Anda Laki – Laki Muslim ? Jika Iya, Jangan Lupa Shalat Jumat. Kenapa Harus Jumatan, Ini Jawabannya

oleh
shalat jumat bagi laki laki

Hari Jum’at merupakan hari yang penting bagi kaum muslimin. Hari yang memiliki kekhususan dan keistimewaan yang tidak dimiliki hari-hari lain. Allah memerintahkan kaum muslimin untuk berkumpul pada hari itu untuk menunaikan ibadah shalat di masjid tempat berkumpulnya penduduk. Disana kaum muslimin saling berkumpul dan bersatu, sehingga dapat terbentuk ikatan kecintaan, persaudaraan dan persatuan.

Shalat jum’at adalah sebuah kewajiban bagi ummat Islam, khususnya laki-laki dewasa. Kewajiban ini dituangkan di dalam firman Allah :
Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.( Al-Jumu’ah: 9)

Nabi bersabda : solat jumat itu wajib bagi setiap orang islam dalam jamaah,  kecuali 4 golongan, yaitu, budak,  perempuan, anak kecil dan orang yang sakit.

Shalat Jumat adalah shalat yang wajib bagi orang yang tidak memiliki uzur. Barangsiapa meninggalkannya, ia terjerumus dalam dosa besar. Barangsiapa yang meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena meremehkannya, hatinya akan tertutupi. Dan ia termasuk orang-orang yang lalai.

Maka dari itu, jangan sekali-kali kita meremehkan jum’atan dan/atau dengan sengaja meninggalkan shalat jum’atan jika memang tidak ingin hati kita ditutup oleh Allah SWT. Apabila hati seseorang telah tertutup, maka sulit baginya untuk mendapat hidayah dan rahmat dari Allah SWT, dan Allah menggantikannya dengan kebodohan, keberingasan serta keras kepala, sehingga layaknya hati orang munafik.

Nabi bersabda : saat hari jumat, para malaikat berdiri didepan pintu masjid, mereka menulis kepada manusia atas kira kiranya kedudukan mereka, yang datang awal maka ditulis awal, , maka ketika imam (khotib) telah naik ke mimbar, malaikat mentup buku catatannya, dan lansung mendengarkan khutbah, maka adapun orang yang datang pertama seperti berkurban unta, dan yang datang kedua seperti berkurban sapi, dan yang datang ketiga seperti berkurban kambing, sehingga nabi menyebutkan ayam dan telur,  barang siapa yang datang setelah imam naik mimbar, maka sesungguhnya dia hanya mendatangkan hak nya solat saja. Tidak mendapat keutamaan solat jumat

Oke, yuk kita shalat jumat bagi yang bagi laki – laki muslim. Tinggalkan aktivitasmu, saat adzan sudah berkumandang!

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *