13 Lokasi Tempat Wisata Di Solo Yang Sering Di Kunjungi

oleh

Surakarta atau yang biasa di sebut dengan Kota Solo mempunyai banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Kebetulan Kota Solo dekat dengan Kota Wonogiri, dimana saya tinggal saat ini. Solo merupakan Kota yang berkembang dengan pesat. Apalagi jika anda berkunjung ke Solo dibagian selatan, tepatnya Solo Baru. Solo Baru merupakan kawasan dengan perkembangan cukup cepat.

Banyak pusat perbelanjaan yang berdiri megah. Selain itu, banyak pula hotel sebagai tempat menginap yang saat ini dibangun di kawasan Solo Baru. Solo merupakan sebuah wilayah karesidenan. Ketika penjajahan Belanda, Solo merupakan salah satu pusat pemerintahan yang erat kaitannya dengan Yogyakarta. Sempat akan menjadi wilayah Daerah Istimewa, namun hal ini tidak terjadi sebab pemerintahan saat itu belum sepenuhnya mengakui Solo sebagai daerah istimewa.

Solo mempunyai sebuah Bandara Internasional yang disebut dengan Bandara Adi Sumarmo. Bandara ini melayani penerbangan lokal maupun internasional, dan merupakan salah satu bandara yang ramai di Indonesia.

Seringkali acara – acara nasional di laksanakan di kota ini. Kunjungan – kunjungan baik skala nasional maupun internasional juga sering dilaksanakan di Solo. Banyak pejabat negara juga berasal dari daerah ini. Dan Presiden kita saat ini pun berasal dari Kota Solo.

Tempat Wisata Di Kota Solo Yang Layak Sering Di Kunjungi

Nah, jika anda belum pernah berkunjung ke Solo tak ada salahnya saya memberikan beberapa gambaran mengenai tempat wisata di Kota Solo yang sering di kunjungi.

Turis lokal maupun mancanegara tidak hanya tertarik untuk menikmati suasana Solo yang ramah dan kental dengan adat keraton, akan tetapi mereka juga belajar mengenai seluk beluk budaya Jawa. Saat anda berkunjung di Kota Solo, barangkali beberapa tempat ini layak anda kunjungi.  

1. Pasar Grosir Batik atau PGS Solo 

Pasar ini terletak di sebelah utara Pasar tradisional Klewer yang beberapa waktu yang lalu ludes terbakar. Saat ini wisatawan mencari batik selain di Klewer juga di Pasar Grosir Solo.

Di pasar ini banyak sekali jenis batik yang di tawarkan. Mulai dari harga Rp. 15.000,- rupiah sampai jutaan rupiah. Anda bisa menikmati asiknya negosiasi harga di PGS ini. Saat anda ingin membeli produk di pasar ini, jangan takut melakukan penawaran sampai ke harga yang anda anggap paling murah. 

2. Galabo Solo 

Galabo merupakan tempat makan yang aktif pada malam hari. Dan lokasi galabo ini tepat di depan PGS, yaitu di jalan raya. Di sini setiap malam didirikan tenda – tenda dengan berbagai macam pilihan makanan khas Solo.

Anda bisa menikmati kuliner malam sambil ngobrol santai dengan menikmati suasana Solo yang penuh dengan kehangatan. Area parkir pun cukup luas, anda bisa memarkir kendaraan di sebelah benteng lawas Van Ders Burg.

Jika anda kebetulan berasal dari luar Jawa dan menginap di salah satu hotel di Solo, anda bisa memanfaatkan jasa taksi yang bisa mengantar anda ke Galabo tersebut. 

3. Kraton Surakarta 

Di Kota Solo terdapat pusat pemerintahan Raja Solo yang disebut dengan Kraton. Kraton ini letaknya di sebelah selatan PGS dan Pasar Klewer. Adapun area Pasar Klewer merupakan sebagian wilayah Kraton Surakarta.

Di sekitar Klewer terdapat benteng yang cukup tinggi mengitari Kraton. Disini anda bisa menikmati kentalnya budaya Jawa yang menjadi ciri khas kehidupan sehari – hari warga Kraton. Di sini pun anda bisa belajar mengenai sejarah Kraton Surakarta Hadiningrat.

Di malam satu suro diadakan acara yang disebut dengan Sekaten. Warga dari berbagai wilayah di sekitar Solo akan datang berbondong – bondong melihat dan menikmati acara tersebut.

Hal ini sudah menjadi tradisi dari jaman dulu. Selain itu, dalam waktu tertentu terdapat juga acara Jumenengan Dalem atau Raja Kraton. Pada saat acara tersebut biasanya Kraton akan memberikan gelar Kraton kepada orang yang berhak menerima. 

4. Taman Balekambang 

Jika anda berada di Solo, jangan lupa mengunjungi tempat ini. Letaknya di sebelah utara stadion Manahan Solo. Taman seluas kurang lebih 9,8 HA merupakan taman yang dibangun oleh Mankunegara ke tujuh.

Balekambang merupakan salah satu ruang publik bagi masyarakat Solo dan sekitarnya. Kita bisa menikmati suasana santai di sore hari dan dengan suasana sejuk, sambil kuliner di restoran atau rumah makan di sekitar taman tersebut. Banyak masyarakat sekitar Solo yang berekreasi di sini pada waktu hari libur.

Biasanya mereka mengajak anggota keluarga terutama anak – anak. Di sini juga sering di adakan kegiatan outbond bagi anak sekolah. Ada kolam air yang bisa digunakan untuk wisata air menggunakan perahu. Pohon – pohon yang berdiri tegak merupakan salah satu tanaman langka yang dilestarikan.

Di taman ini juga sering diadakan acara hiburan rakyat yang disebut dengan acara ketoprak lesung. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke taman Balekambang untuk menikmati suasana sejuknya kota Solo. Alamat lengkapnya adalah di Taman Balekambang, Jalan Balekambang Nomor 1 Surakarta. Jam buka taman yaitu pukul 08.00 – 21.00 WIB. 

5. Pura Mangkunegaran 

Terletak di sekitaran jalan Ronggo warsito, Jalan Siswa dan Jalan Teuku Umar. Tempat ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berupa istana Kraton.

Dahulu merupakan efek dari adanya perjanjian Salatiga, sehingga terbentuklah istana Pura Mangkunegaran tersebut. Di sini anda bisa belajar mengenai sejarah peninggalan kerajaan masa lalu yang sangat penting. Antara lain adalah bagaimana terbentuknya kerajaan Solo serta kharakteristik masyarakat di wilayah ini.

Koleksi peninggalan berupa buku kuno serta sastra tersimpan dengan baik di sini. Buku dan sastra tersimpan dengan baik di sebuah tempat yang disebut dengan Rekso Pustoko. 

6. Museum Radya Pustaka 

Setelah anda mengunjungi lokasi tersebut di atas, sebaiknya anda juga perlu untuk berkunjung di tempat wisata kota Solo lainnya.

Salah satunya adalah Museum Radya Pustaka. Museum ini terletak di Jalan Slamet Riyadi, jalan ini merupakan jalan satu arah yang berlaku mulai pukul 06.00 – 23.00 WIB. Museum ini berada di sebelah selatan jalan tersebut, tepatnya berada di dekat Taman Sriwedari.

Ini adalah salah satu museum tertua di Indonesia. Awalnya gedung museum tersebut adalah milik seorang warga Belanda yang kemudian dibeli oleh Sri Susuhunan Paku Buwono. Di sini banyak terdapat benda – benda bersejarah yang beberapa di antaranya diperoleh dari hadiah tamu kenegaraan pada masa itu.

Anda bisa membayangkan bagaimana Kota Solo pada masa lalu saat berada di Museum bersejarah ini. Banyak ilmu yang bisa anda dapatkan di sini, maka jangan lewatkan ketika mengunjungi Kota Solo untuk menyempatkan mendatangi Museum Radya Pustaka. Jam buka museum adalah hari Selasa – Minggu pukul 09.00 – 14.00 WIB. 

7. Kampung Batik Laweyan 

Salah satu tempat wisata di Solo lainnya adalah di Kampung Batik Laweyan. Di sini anda bisa mendapatkan banyak ilmu perbatikan. Dan bisa berbelanja batik dari para produsennya langsung. Kampung Batik Laweyan merupakan kawasan para pembatik di Kota Solo.

Bermacam – macam jenis batik khususnya batik tulis bisa anda peroleh dari sini. Tempat ini sering dijadikan lokasi bagi pengunjung dari kota lain maupun dari daerah luar Jawa bahkan sampai mancanegara. Mereka datang utamanya untuk menggali ilmu mengenai batik.

Di sekitar kampung batik terdapat showroom – showroom batik yang menyajikan batik cantik untuk anda miliki. Ini merupakan salah satu kampung tua di Kota Solo. Asal kata Laweyan adalah kata Lawe yang mempunyai arti benang dari pemintalan kapas.

Sebab dahulu di kampung ini merupakan sentra produksi bahan baku kain. Anda akan melihat bangunan – bangunan tua, dinding rumah yang tinggi terbuat dari tembok yang memisahkan bangunan satu dengan lainnya.

Arsitektur lama ini masih berdiri tegak sampai sekarang. Tiang listrik pun berbentuk seperti Canthing, yaitu alat membatik. Di Kampung Laweyan juga terdapat sebuah museum tokoh pergerakan Nasional. Museum ini disebut dengan museum Samanhudi. 

8. Taman Jurug 

Taman ini terletak di sebelah timur Universitas Sebelas Maret Surakarta. Di sini anda akan melihat kebun binatang dengan berbagai binatang yang dikelola oleh taman jurug.

Di sebelah selatan terdapat jembatan penghubung dengan Kabupaten Karanganyar serta arah menuju ke Kabupaten Sragen. Taman ini mempunyai koleksi satwa kurang lebih 263 ekor satwa ( update ).

Satwa di sini antara lain koleksi Banteng, Macan tutul, Kuda Nil, Beruang Madu, Buaya, Lutung Hitam, Harimau Sumatera, dan sebagainya. Lokasi taman ini terletak di tepi aliran sungai bengawan solo. Anda patut mengunjungi tempat wisata di solo salah satunya adalah taman Jurug Surakarta. 

9. The Park Mall 

Bagi anda yang suka berbelanja akan banyak menemukan pusat perbelanjaan di Kota Solo. Salah satu mall yang cukup besar dan terbaru adalah The Park Mall yang terletak di kawasan Solo Baru.

Solo Baru merupakan wilayah solo sebelah selatan, dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Sukoharjo. Di sekelilingnya pun terdapat pusat perbelanjaan baru yang sangat besar.

Selain itu terdapat tempat penginapan berupa hotel antara lain Fave Hotel, Hotel Brothers, Western Hotel, Ommaya Hotel, Grand Soba Hotel. Dan di sekitar sini juga terdapat tempat hiburan berupa tempat karaoke atau cafe. Selain The Park Mall, di sebelah nya terdapat pula Hartono Mall. Anda akan sangat nyaman menikmati suasana Kota Solo dengan berbagai pilihan tempat wisata dan tempat belanjan yang layak anda kunjungi. 

10. Taman Bermain Air Pandawa Water World 

Di Solo Baru juga terdapat tempat bermain yang disebut dengan Pandawa Water World Solo. Jika anda berkunjung ke Solo bersama anggota keluarga utamanya anak – anak, manjakan mereka untuk bermain air di sini.

Pandawa Water World merupakan wahana permainan air yang di dalamnya banyak patung wayang Indonesia. Sekalian bermain bersama keluarga, anda bisa mendapatkan ilmu mengenai dunia perwayangan. Di sini juga banyak terdapat stand makanan yang disediakan untuk para pengunjung.

Harga tiket masuk sekitar Rp. 100 ribu rupiah ( update ). Hari libur biasanay pengunjung sangat ramai, jika anda berkunjung saat hari biasa anda bisa menikmati kolam renang layaknya kolam renang pribadi. Lokasi bermain air cukup luas dan menyenangkan. 

11. Cafe Bima 

Cafe Bima merupakan tempat refreshing bagi anda yang suka berkaraoke ria. Lokasi berada di Solo Baru. Setiap malam pun ramai dengan pengunjung dari wilayah sekitarnya.

Dan tiap malam tidak pernah sepi oleh pengunjung khususnya laki – laki yang ingin refreshing di Kota Solo. Pelayanannya pun cukup ramah, dengan ruang karaoke yang romantis, kita bisa mengajak teman – teman kita untuk bersantau ria di Cafe Bima. 

12. Cafe Bola 

Lokasi cafe ini terletak di belakang PGS solo. Biasanya ketika ada momen sepakbola maka cafe ini menyajikan acara nonton bareng di dalam Cafe. Selain itu anda bisa pula berkaraoke ria di Cafe ini.

Makanan yang disajikan pun beragam, harga juga tidak terlalu mahal untuk anda yang ingin benar – benar menikmati suasana kota Solo di malam hari.

13. Social Kitchen Solo ( Solkit ) 

Ini merupakan sebuah restoran malam hari yang menyediakan suasana bersantai bersama teman yang asik. Jika ada teman berkunjung ke sini, salah satu tempat pilihan untuk menjamu mereka adalah di Solo Kitchen.

Menampilkan suasana indoor dan outdoor serta live musik yang asik. Makanan yang disajikan pun cukup enak. Terutama salmon grillnya yang lembut dan nikmat. Anda bisa berkaraoke serta request lagu saat acara live musik ditampilkan.

Masih banyak tempat wisata di Solo yang belum disebutkan disini, paling tidak yang saya jelaskan di atas bisa menjadi salah satu referensi bagi anda dan keluarga saat berada di Kota Solo. Suasana Kota Solo yang nyaman dan ramah menjadi salah satu pilihan bagi anda saat liburan dengan mengunjungi kota ini. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *