Bagaimana Pendapat Anda Dengan Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara ?

oleh
rencana pemindahan ibu kota indonesia

Saat ini sedang trend wacana pemindahan Ibukota negara dari Jawa ke Luar Jawa. Hal ini pastinya akan mendapatkan respon dan reaksi serta pandangan dari berbagai pihak, dan hal itu bisa jadi bermacam – macam respon. Bagaimana pendapat anda dengan rencana pemindahan Ibukota ? Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, bahwa usulan pemindahan ibukota Indonesia sudah didiskusikan sejak Kepresidenan Soekarno serta masa kolonial Belanda. Awal abad ke 20, Pemerintah Hindia Belanda berupaya memindahkan lokasi ibu kota dari Batavia ( Jakarta ) ke Bandung. Namun, saat itu gagal.

Diskusi dan perdebatan mengenai pemindahan ibu kota yang baru terus berlanjut. Tahun 2010, ide untuk memindahkan ibu kota didukung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau mendukung ide membuat pusat politik dan administrasi Indonesia yang baru dengan pertimbangan masalah lingkungan serta over populasi di Jakarta. Saat itu, ada tiga pendapat utama mengenai proposal tersebut diantaranya adalah (1) Pindahkan ibu kota resmi, seperti cara Brasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia, (2) Pisahkan pusat administratif dan Jakarta masih ditetapkan sebagai ibu kota resmi, seperti Malaysia memindahkan pusat pemerintahan federal administratifnya ke Putrajaya, (3) Jakarta masih tetap sebagai ibu kota dan pusat administrasi, sebagaimana Tokyo yang tetap menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi Jepang.

Pilihan lokasi ibu kota baru dengan melihat poin pertama, Kalimantan dianggap pilihan yang tepat. Hal ini dengan pertimbangan bahwa Kalimantan jauh dari daerah batas Konvergen tektonik. Hal ini relatif aman dari ancaman gempa bumi serta letusan gunung berapi.

Palangkaraya menjadi salah satu pilihan lokasi dengan pertimbangan kota ini lebih luas dari Jakarta. Selain itu, kota ini juga relatif lebih aman dari gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Presiden Soekarno saat itu sudah mengusulkan hal ini. Tahun 2017, Presiden RI ke 7, Joko Widodo kembali mengusulkan adanya pemindahan ibu kota ke kota ini. Presiden Joko Widodo mempertimbangkan adanya pemerataan perekonomian, bahwa perekonomian di Pulau Jawa sangat kuat di banding luar Jawa.

rencana pemindahan ibu kota indonesia

Namun, rencana ini membutuhkan kajian mendalam. Joko Widodo memerintahkan untuk melakukan kajian lebih mendalam lagi. Harapannya, kota yang di pilih mencerminkan model kota yang ideal untuk Indonesia.

Kajian pemindahan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini, sehingga 2018 sudah bisa dilakukan untuk memulai persiapan untuk menyusun konsep pusat administrasi pemerintahan yang baru.

Seperti di kutip dari detik.com, tahun 2018 menteri PUPR akan menyiapkan detail enginering desainnya. Kemudian, akan ada persiapan – persiapan lain untuk pemindahannya. Butuh waktu cukup lama minimal 4 sampai 5 tahun.

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, saat ini, terdapat 3 lokasi yang cocok dan berada di Kalimantan. Namun, Bambang mengungkapkan hal tersebut masih dalam kajian.

Jika nantinya sudah menemukan lokasi yang cocok, Bambang memastikan, pembangunan Istana Kepresiden akan dibangun tidak perlu mewah. Untuk status aset yang berada di lokasi lama, masih menjadi milik pemerintah.

“Istana kan tidak harus mewah. Yang penting ada rumah tinggal dan kantor presiden,” ungkap dia.

Bagaimana pendapat anda dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara Ini ?

 

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *