Arti Istilah Dalam Kamus Praja IPDN

oleh
kamus praja ipdn

Arti Istilah Dalam Kamus Praja IPDN

Elek

Elek berasal dari bahasa Jawa yang artinya jelek. Jika tanpa di ulangi katanya dan berdiri sendiri. Jika di tambah dengan kata sampai ( sampai elek ) artinya sampai jelek.

Ketika istilah ini kemudian menjadi istilah praja, biasanya muncul saat kita mendapatkan suatu hukuman. Dan kita melakukan itu sampai elek ( sampai jelek, sampai mampus, sampai parah )

Elek – elekan

Pengulangan kata elek dan di tambahi dengan akhiran -an, menjadi berbeda makna. Elek – elekan maksudnya malas – malasan melakukan sesuatu. Atau melakukan sesuatu tidak sesuai dengan perintah, harapan. Misal, kerjanya elek – elekan artinya kerjanya kacau, malas tidak produktif.

Kepal

Kepal salah satu istilah dalam kegiatan push up. Ketika push up yang wajar adalah dengan membentangkan telapak tangan sebagai tumpuan badan. Sedangkan kepal dalam push up, tumpuan itu terletak pada kepalan tangan.

Jalin

Jalin juga merupakan istilah saat melakukan push up. Jalin yaitu menjalinkan jari jemari kedua tangan menjadi satu dan menjadikannya tumpuan tubuh saat melakukan push up. Wah, kalau namanya push up jalin ini sakitnya minta ampun. Tapi itu dulu. Sekarang saya gak tau masih ada apa enggak, hehe.

Baju Sakti

Kami menyebutnya baju sakti, adalah seragam PDH coklat yang setiap atribut terpasang mempunyai makna masing – masing. Bisa juga disebut sebagai seragam kebesaran ( bukan kedodoran ).

Apatis

Apatis artinya masa bodoh, acuh tak acuh atau tidak peduli. Hal ini jika di kaitkan dengan istilah korsa merupakan bentuk dari sikap makan tulang ( teman ) tadi.

PPM

PPM merupakan singkatan dari Peraturan Penghormatan Militer. Penghormatan merupakan perwujudan dari penghargaan seseorang terhadap orang lain atas dasar tata susila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

DP

DP adalah Daerah Persiapan. Ini merupakan istilah dalam kemiliteran. Dalam militer, selain DP ada juga istilah DZ atau Droping Zone, yaitu tempat penurunan pasukan.

Lanjut >>> HALAMAN 4

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *