7 Kesalahan Dalam Berbisnis Online, Mungkin Ini Yang Perlu Anda Perhatikan

oleh
7 kesalahan dalam bisnis online

Banyak artikel yang membahas mengenai bisnis online, salah satunya ya artikel saya ini..hehe. Karena memang bisnis itu menarik untuk di pelajari. Bukan hanya itu saja, bisnis juga sangat menarik untuk dilakukan, sebab dengan berbisnis kita akan mendapatkan hasil sebagai penopang hidup kita di dunia ini. Kali ini saya akan mengulas mengenai 7 Kesalahan Dalam Berbisnis Online.

Apakah hidup hanya untuk semata – mata berbisnis, jangan. Bisnis untuk mendapatkan hasil, dan hasil dari itu sebagian gunakan untuk mencukupi keluarga kita sebagian untuk beribadah.

Saat anda memulai untuk berbisnis secara online hal yang pertama harus anda lakukan adalah anda paham bahwa dunia online merupakan dunia tanpa batas.

Yang jelas anda akan banyak menemukan orang – orang serta pandangan yang sangat beragam. Janganlah ini malah akan membuat anda bingung, sehingga ketika akan memulai berbisnis menjadi bingung sehingga malah batal untuk berbisnis secara online.

Memulai sebuah bisnis online diawali dengan tujuan kebutuhan serta membangun kredibilitas, sehingga nantinya bisnis yang anda jalankan bisa berlangsung lama.

Tentukan tujuan anda dalam berbisnis online, mantapkan diri dan bangun kredibilitas yang baik. Jangan setengah – setengah. Terkadang saat baru memulai kita sudah cukup puas dengan hasil yang baru kita dapatkan, lalu kita menghabiskan begitu saja hasil tersebut bukan untuk kebutuhan pengembangan modal bisnis akan tetapi untuk konsumsi lainnya.

7 Kesalahan dalam berbisnis online, antara lain sebagai berikut :

Pertama, Tidak mempunyai target pelanggan.

Ketika memulai berbisnis online tetapkan target atau tujuan sasaran pelanggan anda. Misalkan kita melihat potensi yang dibutuhkan oleh masyarakat itu apa, katakanlah fashion/baju anak. Target kita adalah ibu – ibu. Atau bapak – bapak yang sayang anak ( juga sayang istri ). Cari komunitas mereka. Bikin fanpage misalnya komunitas pecinta anak. Atau masuk dalam komunitas ibu – ibu penjemput anak TK. Lalu mainkan, serang dengan produk yang targetnya adalah buah hati mereka.

Kedua, Fokus pada hal kecil.

Jangan fokus pada hal kecil saja, artinya ketika membangun bisnis online anda juga harus membangun konsep manajemen serta strategi ke depannya, Jangan fokus pada penjualan yang penting laku. Namun juga sebaiknya diikuti dengan strategi lain yang mendukungnya.

Ketiga, Tidak merencanakan keuangan dengan baik 

Dalam dunia bisnis baik online maupun offline tentunya perencanaan serta penatausahaan keuangan wajib kita lakukan. Pisahkan dana untuk keperluan pribadi serta dana untuk kepentingan bisnis. Kadang kita mengabaikan hal ini, sehingga saat bisnis online membutuhkan dana untuk pengembangan akan tetapi kondisi keuangan kita kacau karena terpakai oleh kepentingan pribadi anda.

Keempat, Nilai jual produk yang rendah 

Tetapkan nilai jual atau harga produk sesuai dengan kualitas produk yang anda ciptakan. Ketika dari hitungan produksi serta rangkaian menciptakan produk menghabiskan dana sekian, maka dengan kualitas yang bagus harga bisa kita tetapkan lebih besar. Artinya, jangan takut dalam menentukan harga produk anda.

Kelima, Mengabaikan layanan pelanggan 

Hal ini sering dilakukan oleh pebisnis online, tingkat kepercayaan dalam bisnis online sangat mutlak menjadi faktor penentu. Apakah bisnis yang anda jalankan kredibel serta berlangsun lama, atau hanya sekian hari saja hal itu bertahan.

Kepuasan konsumen adalah hal penting. Ibarat konsumen adalah raja, jika ada keluhan atas produk yang anda jual maka segera sikapi dengan hal yang bijak dan membuat pelanggan anda bisa memahami solusi yang anda berikan.

Sering – seringlah memantau perkembangan media sosial atau media online yang anda gunakan untuk menjual produk atau melakukan aktivitas bisnis. Barangkali ada sentimen dari orang – orang atas apa yang anda tawarkan. Jika itu merupakan hal berupa saran dan kritik, jadikan itu sebagai upaya untuk menyempurnakan bisnis online anda.

Keenam, Diskon berlebihan 

Segala yang bersifat berlebihan tidak memberikan hasil yang bagus. Misalkan karena anda memulai bisnis online, dan anda berpikir agar mendapatkan pelanggan yang banyak lalu anda memberikan diskon yang berlebihan, tanpa melihat kondisi bisnis yang sedang anda jalankan. Sebab tujuan anda hanya ingin memperoleh pelanggan yang banyak.

Ketujuh, Kurang bersosialisasi di media sosial 

Media sosial merupakan sarana dan wahana dalam berinteraksi dengan banyak orang. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis online anda. Jangan menutup diri atau merasa tidak percaya diri untuk bergaul dengan mereka. Atau membatasi diri agar identitas anda tidak diketahui secara rinci. Loh ?

Nah, itu dulu yang bisa saya sharingkan. Jika ada pertanyaan atau uneg – uneg silahkan berkomentar dengan bijak. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut semampu saya. Jangan dipaksa..haha..

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *