Cara Mencari Uang Lewat Internet

oleh
cara cari uang lewat internet
sumber : www.pixabay.com

Beberapa cara mencari uang melalui internet Bagi kita netizen atau warga internet maka sudah tak asing lagi dengan dunia online. Dunia yang berhubungan dengan internet.

Dunia internet ini merupakan peluang yang luar biasa bagi kita untuk mendapatkan penghasilan. Banyak hal yang bisa kita lakukan dan coba, asal kita jeli bagaimana memanfaatkan potensi ini. Walaupun anda baru saja bergabung, istilahnya new comers atau pemula itu tak masalah. 

Semakin sering anda menggunakan internet, akan semakin banyak tau potensi yang ada di dalamnya. Saya ingin berbagi pengalaman saja, atas apa yang telah saya lakukan di dunia online. Sejak tahun 2008 saya sudah berkecimpung, tepatnya mulai aktif beraktivitas di dunia online. Hampir tiap malam pergi ke warnet menghabiskan waktu sampai dini hari dan asik dengan dunia online. 

Alhamdulillah, dari hal itu banyak pengalaman saya dapatkan. Bukan itu saja, penghasilan pun berhasil saya dapatkan, yaitu salah satunya dengan jualan online.Awalnya hanya sebagai reseller produk orang lain, buka lapak sana sini dan cari produk yang saya anggap potensi untuk di jual.

Perlahan saya menemukan pola serta produk yang di cari banyak orang.

Sebelumnya juga ada rasa ragu menjual produk tersebut, sebab dalam hati berkata apakah mungkin nanti bisa laku dan kendala apa saja yang akan saya lalui. 

Hal pertama saya lakukan adalah langsung action, saya coba beli satu produk dan kemudian saya tawarkan di Facebook. Hasilnya luar biasa, konsumen berdatangan dan laris manis.

Bukan tanpa kendala, banyak yang mencibir juga sih. Ada yang sampai mengkritik melalui wall secara tidak langsung menyindir bahwa Facebook tuh bukan tempat jualan. Ya karena mereka merasa belum butuh informasi atau produk yang saya jual. Katanya mengotori dinding wall nya, dan sebagainya. 

Ada juga yang bilang jualan kok online, orang gak tau barangnya dulu nanti jangan – jangan di tipu dengan kondisi barang yang ada. Jualan online itu seperti membeli kucing dalam karung, kasihan yang beli lah. Dan sebagainya, sering kata itu dilontarkan beberapa teman saya, walau saat ini dia pun juga berjualan online dan menikmati hasilnya. Nah lo.

Internet bukan tempat mencari kekayaan dengan mudah, cepat kaya atau berharap hanya dengan sekali masuk internet lanngsung kaya. Oh tidak! Semua pasti butuh proses, panjang pendeknya proses tergantung kemampuan kita mengolahnya. 

Dan ini bukan tentang modal banyak atau sedikit, jika orang bilang jualan online tanpa modal bagi saya itu bohong banget. Ibarat kita ke warnet aja musti bayar. Ya kan ?

Jalan yang saya alami pun tidak mulus, kadang gagal terjadi dan itu wajar bagi kita. Yang terpenting kita sudah berani mencoba, dari pada tidak ada aksi sama sekali. Saya pun bukan sekali dua kali, bahkan berkali – kali gagal. Saya pikir, ini bukan gagal tapi ini belum menemukan keberhasilan saja. 

Pengalaman saya waktu itu akan saya coba ungkapkan di tulisan ini, berguna atau tidak ya silahkan anda sendiri yang bisa memahaminya. 

1. Menjual Produk Orang Lain 

Saat itu saya searching barang – barang yang bisa saya jual. Dan beberapa produk pun saya temukan, saya coba tawarkan di blog. Blog ini cukup bermanfaat, sebagai tempat ulasan produk yang saya tawarkan. Saya lakukan penawaran atas produk itu, kemudian setelah mendapatkan harga termurah akhirnya saya jual kembali dengan margin tertentu. Saat itu yang paling laku adalah produk pelangsing.

Dari jualan tersebut saya bisa mendapatkan pelanggan cukup banyak. Dan tabungan pun bertambah. Tak mudah meyakinkan orang dengan produk yang saya tawarkan, namun karena saya pun melakukan dengan senang hati dan selalu menjawab pertanyaan seputar produk dengan baik maka banyak pula yang merasakan manfaatnya.

Bahkan sampai sekarang pun, setelah cukup lama saya tidak menjualnya, masih banyak konsumen yang membeli dari saya. Akhirnya saya tinggal dropship saja, distributor pun sudah percaya sehingga setiap ada pemesanan saya tinggal hubungi via telpun atau bbm dan mereka mengirimkan kepada konsumen saya. 

2. Menjadi reseller atau affiliate produk E-Book 

Cara saya selanjutnya juga mencoba untuk menjadi reseller beberapa buah produk E-Book. Awalnya hanya sekedar ingin belajar untuk diri saya sendiri. Saya pikir isi nya menarik, dan saya butuh itu. Selain bisa mempelajari dan mendapatkan ilmu baru, saya pun juga tawarkan atau informasikan ke orang lain.

Dari beberapa kesempatan tersebut, saya pun memperoleh hasilnya. Walau tidak cukup banyak seperti saat jualan produk pelangsing. Sampai sekarang masih sering saya buka isi dari e-book tersebut. Dengan sedikit modifikasi serta merubah cara pandang, hal yang bermanfaat saya ambil. Misalkan saja ketika ada ilmu dari isi e-book mengenai cara meningkatkan visitor pada blog atau website.

Semua bukan tanpa kendala, sesuatu ada hambatan dan itu hal yang saya anggap wajar saja. Semangat untuk maju dan berkembang membuat keyakinan saya semakin mantap. Jika anda pemula, jangan takut gagal. Itu saran yang saya berikan untuk anda pemula.

Mulailah dengan apa yang ingin anda lakukan saja. Langsung action tak perlu menunggu sempurna, jika dalam perjalanan anda memulai usaha tersebut ada hambatan, anda pasti mencoba menyelesaikannya dengan solusi tertentu. Dan itulah gunanya pengalaman. Anda akan tau bagaimana mencari solusi atas permasalahan yang anda hadapi saat itu. 

3. Membuat produk sendiri 

Setelah mendapatkan modal dari hasil jualan dengan cara di atas, saya pun mencoba untuk membuat sebuah produk sendiri. Sekali lagi hal ini tidak mudah, perlu banyak eksperimen. Namun saya yakin bahwa saya mampu menghasilkan. Bukan saja menghasilkan produk, namun saya yakin bisa menjualnya.

Dan itu terbukti, dengan pengalaman online serta beberapa hal yang saya lakukan dalam pemasarannya, misal melalui blog, media sosial, komunitas dan lainnya. Produk saya pun laku terjual. Kemudian saya membuat blog atau website lagi.

Produk saya tersebut adalah batik. Saya merubah cara pandang dalam mencari uang melalui internet. Ketika saya berpikir bahwa mencari uang melalui internet itu mudah, ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Tapi saya bisa. Proses yang akan menghasilkan sesuatu dari apa yang akan anda lakukan. Anda pun pasti mampu. .

Pengalaman itu saya alami sendiri, informasi ini semoga bermanfaat bagi anda. Beberapa hal mengenai cara mencari uang lewat internet di atas memberikan gambaran untuk anda. Mungkin ini hanya sebagian kecil cara saja, banyak hal yang bisa kita peroleh dari internet. Kapan – kapan kita sambung lagi.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *