Hati – Hati Pasca Lebaran Bisa Terkena Stroke Dan Jantung

oleh
penyakit jantung dan stroke

Tidak berlebihan kiranya jika saling mengingatkan sesama manusia. Pasca ramadhan selesai dan lebaran pun tiba, terkadang kita tidak memperhatikan pola makan. Lebaran biasanya tersaji banyak makanan enak, lebih – lebih kita habis puasa sebulan pastinya nafsu makan bertambah.

Makanan ala lebaran biasanya banyak mengandung santan, daging ayam, daging sapi atau kacang – kacangan. Misalnya mete. Selain itu, makanan lezat sering terhidangkan cukup banyak di berbagai tempat.

Saat kita mengunjungi kerabat, mereka pun menyiapkan makanan yang lezat dan enak. Makanan tersebut tanpa kita sadari bisa menyebabkan peningkatan kolesterol dalam tubuh kita. Misalnya daging sapi, otak sapi, gajih kambing, camilan yang mengandung santan, coklat, kue kering, dan masih banyak lagi.

Jenis makanan tersebut mengandung kolesterol, dimana kita yang mempunyai tekanan darah tinggi sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Penyakit kolesterol tidak hanya dialami oleh kaum tua saja, namun anak muda pun bisa mengalaminya.

Ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Dengan kata lain, kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke, dan serangan jantung.

Nah, sekedar mengingatkan saja ya. Lebaran adalah momen yang sangat menyenangkan. Namun, sebaiknya dalam mengatur pola makan kita juga mesti perhatikan ya.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *