailah di Ciwidey.

Jika anda dari arah jakarta, anda bisa memilih rute antara lain melewati Tol Purbaleunyi kemudian keluar Tol kopo lalu ke Bihbul sayati, ketapang, soreang, Pasirjambu kemudian Ciwidey. Biasanya rute ini melewati Jalan Kopo yang sering terkena macet. Jika dari Mohamad Toha maka rutenya adalah melewati Tol Purbaleunyi kemudian keluar Tol Muhamad Toha lalu ke arah Dayeuhkolot, Pameungpeuk, banjaran, Sorenag, Pasirjambu dan sampai ke Ciwidey.

Yang jelas tekhnologi sekarang cukup mudah untuk kita gunakan. Dengan menggunakan GPS insyaallah kita akan sampai di Ciwidey. Dan pastikan ketika membawa kendaraan pribadi, cek ricek terlebih dahulu kondisi mobil anda. Sebab jalanannya menanjak dan membutuhkan tenaga kendaraan yang kondisinya cukup bagus.

Okay itu dulu sedikit ulasan tempat wisata di bandung yaitu kawasan kawah putih Ciwidey. Kalau kesana ajak – ajak saya ya..hehe

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *