9 Cara berjualan Di Facebook Yang Bisa Anda Lakukan Agar Penjualan Melesat

oleh
cara jualan melalui facebook

Kali ini saya akan membagikan beberapa tips dan pengalaman yang sudah saya lakukan sendiri yaitu cara berjualan dengan menggunakan media sosial yaitu #facebook. Kita tau bahwa media sosial satu ini semakin tenar saja. Ketenarannya merupakan hal positip yang bisa kita manfaatkan, selain untuk memperkenalkan siapa diri kita di dunia maya, mencari teman lama yang tak pernah bertemu, sampai pada tujuan untuk berdagang.

Banyak diantara kita mempunyai tujuan yang tidak sama ketika membuat akun facebook. Dan semuanya mempunyai alasan yang rasional. Ada yang mempunyai tujuan positip dan banyak pula yang mempunyai tujuan negatif. Tentunya kita lebih memilih tujuan positip ketika membuat sebuah akun facebook tersebut.

Facebook merupakan media sosial yang canggih, sebelum facebook muncul terlebih dahulu ada yang disebut dengan friendster. Ini adalah layanan media sosial yang mirip, namun facebook lebih sempurna dan lebih gampang untuk di jalankan. Aplikasi di facebook pun cukup banyak untuk mendukung bisnis kita.

Nah, bercerita tentang pengalaman saya pribadi bahwa facebook sangat bermanfaat untuk pebisnis. Yaitu ketika media ini kita fungsikan selain untuk tempat curhat, mencari informasi berita, pertemanan juga untuk alat pemasaran (marketing ) produk yang kita miliki. Jika kita sebagai penjual, tentunya kita ingin produk kita laku terjual laris manis. Dan kita memperoleh keuntungan dari hasil usaha tersebut.

Facebook adalah salah satu saran untuk memperkenalkan produk bisnis kita.

Penggunaannya pun cukup mudah, apalagi produk kita akan lebih dikenal orang lebih cepat. Ketika kita punya banyak teman, kemudian kita berupaya untuk mencitrakan produk kita dan menuliskannya di wall facebook kita maka banyak teman kita yang akan mengetahuinya. Bisa jadi karena produk yang kita jual menarik dan banyak dibutuhkan, maka teman kita pun bisa membagikan info tersebut kepada teman facebook lainnya. Dan semakin beruntun, dari satu wall teman ke teman yang lain dan begitu seterusnya. Asik bukan?

Saya pernah berjualan salah satu produk pelangsing, dan dari itulah saya bisa menabung kemudian membuat sebuah rumah untuk keluarga saya. Awalnya pun saya kurang yakin, namun setelah mencitrakan produk dengan sebaik – baiknya di facebook, akhirnya banyak yang berminat dengan produk jualan saya tersebut.

Ada pula yang memberikan respon kurang baik ( menurut saya ) mengenai cara saya menjual produk melalui facebook saya. Karena teman tersebut mungkin memang tidak sangat membutuhkan, bahkan merasa tersindir dengan produk yang saya jual.

Bisa juga dia memiliki produk sejenis akan tetapi kalah dalam hal mencitrakannya di facebook. Ah, itu gak masalah bagi saya. Dan ada pula yang mencibir dengan sistem yang saya lakukan, mereka pun bilang bahwa saya berjualan seperti membeli kucing dalam karung. Sebab, melalui dunia maya pembeli gak tau wujud sebenarnya dari produk yang saya jual tersebut.

Namun pada akhirnya mereka pun mengikuti cara yang saya terapkan. Malahan saat ini lebih rajin mencitrakan produknya melalui facebook. Sehingga saya sempat berpikir dan berkata dalam hati lha wong kalau belum mencoba memang gampang dan enak untuk mencemooh. Kenyataannya sekarang juga melakukan hal yang sama, yaitu menggunakan media sosial facebook untuk mencitrakan produk bisnisnya. Nah lo.

Jangan menganggap berjualan di facebook itu memalukan, apalagi cara yang murahan. Saat ini facebook pun memasang tarif iklan untuk bisa digunakan setiap orang dalam berpromosi. Dunia semakin mudah terhubung dan semakin mudah tahu akan produk yang kita jual.

promosi dengan facebook

Tekhnik Berjualan Melalui Media Facebook

Tentunya masing – masing orang punya cara dan strategi yang berbeda. Namun saya yakin tujuannya adalah sama, agar produk nya dikenal dan terjual.

Nah, kalau saya mempunyai beberapa trik dan cara dalam berjualan di facebook, sebagai berikut :

Membuat akun facebook apa adanya. 

Saya membuat akun facebook apa adanya, dalam arti saya tidak membuat akun abal – abal atau akun palsu. Nama yang saya gunakan pun nama saya sendiri. Karena tujuan ber facebook ria selain menambah pertemanan juga ada tujuan untuk mencitrakan diri serta produk yang kita jual. Maka jika akan berjualan di facebook, pakailah akun apa adanya dan jangan dibuat – buat. Pakailah nama anda sendiri.

Tidak selalu memposting produk. 

Nah, ini yang sering saya lakukan adalah tidak terlalu sering memposting produk. Artinya tidak terlalu berlebihan. Biasa saja, suatu ketika saya memposting hal yang lucu, hal yang saya alami serta informasi yang menurut saya patut untuk saya bagikan kepada publik. Berikan informasi yang bermanfaat. Saya juga ada kalanya memberikan informasi yang saya anggap penting dan bermanfaat bagi orang lain atau teman facebook saya. Dan saya pilih media yang kiranya memang kredibel dalam menyampaikan informasi. Seperti misalnya detik.com, kompas.com,yahoo.com, metrotv.com, dsb. Hal ini juga bisa memberikan manfaat pada orang lain dalam memperoleh informasi serta ilmu pengetahuan.

Buat jarak waktu antara status pribadi dan juga status jualan. 

Hal ini saya lakukan, agar orang tidak bosan ketika membaca postingan saya. Mereka tidak terlalu banyak menerima info produk jualan saya di wall mereka. Salah satu cara adalah tidak runtutnya setiap postingan produk, ada jeda antara postingan yang bersifat pribadi maupun postingan yang bersifat komersil atau mencitrakan produk.

Memberikan komentar yang baik pada status teman. 

Jangan pelit untuk memberikan respon atau komentar di wall teman kita. Ketika ada teman dengan status curahan hati yang sedih, maka berikan respon sebagai bentuk penyemangat mereka. Jika teman sedang membutuhkan suatu jawaban akan pertanyaan yang disampaikan di wall mereka, maka cobalah untuk memberikan referensi jawabannya.

Memberi atau klik tombol suka. 

Memberikan respon dengan klik tombol suka baik pada status kita sendiri atau status orang lain akan membuat postingan kita terupdate. Selain itu, respon dari temen kita pun pastinya juga bermanfaat. Mereka akan merasa diperhatikan juga, jadi jangan egois. Berikan respon kepada status teman walau dengan memberi klik pada tombol suka di status atau postingan mereka.

Membuat status yang menarik tentang produk jualan kita. 

Status yang kita buat jangan terlalu formal, sampaikan dengan gaya bahasa anda sendiri yang lugas serta apa adanya. Mungkin juga bisa menggunakan bahasa daerah yang lucu, sehingga teman yang gak paham pun akan bertanya apa sih arti statusmu itu dan sebagainya. Intinya, cari perhatian mereka dengan membaca status tentang pencitraan produk anda dengan gaya bahasa yang menarik dan tidak selalu formal.

Tambah teman sebanyak mungkin 

Saya selalu mengaccept permintaan dari orang entah saya kenal atau tidak. Intinya adalah pikiran positip pada diri kita dalam menerima pertemanan tersebut. Dan juga jangan egosi, walau tak kenal maka tak ada salahnya jika anda juga melakukan permintaan pertemanan pada orang lain yang mungkin tidak kita kenal sebelumnya.

Fanpage bukan satu satunya cara berpromosi 

Nah, mungkin bagi sebagian orang fanpage diutamakan dalam melakukan promosi. Namun, menurut saya itu bukan segalanya. Saya pun juga membuat sebuah fanpage untuk produk saya. Akan tetapi, saya lebih memilih sering memberikan informasi pada wall pribadi ( bukan fanpage ) ada kalanya saja fanpage saya kunjungi dan menuliskan status tentang produk jualan kita.

Berdoa dan terus berusaha 

Ini adalah hal wajib yang harus anda lakukan dalam berbisnis. Yaitu selalu berdoa dan berusaha semaksimal mungkin. Jangan pantang menyerah dan merasa lelah. Terus dan terus lakukan saja, mengalir seperti air namun tetap berharap bahwa produk jualan kita akan semakin tenar. Itu sadja !!

Itu beberapa pengalaman pribadi saya tentang bagaimana cara berjualan melalui #facebook. Jika ada hal yang menurut anda kurang pas, saya mohon maaf. Jika ada yang bermanfaat silahkan dimanfaatkan dan semoga hal ini bermanfaat untuk semuanya.

Baca : Langkah mendapatkan modal dari investor

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

2 thoughts on “9 Cara berjualan Di Facebook Yang Bisa Anda Lakukan Agar Penjualan Melesat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *