11 Fakta Menarik El Clasico, Yang Terakhir Unik Banget

oleh
fakta menarik duel el clasico

Duel Barcelona vs Real Madrid di kancah sepakbola dunia selalu menarik perhatian. Istilah El Clasico memberi makna bahwa duel ini klasik. Fakta pertama, El Clasico pertama kali terjadi di tahun 1902. Tepatnya tanggal 13 Mei 1902. Kala itu, Barcelona menang 3 – 1 atas Real Madrid.

Fakta yang kedua, pertemuan klub Spanyol ini pun sudah lebih dari seabad dalam El Clasico. 115 Tahun berlangsung sejak perdana sampai musim 2016/2017. Ketiga, Barcelona vs Real Madrid adalah sebuah tim yang sama – sama tangguh. Mereka pun saling mengalahkan saat bertemu. Tercatat bahwa Real Madrid sudah mengalahkan Barcelona sebanyak 73 kali, dan Barcelona 68 kali.

Keempat, Messi menjadi pencetak gol terbanyak dalam laga El Clasico. Madrid dan Barcelona merupakan klub yang mengumpulkan pemain terbaik di penjuru dunia. Tercatat ada sekitar 14 negara di duel El Clasico yaitu Spanyol, Brasil, Prancis, Portugal, Kroasia, Jerman, Argentina, Kosta Rika, Kolombia, Wales, Republik Dominika, Belanda, Turki, dan Uruguay.

Kelima, Hasil imbang 0-0 terakhir dalam El Clasico terjadi pada 23 November 2002 di Nou Camp. Khusus di Bernabeu, skor seperti itu terakhir kali terjadi pada 1986/1987.

Keenam, Real Madrid tak kalah dalam dua pertandingan El Clasico dalam satu musim di La Liga (satu kali menang dan satu kali imbang) terakhir. Hasil itu merupakan rentetan terbaik lawan Barcelona sejak Maret 2013 (saat ditangani Jose Mourinho.

Ketujuh, Pelatih Barca, Luis Enrique awalnya merupakan pemain Madrid, namun hengkang dan pindah bersama tim barcelona..

Kedelapan, Skor 8-2 pada laga pekan ke-10 La Liga 1934/1935 adalah selisih gol terbesar dalam El Clasico yang dimainkan di Madrid. Sementara kemenangan terbesar Barcelona di Santiago Bernabeu adalah 5-0 di erah Johan Cruyff 1973/1974 dan 6-2 di era Messi pada 2008/2009.

Kesembilan, Luis Suarez sudah mencetak tiga gol ke gawang Real Madrid, yang dikawal Keylor Navas. Suarez menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol ke gawang Navas.

Kesepuluh, Fakta lainnya yang tak kalah menariknya adalah perseteruan fans Barca dan Madrid yang terjadi akan selalu seru. Ketika laga El Clasico usai, pasti ada saja meme atau status media sosial bertebaran dengan euforia kemenangan dan saling ejek mengejek.

Dan ini fakta yang sering terjadi sepanjang waktu, sepanjang musim dan sepanjang era duel El Clasico.

Terakhir, Fakta paling menarik lainnya yang tak kalah unik adalah adanya push up jidat yang dilakukan fans Madrid atas kekalahan tim nya. Ini dilakukan atas nama sportifitas, sebab sebelumnya sudah ada deal menarik antar fans menjelang duel El Clasico dini hari tadi. Salute !

11 fakta menarik duel el clasico

Itulah beberapa fakta menarik duel El Clasico yang bisa kami dapatkan hasil pengamatan dan dari berbagai sumber.

Tentang Penulis: Eike

Gambar Gravatar
Just another person to writing world web!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *