Arti Istilah Dalam Kamus Praja IPDN

oleh
kamus praja ipdn

Arti Istilah Dalam Kamus Praja IPDN

Granat

Granat merupakan sebutan untuk salah satu lauk makan praja di menza. Granat ini bukanlah granat yang bisa meledak. Granat di sini adalah telur rebus.

Biasanya ketika akan makan praja bertanya atau mengira – ira apa lauknya saat itu. Jika ada yang sudah makan mendahului kemudian mengatakan lauknya granat, otomatis pikiran tertuju pada telur rebus. 

Indosiar

Pernah lihat ikan terbang di tipi indosiar ? Nah, semacam itu. Jadi indosiar sebagai istilah jika lauk makan di menza adalah ikan asin yang kering dan gepeng.

Sendal Jepit

Ini juga merupakan istilah lauk makan di menza. Sebutan sendal jepit untuk dimaksudkan ketika lauk makan adalah daging empal yang alot dan susah di makan dan terlalu kenyal. Bayangkan sejenak coba, makanlah sendal jepit. Ya seperti itu kemungkinannya..haha

Ompreng

Ompreng merupakan wadah nasi dan lauk pengganti piring. Dulu, saat masih praja kami menggunakan ompreng bukan piring. Namun, saat ini sudah berubah. Tempat makan bukan lagi ompreng tapi piring ( bener gak ? )

Masih Banyak Lainnya

Fungsionaris

Jika di perkuliahan umum ada yang namanya senat mahasiswa. Di IPDN kala itu di sebut dengan Wahana Bina Praja ( WBP ). Pengurus atau anggota WBP ini disebut sebagai fungsionaris ( pejabat WBP )

Kepala Meja

Ketika makan d menza, makanan di letakkan di atas meja panjang. Meja paling ujung ada satu kursi. Di sini di sebut dengan kepala meja. Kepala meja ibarat sebagai komandan dari barisan meja makan.

Wira

Wira adalah kelas. Satu kelas disebut satu wira. 

NPP, adalah singkatan dari Nomor Pokok Praja. Setiap praja mempunyai nomor identitas yang ditentukan oleh lembaga. NPP merupakan urutan nomor yang menandakan kita angkatan berapa, urutan praja ke berapa. Contoh : 10.22x atau 12.021x atau 13.056x. Angka depan sebelum titik adalah angka angkatan. 

Barak

Barak merupakan tempat dimana kita tinggal selama di IPDN. Layaknya militer, barak memang turunan dari istilah tempat tinggal ala militer. Saat ini penyebutannya bukan lagi barak akan tetapi wisma.

Pompa Bumi

Ini merupakan istilah hukuman bagi praja. Pompa bumi adalah gerakan dengan tumpuan dengkul kaki dalam posisi berdiri, kemudian kaki di tekuk dan diluruskan kembali secara terus menerus seperti halnya orang memompa.

Atletis

Ini merupakan istilah atau sebutan untuk menyatakan bentuk tubuh atau body. Body atletis layaknya body ideal yang terbentuk karena aktivitas olahraga yang rutin seperti atlit – atlit olahraga pada umumnya.

Lanjut >>> HALAMAN 5

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *