Bagaimana Bisnis Batik Agar Berkembang Dan Sukses

oleh

Pagi hari setelah subuhan diriku terasa segar dan bugar, kemudian sambil berjalan pelan ku masak air untuk bikin segelas kopi panas. Beberapa menit kemudian secangkir kopi pun siap ku nikmati. Alhamdulillah, pagi yang indah nan cerah. Seperti biasa, rutinitas berlanjut di depan laptop.

Laptop mini pun terbuka, kemudian masuklah aku ke akun email. Terkejut ketika ada email masuk dari Mrs. USA, dia mengabarkan bahwa dirinya telah menerima order kain batik yang telah saya kirimkan. Senang hati membaca berita tersebut, sebab selain dia puas dengan produk batik tulis abstrak yang saya produksi, dia pun melanjutkan order batik kembali dengan jumlah cukup banyak.

Dengan bahasa inggris yang belum sempurna, aku pun membalas email itu. Dalam hati berkata bahwa modal nekat membuat usaha ini berjalan dengan baik, dan sering pula saya mendoakan teman – teman yang punya usaha agar selalu sukses dan lancar rejekinya.

Awal memulai usaha ini adalah keinginan untuk berkembang.

Dengan modal seadanya secara perlahan serta komit tujuan pasti akan tercapai. Saya mempunyai keyakinan jika kita percaya bisa maka tidak ada yang tidak mungkin, pasti bisa. Selalu berdoa dan berusaha, jangan mudah menyerah.

Kembali ku pandangi laptop saya, sebelum saya menekan tombol send, ku baca lagi jawaban email tersebut. Saya bertanya, apakah benar anda akan memesan batik sebanyak 1600 potong pada saya ? Beberapa menit kemudian, tombol send pun tersentuh. Dan selang lima menit kemudian balasan email dari saya pun masuk ke akun saya. Alhamdulilah, dia berkata bahwa produk batik tulis abstrak saya bagus dan harga terjangkau sehingga dia memilih untuk melakukan pemesanan kembali pada saya. Oya, dia sebelumnya berkata bahwa pernah memesan batik ke Malaysia dan Thailand namun harga produk mahal.

Hal ini sangat saya syukuri, terbilang cukup lumayan penghasilan dari bisnis batik ini. Saya pun sedang mengembangkan ke genre lainnya, utamanya merchandising. Potensi usaha sebenarnya banyak banget, kita melihat sekitar kita apa yang sering di butuhkan orang lain.

Coba anda catat satu per satu potensi yang ada disekitar anda. Kemudian pikirkan apa yang bisa anda lakukan dengan hal itu. Media online sangat membantu sekali dalam pemasaran batik saya. Bukan saja facebook namun dari instagram, gmail, path, twitter dan lainnya. Saya mendapatkan order dari Amerika bahkan hanya melalui email saja.

Website yang sudah saya buat pun membutuhkan penyempurnaan kembali. Akhirnya saya bekerjasama dengan rekan yang lumayan mempunyai kemampuan dalam membuat website. Dan tampilan yang ada saat ini pun baru, cukup komplit untuk mendisplaykan produk batik dari saya.

Perkembangan usaha ini bisa dibilang berjalan dengan apa adanya, saya tidak berusaha menambah permodalan dari perbankan.

Kemungkinan adalah banyaknya rekan yang ingin berinvestasi di usaha ini, sehingga niat menambah modal dengan hutang pun saya urungkan. Semoga hal ini menambah keberkahan bagi usaha batik abstrak saya.

Beberapa jam saya masih online, sampai hampir kelupaan jika tugas selanjutnya adalah menjemput anak ke sekolahan. Akhirnya, saya tutup sejenak laptop dan berhenti untuk online. Aktivitas ini bagi saya menyenangkan, bekerja di rumah dengan online membuat bisnis ini pun berkembang.

Ini adalah pengalaman pribadi, yang mungkin bisa menjadi sebuah inspirasi bagi anda saja. Oya, website saya untuk usaha ini adalah proboparon dot com. Coba saja ketik alamat tersebut, disanapun saya memberikan peluang bagi rekan – rekan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, atau bekerjasama dengan saya.

Alhamdulillah sekali bahwasanya langkah yang kita sebut proses mempunyai hasil yang cukup bagus. Keyakinan, komitmen, fokus pada tujuan, dan mendoakan usaha kawan lain agar berkembang itu yang saat ini saya coba lakukan. Dengan semangat berusaha, saya hanya yakin pada proses bukan keinginan hasil cepat tapi proses tidak begitu memahami.

Sedikit cerita pengalaman ini semoga bermanfaat, bagi kawan yang ingin memulai usaha saran saya segeralah untuk memulainya. Banyak potensi di sekitar, amati lalu cobalah untuk menjadikan sebagai kekuatan mendapatkan penghasilan. Yakin bisa pasti bisa !!!

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *