Kapan Hari Batik Nasional Dan Hari Batik Sedunia Di Peringati

oleh
hari batik nasional

Hari batik nasional apakah hari batik dunia ? Yang benar yang mana ? Kapan hari batik nasional diperingati ? Kapan hari batik sedunia diperingati ? Kenapa ada hari batik nasional dan kenapa ada hari batik sedunia? Sebelum nya marilah kita memejamkan mata sejenak dan kemudian membayangkan kain batik yang indah diterpa semilir angin diantara hijaunya rumput serta hangatnya sinar mentari pagi. Rasakan kekuatan batik itu dalam jiwa anda.

Sebagai anak bangsa hendaknya kita paham tentang peringatan hari batik nasional maupun hari batik sedunia. Jika saat ini kita lebih familier dengan bahasa internasional yaitu bahasa inggrish, dan bahasa nasional adalah bahasa indonesia. Maka, saat ini pun kita mempunyai sebuah simbol kekayaan budaya bangsa yang diakui oleh dunia, yaitu Batik. Batik diakui dunia melalui upaya yang luar biasa oleh bangsa Indonesia.

Dan proses pengakuan itupun tak mudah serta tidak begitu saja. Batik diakui sebagai kekayaan asli bangsa Indonesia melalui jalan yang panjang. Adalah klaim negara tetangga, yaitu Malaysia yang mengklain bahwa batik adalah budaya asli mereka.

Hal ini lah yang mendasari bangsa Indonesia untuk memperjuangkan bahwa Batik adalah budaya asli kita, dengan proses penominasian batik Indonesia di UNESCO tanggal 3 September 2008. Saat itu, sedang ramainya berita nasional kita tentang klaim batik oleh Malaysia.

Tanggal 2 Oktober Di Tetapkan Sebagai Hari Batik Sedunia

Bangsa kita walaupun harus menunggu selama 4 bulan agar dapat diproses oleh UNESCO. Perjuangan ini pun membuahkan hasil yang patut kita banggakan. Bahwa UNESCO pada akhirnya mengakui batik merupakan budaya asli Indonesia.

Dan pada hari Rabu, 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik Indonesia dalam daftar representatif warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi di Abu Dhabi Uni Emirat Arab.

Penetapan serta pengakuan tersebur pada akhirnya ditindaklanjuti oleh beliau Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan Kepres Nomor 33 Tahun 2009 yang menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai “HARI BATIK NASIONAL” Nah, saat itu pula dunia melalui UNESCO mengakui serta memberikan apresiasi bahwa tanggal 2 Oktober 2009 sebagai “HARI BATIK SEDUNIA”.

Hal ini juga diperjelas dalam situs WIKIPEDIA yang menyatakan bahwa tanggal tersebut adalah hari batik nasional dan juga hari batik sedunia.

Dan dalam situs resminya UNESCO tersebut juga menjelaskan bahwa Batik Indonesia mempunyai banyak makna serta simbol yang bertautan dengan kebudayaan lokal, status sosial, alam serta sejarah batik itu sendiri. batik merupakan bagian terpenting seseorang sejak lahir sampai meninggal.

Di Jawa khususnya, saat lahir seorang bayi maka biasanya kain yang dipakai untuk menggendong bayi tersebut adalah kain batik.

Dan kain batik yang dipakai cenderung batik tulis, yang mempunyai bau yang khas.

Sehingga salah satu cara untuk mengetahui batik tulis adalah mencium bau kain batik tersebut. Ketika saat mencium kain kemudian teringat masa lalu, masa kecil ketika di gendong dengan kain batik, nah kemungkinan besar itu adalah batik tulis.

Saat orang meninggal dunia pun, tradisi masyarakat Jawa juga menggunakan kain batik/ jarik sebagai pembungkus tubuh jenazah. Hal ini dilakukan secara turun temurun.

Mengingat awal dimulainya kehidupan dengan membungkus sang jabang bayi dengan kain batik, begitupun saat insan tersebut meninggal dunia.

Itulah salah satu hal yang menjadi simbol, dan dijadikannya batik sebagai simbol budaya lokal, status sosial serta sejarah proses hidup manusia khususnya masyarakat bangsa Indonesia.

Nah, sekarang sudah paham kan mengenai “HARI BATIK NASIONAL APAKAH HARI BATIK SEDUNIA”? Jawabannya adalah kedua istilah tersebut adalah benar, dan diakui dan ditetapkan bahwa tanggal 2 Oktober sebagai hari peringatan HARI BATIK NASIONAL dan juga HARI BATIK SEDUNIA !!

Baca Juga : Pengalaman Usaha Batik Yang Bisa Anda Jadikan Referensi Usaha

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *