7 Tempat Wisata Di Kabupaten Sragen Yang Layak Di Kunjungi

oleh
sumber : www.pixabay.com

Pernah berkunjung di Kota Solo ? Selain tempat wisata di Kota Solo, daerah sekitar yang mempunyai lokasi menarik di kunjungi lainnya adalah Kabupaten Sragen. Kabupaten ini terletak kurang lebih 29 kilometer ke arah utara dari Solo. Potensi pariwisata di sini menampilkan keindahan alam buatan serta alami.

Sragen merupakan salah satu Kabupaten pendukung pariwisata di karesidenan Surakarta. Tergabung dalam wilayah kerjasama antar daerah yang di sebut dengan Subosukawonosraten. Sragen sering dinamakan dengan Sukowati. Disini terkenal adanya lokasi situs prasejarah yang disebut dengan Sangiran.

Sangiran merupakan sebuah Desa dimana banyak ditemukan fosil manusia purba yang bisa anda pelajari saat melakukan kunjungan di Kabupaten yang berbatasan dengan Ngawi, Grobogan serta Karanganyar tersebut. Beberapa lokasi wisata yang bisa anda kunjungi antara lain sebagai berikut :

 Ganesha Technopark 

Sebuah lokasi untuk penelitian secara keilmuan mengenai ilmu pengetahuan yang di kemas dalam sebuah tempat yang menarik. Technopark merupakan salah satu lembaga yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Sragen untuk membantu para akademisi dalam kegiatan riset atau penelitian serta balai latihan kerja bagi calon tenaga kerja yang siap di tempatkan di perusahaan atau tempat kerja yang membutuhkan. Technopark memberikan kita kesempatan kerjasama yang saling mrnguntungkan. Disini ada pelatihan bagi calon tenaga kerja, tempat penelitian, jaringan kerjasama Riset dan Development yang berbasis profit sharing dengan pemerintah. Jika anda berkunjung ke Sragen, lokasi ini layak anda kunjungi.

Dayu Park Sragen. 

Taman ini merupakan salah satu karya Bupati Sragen pada masa pemerintahan Bupati Untung. Di buat dalam rangka memenuhi keinginan serta menyediakan tempat wisata bagi keluarga. Lokasinya terletak di Desa Dayu. Terdapat wahan bermain di taman ini. Selain itu ada juga kolam renang, gazebo – gazebo serta ruang pertemuan untuk rapat bagi lembaga atau komunitas yang akan melakukan pertemuan untuk tujuan koordinasi. Di sini juga bisa melihat konsep agrowisata yang menarik kita pelajari. Luas lahan yang di gunakan sebagai taman Dayu Park kurang lebih 5 hektar. Dengan luasan ini maka terbentuklah sebuah taman yang menjadi tujuan wisata keluarga anda dan layak untuk kita kunjungi.

Gunung Kemukus 

Lokasi ini sering digunakan sebagai lokasi ritual yang unik. Mitos yang berkembang di masyarakat mengatakan bahwa dengan ritual khusus di sini maka kita bisa menjadi kaya. Ritual tersebut sudah di larang saat ini oleh Pemkab Sragen, sebab hal tersebut melanggar norma agama serta sosial masyarakat. Lokasi terletak kurang lebih 29 kilometer di sebelah utara Kota Solo. Terdapat makam Pangeran Samudro yang sering dikunjungi masyarakat sekitarnya, mereka datang untuk melakukan ziarah. Bukan saja dari masyarakat sekitar, banyak pula pengunjung berasal dari luar Kabupaten Sragen. Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata religi tepatnya di Desa Pendem Kecamatan Sumberlawang.

Waduk Kedung Ombo 

Selain lokasi wisata di atas, di Kabupaten Sragen juga terdapat sebuah waduk yang dinamakan Waduk Kedung Ombo. Fungsi adanya waduk tersebut adalah untuk pembangkit listrik tenaga air. Selain itu berfungsi juga untuk irigasi sawah penduduk di Sragen. Pemanfaatan dari waduk ini bukan saja di rasakan oleh warga Sragen, akan tetapi warga dari Kabupaten sekitar pun mendapatkan banyak manfaat dengan adanya waduk ini. Selain untuk pengairan, juga tempat wisata yang potensial. Kita bisa naik perahu motor, memancing ikan serta menikmati menu makanan khususnya ikan air tawar.

Kolam Renang Kartika 

Salah satu kolam renang yang menjadi ikon bagi masyarakat sragen. Lokasi terletak di tengah kota bersebelahan dengan stadion sepak bola Sragen. Di sini kita bisa menikmati liburan bersama keluarga dan berenang sepuasnya. Selain terdapat papan luncur yang bergelombang, fasilitas seperti ruang ganti yang terpisah antara cowok cewek, mini resto, tempat memancing ikan pun melengkapi kolam renang ini.

Sentra Bisnis Batik Sragen 

Di sini kita bisa membeli oleh – oleh khas Sragen. Selain itu terdapat juga Galleri Batik yang bisa memuaskan anda dalam memperoleh batik – batik cantik khususnya motif batik Sragen. Kerajinan dari beberapa wilayah di Sragen pun lengkap tersedia di sini. Ini merupakan sebuah pusat oleh – oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten ini. Harga produk di sini pun cukup terjangkau, kita bisa melakukan negosiasi harga pada penjual dengan harga yang disepakati. Tentunya tergantung bagaimana pintarnya kita bernegosiasi atau melakukan penawaran. Yang pasti harga produk di sini terjangkau oleh masayarakat umumnya. Disini juga batik khas Sragen menjadi produk yang sering di cari oleh masyarakat pengunjung dari daerah lain. Lokasi sentra bisnis tersebut terletak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Sragen. Galeri batiknya dinamakan dengan galeri batik Sukowati.

Wisata Alam Betisrejo 

Jika anda ingin menikmati wisata alam yang sejuk di Sragen, maka tempat yang tepat adalah di wisata alam desa Betis Rejo. Di sini merupakan sebuah desa yang dijadikan kawasan desa wisata untuk para pengunjung. Terdapat home stay yang bisa anda sewa untuk tempat menginap bagi keluarga anda. Didirikan sejak tahun 2011 yang lalu, tempat ini juga merupakan sebuah wisata organik. Pemandangan alam serta suasana sejuk akan anda dapatkan disini. Hamparan persawahan yang luas, hijaunya tanaman padi yang terdapa di lereng perbukitan serta aliran sungai yang jernih mengalir. Aliran sungai ini terletak di dataran yang cukup tinggi, sehingga sulit terkontaminasi oleh pupuk buatan serta obat kimia lainnya. Hal tersebut yang menjadikan pertanian di sini mendapatkan label organik dan dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata. Anda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan di bidang pertanian. Antara lain tentang bagaimana mengolah pertanian secara organik, anda juga bisa menikmati santapan organik yang disediakan oleh warga di sini.

7 tempat wisata di Kabupaten Sragen yang bisa anda kunjungi seperti informasi di atas semoga memberikan gambaran pengetahuan bagi anda yang ingin berkunjung di Kabupaten ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang suka berkelana mengunjungi tempat wisata di manapun berada.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!