Jiwa Korsa Apakah Masih Ada Bagi Kita ?

oleh
Jiwa Korsa Apakah Masih Ada Bagi Kita ?

Sebelum membaca lebih jauh artikel mengenai jiwa korsa, saya akan mengulas terlebih dahulu mengenai beberapa hal yang terkait dengan makna jiwa korsa. Judul tersebut menjadi pilihan saya membuat artikel ini.. Saya teringat kebersamaan ketika menjalani pendidikan di IPDN ( dulu STPDN ). Kebersamaan yang terbentuk selama empat tahun, selalu menjadi kenangan yang tidak pernah terlupakan. Bukan saja dalam hati saya, namun saya yakin semua purna praja akan merasakannya.

#Apa Sih Korsa itu… Coba kita ulas terlebih dahulu, apakah yang di maksud dengan “Korsa”. Saya mencari arti korsa di berbagai sumber tulisan, dan arti tersebut mempunyai makna yang kurang lebih sama dalam setiap ulasan mereka. Saat saya menjalani pendidikan di IPDN dulu, kata – kata korsa seringkali terucap bahkan terdengar di telinga. Kata korsa menjadi sarapan sehari – hari, yang di tanamkan pada diri saya bersama kawan – kawan seangkatan lainnya. Mulai bangun tidur di pagi hari  sampai kembali ke atas bed di malam hari, kami merasakan makna korsa selalu menjiwai setiap aktivitas kami saat itu.

Kami menjalani pendidikan dengan satu tujuan yang sama.

Bahkan, mungkin kebersamaan yang kemudian terbentuk merupakan efek dari rasa senasib sepenanggungan. Walaupun kami berasal dari berbagai daerah di Indonesia, namun kami sama – sama jauh dari orang tua bahkan sanak saudara.

Ketika menjalani pendidikan..

Susah senang dirasakan bersama dengan rekan seangkatan.

Setiap hari saya bersama mereka.

sumbe pic : imgrum

Jika ada kesulitan baik dalam menerima perkuliahan, atau pembinaan dari pengasuh maupun senior maka kami saling membantu. Saling merasakan. Kesalahan yang di perbuat oleh salah satu dari kami, maka kami semua yang akan merasakan hukuman dari kesalahan tersebut.

Dari hal ini saya pahami bahwa korsa merupakan sebuah rasa dalam diri atas tujuan yang sama, rencana yang sama, sikap yang sama, kepedulian yang sama, perasaan sama, kesetiakawanan antar kawan seangkatan.

Hal ini saya rasakan secara sadar ataupun tidak, bahwa kami saling membutuhkan satu sama lain.

Kami dididik untuk saling memahami perbedaan…

Saling memahami kondisi serta manfaat kebersamaan…

Ibaratnya, korsa merupakan sebuah kebersamaan yang terorganisasi sedemikian rupa. Terbalut dalam semangat kesatuan.

Untuk rekan purna praja atau praja IPDN, korsa ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar.

Semua pasti sudah paham dan “pernah” merasakannya.

Kenapa saya beri tanda kutip ?

Nah, ini yang ingin saya bahas di bab ini. Pernah artinya telah berlangsung, ya kan ?

Pernah adalah merasakan sesuatu yang telah terlewati masanya..waktunya..

#Jiwa Korsa Apakah Masih Ada Bagi Kita ?

Pertanyaannya, ketika dulu pernah bagaimana dengan saat ini? Bagaimana perasaan anda saat ini ? Bagaimana jiwa korsa anda..jiwa korsa kita..saat ini..

Apakah masih ada,

atau sudah tiada lagi,

atau ada di saat – saat tertentu saja ?

Oya, dalam jiwa korsa ada loyalitas dan kesetiaan. Loyalitas dan kesetiaan itu sangat penting bagi terwujudnya jiwa korsa yang baik. Korsa yang baik tentunya akan sangat bermanfaat bagi siapapun.

Bagaimana saat ini jiwa korsa masih terbentuk dan terbangun dalam kehidupan kita semua. Dimana kita sudah tidak bersama lagi di satu tempat ( Ksatrian atau Kampus IPDN )

jiwa korsa ipdn
sumber pic : JakartaGreater

Sebagai lulusan IPDN atau purna praja, kita sudah melangkah pada kehidupan masing – masing. Bekerja di tempat yang kita tempati saat ini. Kita pun tentunya sudah tidak sendiri lagi kan ? Ada keluarga yang menjadi tanggung jawab, menjadi teman setia setiap hari.

Banyak hal kita dapatkan setiap hari. Semua tentunya memberi makna dalam kehidupan yang kita jalani saat ini. Sekarang jiwa korsa kita tercermin bersama keluarga, istri maupun suami.

Contohnya saja…

Tidak mungkin kita menjadi suami istri tanpa jiwa korsa. Tanpa kesetiaan. Tanpa loyalitas. Tanpa kebersamaan.

Saat jatuh cinta dengan pasangan, ada jiwa korsa di antara anda dan pasangan anda. Bersama dalam satu tujuan, bersama membentuk keluarga serta mencetak penerus bagi anda.

sumber pic : pixabay

Ketika berupaya mencetak generasi penerus, jiwa korsa pun ada dalam jiwa kita. Saat mau bikin anak, apakah tanpa jiwa korsa ? Jika itu dilakukan tanpa jiwa korsa, kebersamaan, keihklasan untuk satu tujuan tentunya salah satu tidak merasakan adanya sebuah kenikmatan. Bukan begitu ?

Salah satu bagian dari jiwa korsa adalah dedikasi…

Dedikasi tinggi sebagai bentuk cara mengabdi..

Dedikasi merupakan sebuah cara mencintai sesuatu..

Mencintai pasangan anda, mencintai anak – anak anda..mencintai teman – teman anda dalam sebuah organisasi ataupun kelompok yang punya tujuan sama..

Jadi…

#Jiwa korsa itu penting.

Bagaimana ketika rekan kita ada masalah, jiwa korsa yang dulu “pernah” ada apakah masih bermakna sama di saat sekarang ?

Manakala, saat ini kita tidak bersama dalam satu tempat dengan rekan kita. Akan tetapi, kita punya satu sejarah yang sama dan merasakan susah senang bersama..apakah itu masih ada ?

Korsa tidak untuk digembor – gemborkan..korsa itu untuk dibuktikan..

Yang tau pasti apakah jiwa korsa kita masih ada adalah kita sendiri. Tanya pada hati nurani kita..seberapa besar hal itu kita miliki..

Saya yakin..

Jiwa itu masih ada, namun terkadang jiwa itu tertutupi oleh sesuatu yang ada dalam setiap diri manusia…apakah itu..

“Kepentingan”…

Baca Juga : Sejarah Terbentuknya IKAPTK

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *