Arti Istilah Dalam Kamus Praja IPDN

oleh
kamus praja ipdn

Arti Istilah Dalam Kamus Praja IPDN

Plaza

Plaza berasal dari bahasa spanyol. Plaza menggambarkan sesuatu yang berhubungan dengan lapangan, tempat umum atau ruang publik semacam alun – alun.

Plaza di IPDN adalah singkatan dari Plataran Menza. Di depan gedung Menza terdapat halaman luas sebagai tempat berkumpulnya praja sebelum acara makan di mulai.

Tangga Seribu

Tangga Seribu adalah tangga yang dibuat membentang dari bawah ( parade ) sampai ke Menzanusantara. Di antara tangga ini terdapat kelas untuk perkuliahan praja. Nama – nama kelas merupakan nama kerajaan – kerajaan yang pernah ada di Indonesia.

Antara lain, Majapahit, Mataram, Sriwijaya, Padjajaran, Kutai, Kediri, Demak, Kutamaya, Bone, Trenggano, dan lainnya. Untuk menyatukan nusantara penuh dengan perjuangan, heroik dan terlewati dengan berbagai penderitaan dan kesengsaraan.

Sebagaimana akan mencapai puncak, kita pastinya harus melalui tangga paling bawah. Peluh keringat para pejuang dan kerajaan dalam menyatukan serta merebut nusantara dari penjajahan kala itu. Tangga ini di cat merah. Artinya, perjuangan itu penuh keberanian.

tangga seribu ipdn

Turun

Istilah turun adalah sebuah kata bermakna komando atau perintah untuk melakukan kegiatan push up. Jika ada perintah “turun” dalam suatu hukuman, artinya adalah kita agar melakukan push up.

Mantul

Mantul adalah singkatan dari istilah makan tulang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti bekerja keras. Jika di tambah dengan kata teman atau kawan artinya lain ( makan tulang teman ).

Nah, istilah ini yang sering kami dengar dan ucapkan di IPDN ketika menyatakan perbuatan kawan dimana kita bekerja keras atau melakukan kewajiban sedangkan mereka tidak, padahal seharusnya kerja keras atau kewajiban itu dilakukan secara bersama – sama.

Begitu pula sebaliknya. Misal ketika kita mendapatkan hukuman secara korsa, lalu ada kawan yang tidak melakukannya. Nah, apa yang dilakukan kawan itu adalah mantul atau makan tulang (teman ).

Bondeng

Bondeng ini adalah bahasa gaul ABG Makassar artinya gendut, berbadan besar atau montok.

Lanjut >>> HALAMAN 3

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *