Arti Dan Makna Lirik Lagu Bojo Galak

oleh
arti makna lirik bojo galak

Halo frends, bagaimana puasa hari ini ? Masih aman ? Apa sudah “bolong” alias jebol. Barangkali bagi cewek hal ini lumrah, lha kalau cowok trus jebol puasa hadeh kenapa itu. Apa gak kuat nahan lapar dan haus. Dah, gini aja frends ini saya mau kasih tau kamu tentang arti dan makna lirik lagu.

Oya, bagaimana kabar istri atau suamimu frends? Galakkah ? atau anteng aja..ha a. Yang punya bojo galak, santai saja. Dia galak tuh karena dia sayang kamu frends. Dia gak mau kehilangan kamu frends. Jadi jika galak, disabarin aja. Sambil ngopi di teras rumah, woles saja.

Tau lagu bojo galak? Nah, bagi orang Jawa udah jelas paham makna dan arti lirik lagu bojo galak. Tapi bagi frends luar Jawa mungkin gak begitu paham apa arti dan makna lirik lagu bojo galak. Tenang, saya bantu jelaskan frends. Bentar…Bojomu galak?? Artinya, dia sayang banget sama kamu! Oke frends…syukuri dengan indah.

Arti Dan Makna Lirik Lagu Bojo Galak

Karena ini yang menyanyikan cewek, maka artinya lirik itu di tujukan kepada suami

Wis Nasibe Kudu Koyo Ngene Nduwe Bojo Kok Ra Tau Ngepenake = Sudah nasib harus seperti ini punya suami tidak pernah buat bahagia

Kebahagiaan itu relatif. Bahagia bagi dia belum tentu bahagia bagi kita. Memaknai bahagia adalah diri sendiri bagaimana merasakan setiap detik segala sesuatu yang menjadikan rasa bahagia dalam diri. Artinya, bahagia bagi keluarga dia belum tentu bahagia nya sama dengan keluarga kita. Jika kamu merasa nasib tidak bahagia karena punya suami atau istri yang menurutmu tidak membahagiakan, maka intropeksi dulu paling penting. Satu sama lain! Oke! Sebab, bahagia itu bisa terciptakan. Tergantung cara kamu masing – masing.

Seneng muring, omongane sengak kudu tak trimo, bojoku pancen galak = suka marah, bicaranya menyakitkan hati harus saya terima, suamiku memang galak

Nah, apa suami atau istrimu suka marah – marah ? Tiba – tiba marah tanpa sebab yang jelas ? Tenang, kamu harus cooling down sejenak dan berpikir jernih. Bisa jadi dia sedang banyak pikiran dan stress. Meski suka marah, kadang bicara menyakitkan hati namun hatimu tetap bisa menerima dia. Menerima apa adanya, dan kamu sadar bahwa suami atau istrimu saat ini memang seperti itu, jadi maklumi saja dan tetap cinta.

Saben dino rasane ora karuan ngerasake bojoku sing ra tau perhatian nanging piye maneh atiku wes kadung tresno senajan batinku ngampet ono njero dada = tiap hari rasanya tidak menentu merasakan suami yang tidak pernah beri perhatian, tapi bagaimana lagi hatiku sudah terlanjur cinta meskipun siksa batin ku tahan di dalam dada

Ini menjelaskan bahwa kita pernah merasakan hal semacam ini. Bisa jadi yang membaca artikel ini pun sedang merasakan yang sama seperti lirik lagu bojo galak. Meskipun siksa batik dalam dada, namun karena sudah cinta maka tetap setia dan menerima sepenuh hati. Ini butuh lapang dada, kebesaran jiwa dalam managemen keluarga . saling memahami, saling intropeksi dan menahan diri.

Yo wes ben nduwe bojo sing galak yo wes ben sing omongane sengak seneng nggawe aku susah nanging aku wegah pisah = ya biar saja punya suami galak, biar saja bicaranya menyakitkan hati, suka membuat susah namun aku tidak mau berpisah

Bahagianya bisa menerima apa adanya siapa pasangan kita. Meskipun dalam keseharian terasa menyusahkan, namun bagi kita yang memahami apa makna keluarga maka mestinya saling memberi kasih sayang, saling memberikan perhatian dan bisa menahan diri tidak saling menyalahkan. Makna dalam lirik ini, mengenai kebesaran jiwa seorang wanita yang menerima apa adanya watak suami yang demikian. Sebab baginya, meski suami galak namun dia tidak mau berpisah dan tetap setia sampai akhir hayat nanti

Tak tompo nganggo tulus ing ati tak trimo sliramu tekan saiki mungkin wes dadi jodone senajan kahanane koyo ngene = saya terima dengan ikhlas hati, saya terima kamu sampai saat ini, mungkin sudah menjadi jodohnya meskipun keadaannya seperti ini

Istri yang mau menerima kondisi demikian, menerima apa adanya suami dengan watak demikian. Makna lirik bojo galak, memberikan pengertian bahwa istri sangat sayang pada suami. Dia paham bahwa watak galak itu adalah perwujudan rasa sayang kepadanya. Nah, zaman sekarang sulit bisa menerima seperti makna lirik bojo galak di atas. Meskipun, juga banyak yang seperti disampaikan di lirik tersebut

Sungguh keterlaluan bojoku sing saiki kliru sitik wae aku mesti diseneni ameh dolan ro konco kok ora diolehke senenange nuduh dikira lungo ro liyane = sungguh keterlaluan suamiku yang sekarang, salah sedikit saya pasti di marahi, mau bermain dengan teman tidak diperbolehkan, suka menuduhku saya dikira main sama orang lain

Makna dan arti lirik bojo galak di atas adalah perwujudan rasa cemburu yang dalam oleh seorang suami kepada istri. Istri ingin main bersama teman pun di kira selingkuh. Sebenarnya juga tidak salah, namun suami pun juga harus menahan diri, memberikan kepercayaan pada istri bahwa keluarga lah yang utama. Istri pun juga harus paham posisi sebagai seorang wanita, ketika main kemana ya mestinya izin suami dan jelas tujuannya. Tidak saling menikung satu sama lain, percaya satu sama lain, demi kebahagiaan bersama

Yen wes ngono aku mung bisa meneng tak jelasno malah mung nggawe kowe sepaneng di matamu aku iki ora tau bener kabeh mbok salahno, rumangsa wes paling pinter = kalau sudah begitu saya memilih diam, jika saya jelaskan pun malah membuat makin emosi, karena di matamu saya tidak pernah benar semua kamu salahkan , merasa sudah paling pandai

Makna dan arti lirik bojo galak di atas menjelaskan bahwa memang suami ini betul – betul galak. Mau nya menang sendiri, selalu menyalahkan istri. Akan tetapi, istri tetap menerima dengan ikhlas dan tidak ingin berpisah. Sebab, bisa jadi justru ini yang akan tetap memberikan nilai bahagia dalam menjalani bahtera keluarga. Meskipun, istri harus selalu sabar. Istri yang sabar akan mendapatkan banyak kebaikan dari-Nya. Jika istri tersebut benar – benar tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh-Nya, tetap setia meski suami bertabiat galak dan suka mengatur. Sejatinya, nomor satu dalam hidup istri adalah suami. Bukan orang lain, yang mungkin terlihat membahagiakan, terlihat menarik dan terlihat perhatian namun itu semua hanya kamuflase saja atas nafsu angkara yang akirnya bisa menghancurkan bahtera rumah tangga dan meluaskan dosa. Ingat, hidup hanya sekali maka makna dan lirik lagu bojo galak bisa jadi sebuah makna mengingatkan kita akan komunikasi antar suami dan istri. Meski dalam posisi ini, sang istri punya kesabaran yang luar biasa.

Ibarate dele sing uwis dadi tempe kudu tak lakoni yen pancen ngene dalane abote nduwe bojo sing galak lek ra keturutan senengane mencak-mencak = Ibarat kedelai yang sudah menjadi tempe, harus saya jalani jika harus seperti ini jalannya, bagaimana beratnya mempunyai suami yang galak jika keinginan tidak terpenuhi selalu marah – marah

Makna dan arti lirik bojo galak di atas, bahwa istri sadar ibarat kedelai sudah menjadi tempe. Ibarat nasi sudah menjadi bubur. Dia menerima apa adanya secara tulus ikhlas kondisi itu, menerima suami yang punya watak seperti itu, setia sampai akhir hayat. Dia memahami bahwa suami itu sudah menjadi jodoh dari-Nya, yang diperuntukkan kepadanya. Maka, hormat luar biasa untuk suami dari istri yang punya rasa sabar seperti itu. Meskipun dirasakan berat dan meski ketika keinginan suami tidak terpenuhi, maka selalu di marah – marah. Menjadi hal yang biasa, dan istri sudah bisa memakluminya tetap setia untuk bahagia bersama.

Ra usah digetuni aku kudu kuat ati nganti tekan mati sliramu tetep nang ati distel kendo wae, tak nikmati uripe senajane galak bojoku pancen sing bagus dhewe = tidak usah kecewa saya harus menguatkan hatiku bahkan sampai kamu mati , hati tetap dibuat santai menikmati hidup meskipun suami galak namun dia orang paling ganteng sendiri

Makna dan arti lirik bojo galak di atas bahwa istri sangat sayang pada suaminya, tidak kecewa dengan ketentuan-Nya dan menerima dengan ikhlas. Menyatakan bahwa memang dia adalah jodohnya sehidup semati, dia membawa rasa itu dengan santai, menikmati perjalanan hidup dengan sang suami meskipun galak. Dan dia selalu menganggap bahwa suami nya adalah orang paling ganteng sedunia.

lirik bojo galak arti
ilustrasi by pxhere

Kuat dilakoni, lek ra kuat ditinggal ngopi tetep cinta senajan bojoku galak = kuat di jalani, jika tidak kuat kita tinggal minum kopi, tetap cinta meskipun suamiku galak

Menikmati hidup banyak cara, salah satunya adalah menerima setiap masalah dan menjalani dengan santai, tidak emosi dan selalu sabar. Jika kuat di jalani dengan indah, jika tidak kuat maka tidak perlu putus asa, kopi itu ibarat makna “santai”. Dan tetap bertahan, tetap cinta meski suami galak

Nah..teman dah paham kan makna dan arti lirik bojo galak. Semoga bisa menambah wawasan bagi teman – teman yang tidak paham bahasa Jawa. Dan bisa menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan berumah tanggan dengan suami atau istri masing – masing, meskipun saat ini merasakan bahwa suami atau istrinya GALAK! Enjoy sajaaaa…..

Yang pengen komen monggo..ooo..aaa..ooo..eeee

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *