Camat Ganteng Alumni STPDN Ini Bawa Jambi Timur Menjadi Yang Terbaik Tingkat Provinsi Jambi

oleh
gubernur jambi beri penghargaan kepada rahmad sugiharto

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Butuh strategi serta ide cemerlang untuk membawa sebuah wilayah yang dipimpinnya untuk maju. Apalagi di era sekarang dengan kompleksitas masyarakat yang semakin modern. Begitupun bagi Rahmad Sugiharto, SSTP Camat ganteng alumni STPDN yang saat ini menggawangi Jambi Timur menjadi kecamatan terbaik se Provinsi Jambi.

Ia berhasil meraih piagam penghargaan sebagai Camat Teladan I Tingkat Provinsi Jambi yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP, MA, dalam rapat koordinasi (Rakor) Camat Se-Provinsi Jambi bertempat di Kantor Gubernur.

Kecamatan Jambi Timur merupakan salah satu kecamatan di Provinsi Jambi. Luas wilayahnya sekitar 20,21 Kilometer persegi. Jambi Timur terbentuk melalui Perda Nomor 05 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi Kecamatan dan Kelurahan Kota Jambi (Lembaran Daerah tahun 2001 No. 08) dan merupakan bagian dari Kota Jambi. Berdasarkan Topografi keadaan Kecamatan Jambi Timur merupakan Dataran Rendah dengan sedikit dataran tinggi dengan ketinggian 8 ft (feet) atau 10 Meter dari permukaan laut. Orbitrasi wilayah merupakan Cekungan dan sebagian wilayah rawan banjir.

Kondisi ini tidak menyurutkan niat Rahmad Sugiharto, SSTP dalam menata kecamatan yang dipimpinnya. Pria kelahiran 23 April 1980 ini merupakan alumni STPDN tahun 2003.

Langkah Kecil Membawa Perubahan

Dengan motto hidup “Langkah Kecil Membawa Perubahan”, beliau bisa membuktikan serta menunjukkan kapasitasnya sebagai Camat terbaik se Provinsi Jambi.

Rahmad Sugiharto sebelumnya juga terpilih menjadi camat terbaik se Kota Jambi. Prestasi ini bukan diperoleh begitu saja. Ide serta program yang dicanangkannya bertujuan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang di pimpinnya saat ini.

Rahmad mengawali karir di pemerintahan sebagai Ajudan Gubernur Jambi tahun 2003 – 2004. Beliau pernah menjadi staf Protokol Walikota Jambi, Sekretaris Lurah, Lurah dan sebelum beliau menjabat Camat, posisi karir yaitu sebagai Kepala Sub Bagian Pertanahan.

Rahmad Sugiharto dilantik sebagai Camat Jambi Timur tanggal 23 April 2015 melalui uji kompetensi yang dilakukan Walikota Jambi.Dalam uji kompetensi tersebut beliau mendapat peringkat pertama.

Disiplin tinggi serta ilmu pemerintahan yang di perolehnya dari STPDN menjadikan semangat bagi Rahmad mewujudkan Jambi Timur sebagai Kecamatan Terbaik. Pasca dilantik, Rahmad membuat gebrakan dengan meluncurkan program pelayanan prima untuk masyarakatnya.

Berbagai Program Di Lakukan

Rahmad membuat E – Pelayanan dan E – Yankel dengan tanda tangan elektronik yang memudahkan masyarakat di Jambi Timur dalam mendapatkan pelayanan administrasi. Di era digital serta online saat ini, hal ini sangat perlu untuk dikembangkan sebagai bentuk pelayanan prima bagi masyarakat.

kinerja camat jambi timur

Bukan itu saja, Rahmad juga menggratiskan semua biaya pelayanan dengan program tersebut. Selain itu, dia juga membuat gerakan di bidang kebersihan dan kesehatan dengan nama GERTAK SATU ( Gerakan Bersih Sehat Terpadu ). Program ini berhasil menghilangkan titik – titik sampah di luar TPS. Jambi Timur menjadi kecamatan yang bersih dan sehat.

Rahmad juga melakukan roadshow ke tingkat RT. Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan PAD dalam sektor PBB dengan terjun langsung ke masyarakat. Sekaligus bersilaturahmi, Rahmad mendatangi setiap pertemuan RT dua kali dalam seminggu. Pendekatan tersebut pun dapat menjaring 600 SPPT baru.

Program lain yang dilakukan Rahmad adalah pemberdayaan masyarakat dengan mengaktifkan Bank Sampah. Hal ini menjadikan warga di Kecamatan Jambi Timur semakin perduli dengan kebersihan lingkungannya. Beliau juga membuat program P3M, yaitu Persatuan Pengusaha Peduli Masyarakat.

P3M ini merupakan sebuah perhimpunan yang mengumpulkan dana untuk membantu kegiatan Posyandu, PAUD, BKMT dan sebagainya yang belum teranggarkan secara maksimal melalui APBD.

Raih Penghargaan Dari Walikota Dan Gubernur Jambi

Bulan Oktober 2016, kecamatan Jambi Timur dinobatkan sebagai Kecamatan Terbaik tingkat Kota Jambi. Kemudian maju ke tingkat propinsi dengan 141 Camat lainnya. Rahmad pun berhasil meraih juara pertama serta memperoleh penghargaan dari Gubernur Jambi sebagai kecamatan terbaik tingkat Provinsi.

gubernur jambi beri penghargaan kepada rahmad sugiharto

Prinsipnya sederhana, ingin selalu berbuat sesuatu yang bermanfaat dan bisa langsung di rasakan oleh masyarakatnya. Semangatnya ini juga tak lepas dari peran Walikota Jambi yang selalu memotivasi peran ASN di Kota Jambi.

Walikota Jambi menekankan program “one institution one inovation”. Hal ini membuat Rahmad makin termotivasi dalam mengembangkan kecamatan yang dipimpinnya dengan prinsip kepemimpinan Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.

Semangat terus Pak Camat ! Semoga bisa menjadi teladan bagi masyarakat serta memotivasi ASN yang lain dalam mengabdi serta melayani masyarakat dimanapun berada.

Jika ingin tau sepak terjang beliau, bisa anda lihat melalui website Kecamatan Jambi Timur.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *