5 Cara Ini Akan Menjadikan Anda Lebih Percaya Diri

oleh
cara melatih percaya diri

Lihat dirimu. Siapa yang kamu lihat Superhero, otot menonjol, orang yang siap menaklukkan dunia? Tidak? Jika Anda tidak percaya Anda bisa menaklukkan dunia, maka tidak mungkin Anda akan pernah melakukannya. 5 cara ini akan menjadikan anda lebih percaya diri.

Jika saat ini tingkat kepercayaan diri anda sedang menurun, yang disebabkan oleh banyak faktor misalkan tingkat kegantengan, kecantikan, ekonomi dan sebagainya. Anda bisa mencoba melakukan hal ini. Bagaimana cara membangun rasa percaya diri secara pribadi dan profesional?

Berikut 5 cara meningkatkan rasa percaya diri anda :

Kuatkan Alam Pikiran Anda Ke Arah Positip

Dalam hidup kita cenderung berpikir untuk mencapai tujuan tanpa hambatan apapun. Banyak tujuan yang kita inginkan. Namun, terkadang tak semuanya bisa kita raih dengan maksimal. Ketika hal itu terjadi, perasaan sedih dan galau pun tak terhindarkan.

Memperkuat alam pikir ke arah positip akan banyak membawa perubahan. Minimal adalah ketemunya sebuah cara kita dalam mencapai sebuah tujuan. Alam pikir seolah mempunyai energi yang sangat besar. Mungkin anda pernah membayangkan sesuatu, suatu hari yang anda bayangkan itu terjadi. Itulah kekuatan alam pikiran, jangan di anggap remeh

.

Rasa percaya diri adalah keadaan pikiran yang bisa dicapai melalui tindakan yang disengaja. Memilah-milah waktu untuk memelihara pikiran, tubuh dan jiwa Anda (sebaiknya satu jam sehari) dapat dilakukan dengan berbagai cara. Saya lebih suka membaca, berolahraga dan bermeditasi di pagi hari. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri, maka Anda mengizinkan seseorang atau sesuatu untuk membentuk pandangan Anda tentang dunia.(Dustin Cucciarre, BryghtAds Inc).

Buang pikiran negatif yang tidak Anda butuhkan

Ibarat kita tak perlu lagi menggunakan sepatu usang, atau barang yang tidak akan pernah pantas kita pakai lagi. Apa yang akan kita lakukan? Jika barang itu adalah sampah, pastinya dibuang.

Begitu pula dengan pikiran negatif. Buanglah jauh – jauh hal yang tidak perlu anda pikirkan. Jika sesuatu hal sudah terjadi, biarkan saja mengalir. Jika anda mengeluh dan terus mengeluh, energi anda akan terkuras habis hanya untuk meratapinya.

Contohnya sederhana saja, misal kita habis belanja banyak di mall. Uang kita habis, nah biasanya yang lebih membawa perasaan adalah wanita. Sambil jalan masih berpikir belanjaan tadi, tak perlu. Kalau sudah dibelanjakan ya sudah, gak perlu dipikirkan terus dengan bahasa – bahasa pikiran seperti “duh, sayang ya beli ini itu”. Lha wong sudah terlanjur buat apa di pikir terus. Ya gak?

Jika anda mengalami kegagalan, hal itu bisa jadi merupakan sebuah hal yang tidak bisa kita hindari. Saat mencoba menghindarinya pun, ternyata tetap saja terjadi.

Artinya, kenyataannya kegagalan itu ada dan datang kepada kita. Kita gak bisa menolaknya. Hal yang baik adalah menerimanya secara ikhlas saja. Jalani saja apa adanya, prinsipnya bahwa adilnya hidup adalah dijalani. Itu saja, sebab kegagalan itu akan selalu ada setiap saat.

Pengaruh dari kegagalan ini yang tidak perlu kita ratapi terus menerus. Sebab hanya akan menimbulkan pikiran negatif yang tak kunjung usai. Bahkan, waktu kita akan habis tanpa ada hasil apapun.

Hidupkan gaya hidup ke arah pengembangan diri

Untuk meningkatkan rasa percaya diri anda perlu berlatih menjadi pribadi yang tangguh. Pribadi tangguh butuh latihan. Seperti halnya dalam membentuk body yang bagus dan sehat. Kita perlu berolahraga. Untuk hati dan jiwa, kita lakukan olah rasa.

Olah rasa dengan melatih diri merasakan hal yang positip. Merasakan kekuatan diri menghadapi kenyataan. Jika kita terus melatihnya, lama – lama akan terbiasa. Dan kebiasaan itu akan mempermudah kita dalam menguatkan hati menghadapi gejolak dalam hidup.

Pengembangan diri menjadi lebih baik dengan meninggalkan hal yang negatif. Pola hidup perlu di atur dengan baik pula. Pola hidup sehat, tidak boros, hidup damai dan memaafkan setiap keadaan atau hal kurang bagus di sekitar kita.

Pengembangan diri dengan mengikuti acara tertentu yang bertemakan kepribadian. Hal ini akan membawa kita menemukan orang – orang dalam sebuah komunitas. Sering berkomunikasi serta silaturahmi akan membentuk diri memahami siapa kita.

Ketika ada yang dirasa bahwa potensi diri kurang maksimal, bisa jadi ada masukan yang positip untuk kita dalam memaksimalkannya.

Cari Satu Potensi Kelebihan Pada Dirimu

Nah, kita tidak akan bisa mengukur diri sendiri jika tidak mencobanya. Tiap individu pasti mempunyai kelebihan dalam hal tertentu. Cari dan temukan apa potensi yang menonjol yang anda miliki kemudian kembangkan hal itu menjadi lebih baik.

Manakala kita punya satu potensi, kemudian kita mengasahnya dengan baik melalui latihan – latihan, melalui pikiran positip maka suatu saat ketika harus tampil di depan banyak orang rasa percaya diri akan meningkat.

Kenapa hal itu bisa terjadi ? Pastinya kita menguasai bidang potensi tersebut kan ? Jadi seandainya saat ini anda adalah seorang PNS, maka apa yang menonjol dalam diri anda. Apakah dalam memberikan motivasi kepada orang lain, apakah dalam menguasai teori pemerintahan, atau yang lainnya.

Oleh karena itu, mulai sekarang identifkasi SATU kelebihan kunci Anda sehingga Anda fokus dan menjadi ahli di bidangnya. Dengan menjadi ahli di bidangnya, Anda akan percaya diri dan tidak takut lagi dengan pesaing Anda.

Terus Belajar Dan Meningkatkan Pengetahuan

Selama kita masih diberikan kesempatan, tak ada salahnya kita terus belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Pengetahuan, keilmuan bisa di dapat dari apa saja. Utamanya dengan membaca, so bacalah apa saja yang bermanfaat.

Buku adalah gudang ilmu. Meskipun sekarang ini banyak informasi gratis bertebaran di internet, buku memiliki sejumlah manfaat yang tidak ada di informasi gratis tersebut. Dengan membaca buku bermutu, wawasan dan pengetahuan Anda akan meningkat sehingga meningkat pula kepercayaan diri Anda.

Meningkatkan pengetahuan juga bisa dilakukan setiap saat. Selain membaca dengan berkomunikasi bersama teman pun bisa menambah pengetahuan. Bersosialisasi itu sangat penting. Lakukan itu.

Mengembangkan potensi diri tidak harus melulu melalui media pembelajaran yang kaku dan terstruktur. dengan bersosialisasi dan berbagi pengalaman dengan teman-teman terdekat dan teman baru akan menambah pengalaman anda. sehingga potensi yang belum tergali bisa anda munculkan dengan adanya saran, pendapat atau cuma sekedar informasi yang teman anda berikan.

Demikian 5 cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anda. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Selain Ganteng Kata – Kata Motivasi Praja IPDN Ini Bisa Menggugah Semangat Serta Memotivasi Orang Lain Yang Membacanya! Keren!

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *